Cara Jualan di Instagram untuk Pemula Biar Laris Manis

Perkembangan teknologi membuat banyak hal menjadi lebih mudah, salah satunya yaitu dalam hal berbelanja. Dulu, jika ingin membeli sesuatu, maka harus datang langsung ke tempat jualan. Namun, sekarang, untuk berbelanja sudah dapat melalui smartphone, tidak perlu kemana-mana. 

Selain itu, dengan adanya perkembangan teknologi juga dapat merubah kebiasaan belanja dari offline menjadi belanja online. Hal tersebut tentunya sangat memudahkan baik dari sisi pembeli maupun penjual. Sehingga kamu bisa berjualan di e-commerce atau media sosial, salah satunya yaitu instagram. 

Pada awal tahun 2022, Indonesia tercatat sebagai negara dengan pengguna Instagram terbanyak ke-4 di dunia, yaitu 99 juta pengguna. Instagram sendiri adalah salah satu media sosial yang sangat populer di Indonesia. Sehingga, instagram merupakan media yang bisa kamu gunakan untuk berjualan. 

Nah, menarik bukan? Apakah kamu ingin menjual produk melalui Instagram? Yuk simak beberapa tips jualan di instagram berikut ini, agar dagangan kamu laris manis! 

Cara-Cara Berjualan di Instagram 

1. Buat Instagram Bisnis

Akun instagram untuk bisnis mempunya beberapa perbedaan fitur dengan akun pribadi, kamu dapat melihat insight yang diberikan instagram. Contohnya, insight dari tiap konten yang kamu unggah dan insights overview dari profil kamu. 

Nah, dari insight ini kamu dapat melihat siapa audiens yang mengikuti akun instagram kamu. Misalnya, asal kota, umur, dan gender. Sehingga, dengan adanya hal tersebut, kamu bisa lebih memahami followers dan menyusun strategi serta konten pemasaran yang lebih sesuai. 

2. Gunakan Instagram Ads

Instagram ads merupakan sebuah platform iklan yang ada di instagram. Dengan membuat iklan di Instagram, kamu bisa meningkatkan jumlah followers, brand awareness, dan juga penjualan. Instagram ads juga bisa disesuaikan dengan budget yang kamu punya. 

Instagram ads, juga bisa menentukan jangkauan iklan ini, contohnya jangkauan daerah, usia pengguna, jenis kelamin, dan lainnya. Iklan di instagram tidak harus berupa foto, kamu juga bisa membuat ads dalam bentuk vidio, stories, carousel, dan lainnya. Nah, dengan begitu kamu bisa lebih menjangkau audiens yang relevan dan sesuai dengan brand.

3. Unggah Konten yang Berkualitas 

Agar produk jualan menarik hati, tentunya kamu harus mengunggah konten menarik juga. Oleh karena itu, konten yang berkualitas pasti dapat menarik konsumen. Konten yang berkualitas dapat diciptakan melalui tata letak, pencahayaan, background, dan lainnya. 

Selain konten produk jualan yang berkualitas, kamu juga bisa mengunggah konten informatif atau menghibur sesekali. Contohnya, konten tutorial, mix and match, mengadakan kuis, Q&A, dan lainnya. Nah, konten-konten yang menarik tersebut dapat meningkatkan engagement dengan audiens. 

4. Manfaatkan URL di Bio Profil Instagram 

Kamu dapat menambahkan tautan atau link yang dapat di klik di bagian bio profil instagram. Hal tersebut membuat pelanggan saat menemukan instagram kamu, mereka dapat mengklik tautan tersebut agar lebih diarahkan ke halaman yang relevan. 

Menambahkan URL di bio juga bisa meningkatkan traffic ke toko online atau website kamu. Jika kamu ingin mencantumkan lebih dari satu link, kamu bisa menggunakan linktree. Di dalamnya kamu bisa mencantumkan link untuk menuju beberapa situs. 

5. Buat Konten Stories dan Reels

Selain membuat konten untuk feed instagram, kamu juga bisa membuat konten promosi di instagram stories. Misalnya, mengunggah foto produk dan menyertakan link yang bisa di klik dan mengarah ke website pembelian dan lainnya. 

Selain itu kamu juga bisa mengadakan sesi Q&A di question box, mengunggah konten proses produksi, pengemasan, dan lainnya. Kamu juga bisa memanfaatkan reels untuk mempromosikan produk yang kamu jual dengan cara yang menarik, mengikuti trend yang sedang ramai saat ini. 

6. Gunakan Instagram Shopping

Instagram shopping adalah fitur instagram yang baru diluncurkan pada tahun 2020 lalu. Dengan fitur ini, kamu bisa membuat katalog produk digital sekaligus memberi label harga, nama produk, deskripsi produk, dan tautan ke website pembelian. Nah, nantinya katalog ini akan muncul pada kolom shop instagram. 

Tujuan utama dari fitur ini yaitu meningkatkan penjualan dan engagement, dengan konten yang shoppable, membuat niatan pelanggan untuk membeli produk jadi lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan produk bisa dibeli dengan mudah hanya dengan satu klik tanpa perlu berganti-ganti aplikasi.

7. Gunakan Hastag

Hastag atau tagar (#) dapat digunakan untuk memperluas jangkauan audiens di instagram. Jika kamu menggunakan hashtag di instagram stories, itu dapat membuatnya muncul di halaman tagar yang relevan. Sehingga penggunaan hastag tersebut membuat konten yang kamu unggah muncul dihalaman tagar tersebut.

Penggunaan hashtag yang tepat bisa membuat postingan kamu muncul di explore instagram dan menambah exposure. Misalnya, kamu menjual hijab, lalu kamu menggunakan hastag #jualhijab, maka saat orang mengetik itu di kolom pencarian, kontenmu akan muncul. 

8. Bekerja sama dengan Influencer 

Influencer adalah mereka yang bisa memberikan pengaruh ke orang lain, dan juga mereka punya engagement yang bagus dengan followersnya. Berdasarkan laporan dari Nielsen’s Customer Trust Index, 92% pelanggan lebih percaya dengan influencer marketing daripada iklan tradisional. 

Jika bisnismu masih kecil dan budget yang dimiliki masih terbatas, maka kamu bisa bekerja sama dengan nano atau micro influencer. Dalam memilih influencer, kamu harus memilih yang sesuai dengan brand. Selain itu, jangan lupa pula kamu untuk melihat track record dan citranya, karena hal tersebut juga mempengaruhi bisnis kamu. 

Tips Menjual Produk agar Lebih Menarik 

Terdapat 81% responden dalam sebuah survei yang dilakukan Facebook, dan menyatakan bahwa instagram membantu mereka dalam melakukan riset produk dan layanan. Nah simak tips mengenai cara menampilkan produk kamu agar lebih menarik!

1. Posting Tentang Produk Secara Rutin 

Tips yang pertama yaitu buatlah postingan mengenai produk kamu secara rutin, misalnya mengenai manfaat produk ataupun hal lain yang berkaitan dengan produk kamu. Hal tersebut bertujuan agar followers anda rutin melihat produk kamu. 

2. Tunjukkan Proses Produk Saat Dibuat

Menunjukkan proses di balik layar pembuatan produk juga penting untuk dilakukan agar followers kamu mengetahui setiap prosesnya. Selain itu, disaat mengetahui proses di balik layar akan membuat followers kamu yakin untuk membeli karena didukung faktor kebersihan, ataupun lainnya. 

3. Tunjukkan Semua Variasi Produk

Tak lupa juga kamu bisa menampilkan semua pilihan produk agar followers mempunyai beragam pilihan mulai dari warna, ukuran, dan juga jenis bahan. Hal tersebut mendorong followers kamu untuk ingin mengetahui lebih dalam variasi produk.

4. Buat Sorotan Cerita untuk Berbagai Produk 

Dalam instagram, cerita akan hilang setelah 24 jam. Namun, kamu dapat menyoroti cerita yang menampilkan produk tertentu di profil instagram kamu. Hal tersebut bertujuan agar produk-produk yang kamu tonjolkan, bisa selalu dilihat oleh followers.

5. Dorong Interaksi untuk Menumbuhkan Kepercayaan 

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan fitur stiker pertanyaan dalam cerita, agar followers dapat bertanya seputar produk kamu. Nah, dengan begitu followers akan lebih mengenal produk kamu dan tidak ragu untuk membeli.

6. Soroti Kreator yang Menggunakan Produk 

Hal ini berkaitan bekerja sama dengan influencer, hal tersebut dikarenakan kreator mempunyai peran penting dalam instagram. Sehingga followers akan tertarik membeli produk tertentu setelah melihat kreator tersebut menggunakannya. 

7. Perkenalkan Produk Sebelum Resmi Diluncurkan

Perlihatkan sebagian tampilan produk kamu, misalnya dengan mengambil gambar produk dari berbagai sudut, tanpa memperlihatkan produk secara utuh. Hal ini bertujuan agar, followers kamu penasaran dan bertanya-tanya produk seperti apakah yang akan diluncurkan.

8. Buat Beberapa Postingan untuk Produk yang Populer 

Periksa insight dan lihat metrik, seperti tampilan produk untuk mengetahui produk apa yang paling dicari oleh followers kamu. Nah oleh karena itu, kamu dapat membuat beberapa postingan untuk produk tersebut.

Penutup 

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa seiring dengan berkembangnya teknologi, menimbulkan beberapa aktivitas dapat dilakukan secara online. Salah satunya yaitu berbelanja, instagram merupakan salah satu platform yang dapat digunakan. 

Nah, itu dia cara dan juga tips agar dapat jualan di instagram yang cocok untuk pemula. Semoga dapat membantu dalam memulai bisnis, kamu harus sabar dan konsisten, karena tidak ada yang instan, semuanya butuh proses dan waktu.

Jadi, bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mulai berjualan di Instagram? Jangan lupa membaca dan memahami terlebih dahulu pembahasan di atas ya!

Written by Atsna Himmatul Aliyah

I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer