5 Negara Termuda, Baru Terbentuk di Abad Milenium


Tahun ini, negara kita, Indonesia, telah memasuki usia 71 tahun, usia yang sudah tua jika umur tersebut berada pada manusia. Negara-negara lain juga tak sedikit yang sudah berumur tua. Namun, di antara negara-negara yang ada di dunia, rupanya masih ada yang tergolong muda karena baru terbentuk pada tahun 2000an atau abad milenium. Negara apa saja? Berikut 5 negaranya, seperti dilansir dari Washingtonpost, Rabu (2/11/2016).

Timor Leste (2002)

Timor Leste (Worldbank)
Timor Leste (Worldbank)

Republik Demokratik Timor Leste (juga disebut Timor Lorosa’e), yang sebelum merdeka bernama Timor Timur, adalah sebuah negara kecil di sebelah utara Australia dan bagian timur pulau Timor. Ibukota negara ini ada di kota Dili. Timor Leste dulu pernah menjadi salah satu provinsi di Indonesia bernama Provinsi Timor Timur, yang secara resmi merdeka dari Indonesia pada tanggal 20 Mei 2002. Ketika menjadi anggota PBB, mereka memutuskan untuk memakai nama Portugis “Timor Leste” sebagai nama resmi negara mereka.

Montenegro (2006)

Montenegro (Ilmupengetahuanumum)
Montenegro (Ilmupengetahuanumum)

Montenegro adalah sebuah negara yang terletak di Eropa Selatan. Tepatnya berada di negara Balkan Sebagai ibukota negara adalah Podgorica. Pada bulan Maret 2006, Parlemen Montenegro, dengan suara bulat mendukung usulan untuk mengadakan referendum bersejarah mengenai kemerdekaan dari Serbia, yaitu pada 21 Mei 2006. Sehari setelahnya Pada 22 Mei 2006, Presiden Komisi Referendum Frantisek Lipka mengumumkan hasil penghitungan suara sementara referendum, di mana 55,4 persen rakyat menghendaki Montenegro merdeka atau memisahkan diri dari Serbia. Sebanyak 44,6 persen menentang ide kemerdekaan itu. Pada 28 Juni 2006, Montenegro resmi menjadi anggota ke-192 PBB.

Serbia (2006)

Serbia (Ilmupengetahuanumum)
Serbia (Ilmupengetahuanumum)

Serbia atau resminya Republik Serbia adalah sebuah negara republik di tenggara, dan pusat Eropa. Pada 2003 hingga 2006, Serbia bergabung dengan Montenegro dalam suatu persemakmuran yang dinamakan Uni Negara Serbia dan Montenegro dengan ibukota negara Beograd. Pada 21 Mei 2006, rakyat Montenegro menginginkan kemerdekaannya dengan menyelenggarakan pemilihan dalam bentuk Referendum Kemerdekaan Montenegro. Selanjutnya pada tanggal 3 Juni, 2006, Montenegro memproklamirkan kemerdekaannya, Serbia dan Montenegro resmi bubar.

Kosovo (2008)

Kosovo (BBC)
Kosovo (BBC)

Kosovo adalah sebuah negara republik yang secara de facto merdeka, terletak di sebelah tenggara Eropa. Ibukota Kosovo berada di kota Priština. Sebelumnya, Kosovo adalah sebuah provinsi di Serbia di bawah administrasi PBB, namun pada 17 Februari 2008 Kosovo mendeklarasikan kemerdekaannya. Deklarasi ini ditentang oleh Serbia, namun didukung oleh negara-negara Barat. Kemerdekaan Kosovo telah diakui secara resmi oleh berbagai negara, di antaranya Albania, Amerika Serikat, Britania Raya, Perancis, dan Turki. Negara yang menolak kemerdekaan Kosovo antara lain RRC, Rusia, dan Serbia.

Sudan Selatan (2011)

Warga Sudan Selatan (Ilmupengetahuanumum)
Warga Sudan Selatan (Ilmupengetahuanumum)

Sudan Selatan, secara resmi bernama Republik Sudan Selatan, adalah sebuah negara di Afrika Timur. Ibu kota dan kota terbesarnya adalah Juba. Sudan Selatan menjadi sebuah negara merdeka pada 9 Juli 2011 tengah malam (00:00) waktu setempat setelah referendum yang diselenggarakan pada Januari 2011 menghasilkan sekitar 99% pemilih memilih untuk memisahkan diri dari Sudan. Pada 14 Juli 2011, Sudan Selatan menjadi negara anggota PBB. Negara ini juga merupakan anggota Uni Afrika. Sudan Selatan juga telah mendaftarkan diri untuk bergabung dengan Persemakmuran, Komunitas Afrika Timur, Dana Moneter Internasional, dan Bank Dunia. Negara ini juga dinyatakan dapat mendaftarkan diri untuk keanggotaan Liga Arab. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
81
Love
OMG OMG
71
OMG
Yaelah Yaelah
101
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
91
Keren Nih
Ngakak Ngakak
21
Ngakak