Kenapa Kucing Selalu Bisa Mendarat dengan Baik Setelah Jatuh?


Kucing adalah binatang yang cukup misterius. Tak cuma dari perilakunya, kita seringkali dibingungkan dengan kemampuan kucing untuk selalu mendarat sempurna dengan keempat kakinya meskipun terjatuh dari ketinggian bermeter-meter.

Sebagaimanapun kondisi kucing saat akan mendarat, entah dia tak sengaja terjatuh dari atap, maupun ketika terpeleset saat mengejar tupai di pohon, si binatang berbulu ini akan mendarat dengan selamat di tanah. Kenapa bisa demikian?

Menurut penelitian yang dilakukan oleh BBC melalui acara televisi terbarunya, “Life In The Air”, BBC meneliti seekor kucing dengan ras caracel dari Afrika, hanya untuk melihat manuver sang kucing mendarat.

Manuver kucing saat di udara (YouTube)

Ternyata hal ini tak rumit, di mana triknya hanya di fisik dari kucing. Ketika di udara dalam keadaan akan mendarat, kucing memutar bagian atas tubuhnya ke arah tertentu, dan bagian bawah tubuhnya ke arah sebaliknya. sehingga ketika di udara, kucing tampak seperti terpelintir.

Dari sini sang kucing mendapat gambaran untuk mengontrol bagaimana kaki depannya untuk mendarat, dan bagian belakang tubuhnya akan mengikuti dengan cepat, mengingat ketika terpelintir tentu bagian tubuh akan kembali lebih cepat. Hal ini juga berlangsung dengan sangat cepat.

Dengan gerakan ini, keempat kaki kucing bahkan sudah siap untuk mendarat bahkan ketika masih melayang di udara. Begitu sampai di tanah, jelas kakinya dulu yang sampai dibandingkan bagian tubuh lainnya, sehingga kemungkinan besar kucing itu akan selamat.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat video berikut ini.

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
90
Love
OMG OMG
80
OMG
Yaelah Yaelah
10
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
100
Keren Nih
Ngakak Ngakak
30
Ngakak