Kawasaki Memperkenalkan Sepeda Motor Hidrogen Pertamanya

Kawasaki sebenarnya sudah memperkenalkan motor hidrogen mereka, Kawasaki Ninja H2 SX, sejak akhir tahun lalu? Tapi baru sekarang motor keren ini dipamerkan ke publik. Ini langkah Kawasaki menuju masa depan transportasi dengan emisi karbon nol. Jadi, motor ini bisa ngasih kamu semua keuntungan dari kendaraan dengan mesin pembakaran internal tanpa asap knalpot. Pastinya jadi alternatif keren buat motor listrik.

Di bulan Maret tahun lalu, Kawasaki mulai ngulik proyek motor hidrogen ini dengan memodifikasi mesin pembakaran internal. Motor ini pakai bahan bakar hidrogen (H2) yang disimpan di tangki di belakang pengendara. Akhirnya, di Desember 2023, render konsepnya berubah jadi kenyataan dengan munculnya prototipe Ninja H2 HySE yang siap dites di trek.

Foto: newatlas

Mesinnya sendiri adalah mesin empat silinder 998cc dari motor donor yang dimodifikasi. Hidrogen langsung diinjeksikan ke silinder lewat sistem bahan bakar khusus yang dirancang untuk ini. Hidrogen disimpan dalam tabung gas bertekanan tinggi yang bisa diisi ulang hanya dalam beberapa menit. Kawasaki bilang, selama berkendara, ada sedikit minyak mesin yang terbakar, tapi knalpotnya kebanyakan cuma mengeluarkan air yang nggak berbahaya.

“Mesin hidrogen ini menghasilkan tenaga yang mirip dengan mesin bensin biasa: udara dihisap, dicampur dengan bahan bakar, lalu dibakar. Sensasi udara yang masuk dan berinteraksi dengan mesin meningkatkan kenikmatan pengendara saat mengendarai motor ini. Waktu hidrogen terbakar, yang dihasilkan adalah air. Kalau kamu taruh tangan di dekat knalpot, kamu bisa ngerasain kalau itu basah. Mesin ini juga sangat hening—kayak humidifier berjalan,”

kata Satoaki Ichi, pemimpin proyek motor hidrogen.

Tapi, ada sedikit masalah. Produksi hidrogen saat ini sebagian besar nggak ramah lingkungan. Jadi, biar jejak karbonnya minimal, pengendara Ninja H2 HySE harus isi bahan bakar dengan hidrogen “hijau” yang diproduksi dengan energi bersih dari sumber terbarukan.

Sementara itu, para peneliti dari Universitas Sains dan Teknologi Hong Kong udah mengembangkan kostum unik buat pesepeda. Kostum ini punya sifat aerodinamis yang bisa mengurangi hambatan saat berkendara.

Itulah cerita seru tentang Kawasaki Ninja H2 SX dan upaya mereka untuk transportasi yang lebih bersih. Siapa tahu, di masa depan kita bakal lihat lebih banyak motor yang ramah lingkungan kayak gini di jalanan!

Written by Tantri Widya

Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.