Bandara di Indonesia Ini Jadi yang Terbaik Sedunia

Tiga bandara kelolaan PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) masuk peringkat 10 besar dunia berdasarkan kategori jumlah penumpang pada survei penilaian kepuasan penumpang Airport Service Quality (ASQ) triwulan II 2017 yang dilakukan oleh Airports Council International (ACI).

Ketiga bandara tersebut menurut Direktur Utama AP I Danang S Baskoro, yakni Bandara Internasional Sultan Aji Muhamad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali, dan Bandara Internasional Juanda Surabaya.

â??Bandara Internasional SAMS Sepinggan Balikpapan menduduki peringkat pertama (tertinggi) dari total 85 bandara dunia yang disurvei pada kategori penumpang 5 sampai 15 juta orang per tahun. Posisi ini meningkat dari posisi triwulan I 2017 di mana Bandara SAMS Sepinggan menduduki peringkat 3,â? urai Danang di Jakarta, seperti dikutip dari Beritatranscom, Selasa (25/7/2017).

Bandara Sepinggan (Kliksangatta)

Sedangkan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali menduduki peringkat 2 pada triwulan II 2017 dari total 37 bandara dengan kategori jumlah penumpang 15 sampai 25 juta penumpang per tahunnya. Sebelumnya, pada triwulan I 2017, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menduduki peringkat 3.

Terakhir, Bandara Internasional Juanda Surabaya menduduki peringkat 10 pada kategori yang sama dengan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali yaitu bandara dengan jumlah penumpang 15 sampai 25 juta orang per tahunnya. â??Bandara Juanda naik dua peringkat dari posisi 12 pada penilaian triwulan I 2017,â? tutur Danang.

Peningkatan peringkat kepuasan penumpang pesawat udara di bandara melalui survei ASQ di triwulan dua ACI ini, dipaparkan Danang, menunjukkan komitmen AP I untuk selalu berupaya menjaga dan meningkatkan standar layanan bagi pengguna jasa bandara, khususnya penumpang pesawat, agar terwujud service excellence. Selain itu, peningkatan ini merupakan indikator perwujudan visi AP I yang ingin menjadi salah satu dari sepuluh besar pengelola bandara terbaik di Asia.

Bandara Sepinggan (Sepinggan-airport)

Seperti diketahui, ASQ merupakan satu-satunya program benchmarking global yang mengukur tingkat kepuasan penumpang di bandara yang dilakukan ACI sebagai sebuah organisasi kebandarudaraan terkemuka di dunia yang berbasis di Montreal, Kanada.

Sedangkan pada tingkat Asia Pasifik, ditambahkan Danang, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali menduduki posisi 8 dari total 96 bandara yang dinilai pada ASQ triwulan II 2017. â??Posisi ini naik 4 peringkat dari posisi 12 pada triwulan I 2017,â? tutupnya.

Setiap tahunnya ACI melakukan survei empat kali pada empat triwulan di mana hasil peringkat tiap triwulan akan diakumulasikan untuk menjadi peringkat tahunan dalam berbagai kategori. Sejak 2006, survei ASQ telah melakukan penilaian kepuasan penumpang terhadap layanan bandara di lebih dari 250 bandara di dunia. Setiap tahun, program ini mewawancarai 600 ribu pengguna jasa bandara dalam 41 bahasa di 81 negara di dunia. Program ini mengukur opini melalui 34 indikator kinerja, antara lain akses bandara, check-in, security screening, fasilitas belanja dan restoran, serta toilet. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

5 Komik Karya Anak Bangsa yang Mendunia

Kenalin Vira Respaty, PNS Cantik yang Jadi Anak Band