Wajib Tahu! 5 Alasan Bumi ‘Terpilih’ Jadi Tempat Tinggal Manusia


Semua orang yang ada di dunia tentu tahu jika kita hidup di planet yang bernama Bumi. Namun jika ditanya kenapa kita tinggal di Bumi dan bukan planet lain, mungkin tak semua bisa menjawabnya. Berikut ini jadiBerita berikan 5 alasan kenapa Bumi ‘terpilih’ jadi tempat tinggal manusia.

Punya jarak pas dengan matahari

Pembentukan planet (YouTube)

Semua berawal sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu ketika satu-satunya bintang di tata surya kita, yaitu matahari, terbentuk. Kala itu belum ada planet yang terbentuk di tata surya kita, hanya ada gas dan debu yang berputar mengelilingi matahari. Saat debu dan gas tersebut mengelili matahari, mereka akan saling bertabrakan hingga menjadi besar dan terbentuklah planet termasuk bumi salah satunya.

Jarak tiap planet dengan matahari (YouTube)

Pada proses pembentukan bumi, jarak antara planet bumi dan matahari tidak terlalu jauh dan tidak tidak dekat sehingga bumi mempunyai suhu yang tepat untuk bakal calon kehidupan dan tentunya cukup untuk membuat air tidak menguap ataupun membeku.

Punya medan magnet yang kuat

Pembentukan inti bumi (YouTube)

Bumi yang semakin terbentuk, terus dihujani oleh meteorit dan komet yang beraneka ragam jenisnya hingga akhirnya terbentuklah inti bumi yang terbuat dari besi dan nikel pada suhu 5400 derajat Celcius. Karena inti luar bumi terbentuk dari besi cair yang bergerak maka terbentuklah medan magnet yang sangat kuat.

Medan magnet bumi (YouTube)

Medan magnet ini berfungsi untuk melindungi kita dari radiasi dan angin matahari yang sangat berbahaya bagi mahluk hidup. Selain itu, tanpa medan magnet bumi, gas-gas yg ada di sekitar bumi pasti akan menjauh karena tertiup angin matahari.

Punya ketebalan atmosfer yang cukup

Atmosfer bumi (YouTube)

Karena perlindungan dari medan magnet yang kuat, gas yang ada di sekitar bumi yang terdiri dari methane, hydrogen, uap air dan karbon dioksida tertarik gravitasi mengelilingi bumi dan terbentuklah atmosfer. Meski pada awalnya atmosfer itu masih berbahaya, namun kini ketebalan atmosfer itu sudah cukup untuk menunjang mahluk hidup.

Punya air melimpah

Air di bumi (YouTube)

Setelah dihujani meteor dan komet selama ribuan tahun, air yang dibawa oleh meteor dan komet berkumpul menjadi satu hingga menutupi hampir seluruh permukaan bumi yang hanya menyisakan sedikit daratan. Melimpahnya air di bumi ini bisa menunjang makhluk hidup di dalamnya.

Punya oksigen

Oksigen di bumi (YouTube)

Kehidupan pertama di bumi diperkirakan muncul sekitar 3 milyar tahun lalu. Saat itu bentuk kehidupannya berupa makhluk hidup yang sangat kecil sehingga harus dilihat dengan mikroskop, salah satu contohnya adalah sianobakteri. Bakteri inilah yang mempunyai tugas sangat penting untuk mengisi bumi dengan oksigen melalui proses fotosintesis. Jutaan tahun kemudian, bumi jadi dipenuhi dengan oksigen yang menjadi unsur vital bagi makhluk hidup.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa lihat video berikut ini.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak