Ilmuwan Temukan Organ Tubuh Baru yang Penting Bagi Hidup Manusia


Media sains di Amerika membuat headline yang mengejutkan. Dikatakan bahwa seorang ilmuwan di negara itu telah menemukan satu organ lagi yang cukup penting dalam kelangsungan hidup manusia.

Seperti yang tertera di The Lancet Gastroenterology & Hepatology, organ baru tersebut diberi nama mesentrium (yang berarti: di tengah-tengah usus) dan dapat ditemukan dalam sistem pencernaan kita. Leonardo da Vinci pernah memberi sedikit deskripsi tentang mesenterium, namun hingga tahun 2012, mesenterium dianggap serangkaian struktur terpisah yang menjaga usus melekat pada dinding perut.

Lokasi Mesenterium (Mayoclinic)

Sekelompok tim dari University of Limerick mengonfirmasi bahwa semua struktur saling berhubungan dan muncul untuk menjadi bagian dari satu dari keseluruhan struktur. Banyak penelitian yang dilakukan pada pasien yang menjalani operasi untuk mengangkat sebagian atau seluruh usus mereka menemukan mesenterium.

Dalam penelitian itu digambarkan jika mesenterium berbentuk seperti kipas. Salah satu ujungnya menempel pada dinding belakang perut sedangkan ujung lainnya terlihat mengembang dan menempel di usus halus.

“Ini merupakan era baru dari sains. Mesenterium adalah satu organ penting dalam tubuh manusia, kita tidak bisa hidup tanpa itu. Dengan mempelajari mesenterium kita juga bisa mengetahui penyebab jika ada penyakit pencernaan yang melanda,” ujar J Calvin Coffey, salah satu ilmuwan dari University Hospital Limerick.

J Calvin Coffey (YouTube)

Dalam laporan penelitiannya, Coffey memang meminta re-klasifikasi mesenterium, bukan sebagai organ yang terpisah namun satu kesatuan. Dengan demikian, jika awalnya manusia memiliki total 78 organ dalam tubuh maka setelah messenterium masuk, total menjadi 79 organ.

Diketahui organ terpenting dalam tubuh manusia ada empat, yakni jantung, otak, hati dan ginjal. Namun 74 organ lainnya terbukti juga memiliki peran penting membuat manusia tetap sehat. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak