Dont be Captious
Joko Anwar (Kompas)

5 Film Terbaik Joko Anwar Selain Pengabdi Setan yang Wajib Kamu Tonton

Film “Pengabdi Setan” karya Joko Anwar membuat film horor yang tadinya identik dengan adegan panas jadi ke arah yang benar. Selain itu, film tersebut juga memperoleh berbagai nominasi dalam ajang FFI 2017. Ini menandakan bahwa film remake itu cukup sukses dan bisa diterima. Nah, selain film “Pengabdi Setan”, ternyata ada juga film-film Joko Anwar yang meraih respon positif, baik di dalam maupun luar negeri. Berikut adalah film-film Joko Anwar terbaik selain “Pengabdi Setan” yang wajib kamu tonton.

1. Arisan!

Poster Arisan! (Movfreak)

Dalam film “Arisan!” rilisan tahun 2003 yang juga menjadi film debut Joko Anwar, Joko menjadi penulis skenario bersama Nia Dinata. Film “Arisan!” ternyata sukses besar setelah film drama-satir ini meraih 5 piala Citra di ajang FFI 2004 termasuk untuk Film Terbaik dan cukup banyak mendatangkan penonton. Film ini juga sekaligus mempopulerkan nama Tora Sudiro sebagai salah satu aktor Indonesia.

2. Janji Joni

Poster Janji Joni (Alchetron)

Usai menjadi asisten sutradara di “Biola Tak Berdawai” pada tahun 2003, Joko Anwar memulai debutnya sebagai sutradara lewat film “Janji Joni” rilisan 2005 yang dibintangi Nicholas Saputra. Film drama-komedi tentang pengantar rol film ini termasuk sukses dan meski temanya ringan tapi tetap mendapat banyak pujian. Di film yang meraih dua Piala Citra di FFI 2005 ini Joko juga menulis skenarionya.

3. Kala

Poster Kala (Dagelan)

Film “Kala” yang rilis tahun 2007 adalah film Indonesia pertama yang bergaya noir dan disebut-sebut para kritikus sebagai lompatan tinggi di perfilman Indonesia. Joko kembali menjadi sutradara dan penulis naskah di film yang meraih dua piala di ajang FFI 2007 ini. “Kala” yang dibintangi Fachry Albar dan Shanty ini bisa dibilang membuat imej seorang Joko Anwar sebagai pembuat film anti mainstream atau film kelas festival.

4. Modus Anomali

Poster Modus Anomali (Bloody-disgusting)

Karya terbaik Joko Anwar lainnya adalah film berjudul “Modus Anomali” yang rilis pada tahun 2012. Film yang dibintangi Rio Dewanto dan Hannah Al Rashid ini memakai judul berbeda untuk peredarannya secara internasional, yaitu “Ritual”. Film “Modus Anomali” yang bergenre thriller bercerita tentang seorang pria yang tiba-tiba terpisah dari istri dan anaknya di sebuah hutan.

5. A Copy of My Mind

Poster A Copy of My Mind (Itcaughtmyeyes)

Film “A Copy of My Mind” rilisan tahun 2015 bisa dibilang tipikal film khas Joko Anwar setelah “Janji Joni”. Film ini banyak dipuji kritikus, tayang di festival internasional tapi kurang diminati penonton di negeri sendiri. Film yang dirilis di Indonesia pada Februari 2016 ini lebih dulu diputar di Venice Film Festival 2015 dan Toronto International Film Festival 2015. Film yang dibintangi Chicco Jerikho ini juga meraih tiga piala di FFI 2015, termasuk untuk Tara Basro (Aktris Utama Terbaik) dan Joko Anwar (Sutradara Terbaik).

Di antara semua film itu, mana yang sudah JB’ers tonton dan mana favoritmu? Semoga Joko Anwar bisa menghasilkan karya yang lebih keren lagi untuk waktu-waktu mendatang. (tom)

Apa Komentarmu
Loading...