Asal Mula Ketok Magic, Benarkah Pakai Kekuatan Gaib?


Kondisi jalanan yang macet dan semrawut, membuat kendaraan, khususnya roda empat, rentan terhadap gesekan-gesekan. Tidak sedikit gesekan itu menimbulkan bekas goresan. Bahkan, body mobil penyok akibat tabrakan, baik itu secara sengaja maupun tidak sengaja.

Wah, gimana dong kalau mobil kesayangan kita sudah terlanjut lecet-lecet dan penyok? Tak perlu khawatir, sebab jasa ketok magic bisa menjadi pilihan untuk memperbaiki kerusakan dengan biaya yang tidak terlalu mahal. Hasilnya pun cukup memuaskan dengan waktu yang relatif cepat.

Sebelum dan sesudah ketok magic (kompas.com)

Karena pengerjaan yang cepat dan hasilnya yang memuaskan itulah banyak masyarakat yang percaya bahwa jasa ketok magic mempekerjakan jin untuk menghapus penyok. Mitos ini semakin kuat setelah didukung dengan tarif yang selalu dikaitkan dengan bilangan ganjil, serta proses pengerjaannya dilakukan di dalam ruangan secara tertutup dan konsumen tidak dibolehkan untuk melihat prosesnya. Ah, masa sih?

Sudah dipastikan kalau itu hanyalah mitos belaka. Penyematan magic sama sekali tidak ada kaitannya dengan sihir tapi lebih pada bentuk keahlian khusus. Dilansir dari merdeka.com, ketok magic sendiri sebenarnya aslinya ‘kenteng teter’ yang dicetuskan oleh Tumirin alias Mbah Turur sekitar tahun 1962 di daerah Blitar, Jawa Timur.

Mbah Tumirin (goodnewsfromindonesia.id)

Mbah Turut ternyata sama sekali tidak memiliki pendidikan di bidang teknik, tapi keahliannya dalam memperbaiki kendaraan tidak main-main. Ketika Mbah turut masih hidup, namanya bukan ketok magic, tapi kenteng teter. Ia membuat teter dan lamak di dapurnya yang terletak di Nglegok, Blitar. 

Selain keterampilan, perkakas seperti palu, lamak, dan teter, menjadi senjata andalan dalam ketok magic. Mengutip dari Goodnews From Indonesia, teter dan lamak merupakan lempeng besi yang terbuat dari baja. Lamak berfungsi sebagai penahan ketukan di bagian dalam atau belakang plat mobil, sedangkan teter berfungsi sebagai penahan ketukan dari depan plat mobil.

goodnewsfromindonesia.id

Pengerjaan ketok magic, terdiri dari 22 lamak dalam bergam bentuk yang disesuaikan dengan bentuk body mobil, dua buah teter, dan satu palu. Perkakas-perkakas inilah yang menjadi awal mula istilah Ketok Magic sebelum populer.

Berkat keahlian para mekanik dan jasa Mbah Turut inilah, mobil penyok bisa kembali seperti semula. Jadi ketok magic ini gak ada kaitannya sama hal-hal gaib, ya, JBers!


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak