spot_img
- Advertisment -spot_img
BerandaTips6 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu, Beli Emas di Blibli Pasti...

6 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu, Beli Emas di Blibli Pasti Original!

From Author

Admin Post
Admin Post
I am not just a blogger, I am a professional procrastinator with a knack for oversharing. My hobbies include drinking coffee, taking pictures of my food, and pretending I have my life together.

Emas merupakan logam yang sering dijadikan perhiasan dalam berbagai bentuk seperti cincin, gelang, kalung, liontin dan lainnya, sekaligus produk investasi. Harga cincin emas 1 gram 24 karat hari ini bisa jadi berbeda dengan beberapa waktu sebelumnya karena memang bisa mengalami fluktuasi harga. Ini yang menjadikan banyak orang tertarik menyimpannya untuk berinvestasi. 

Pengetahuan tentang cara membedakan emas asli dan palsu sangat penting sebelum membelinya. Menurut situs Logam Mulia, salah satu cara membedakan emas asli dan palsu bisa dilihat dari fisiknya, namun bagi yang belum berpengalaman tentu hal ini tidak mudah. Meski demikian Anda tidak perlu khawatir untuk membeli emas karena banyak tempat yang terpercaya untuk melakukan jual beli. 

6 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu, Beli Emas di Blibli Pasti Original!

Membeli emas harus berhati-hati, selain agar tidak sampai tertipu karena barang palsu, juga agar bisa mendapatkan produk seperti deskripsi atau penjelasan, seperti ketepatan berat dan karat atau kadar emas dalam produk tersebut. Beberapa cara membedakan emas asli dan palsu antara lain: 

1. Fisik

Pertama yang bisa dilakukan untuk membedakan emas asli dan palsu adalah dari fisiknya. Ada beberapa tanda yang bisa diperhatikan, diantaranya adalah kepadatannya. Caranya dengan menjatuhkan emas ke dalam air. Jika tenggelam, maka bisa dipastikan emas tersebut asli.

Emas asli merupakan logam yang bukan magnetik, artinya tidak akan tertarik oleh medan magnet. Ciri fisik lainnya, emas merupakan logam yang bisa menghantarkan panas, jadi jika didekatkan pada sumber panas, suhunya ikut naik. Emas juga tidak korosif atau warnanya tidak bisa berubah. 

2. Tidak mudah berubah warna

Beberapa jenis barang akan berubah warnanya apabila digosok atau digores. Namun tidak demikian dengan emas, warna emas akan tetap sama meski Anda menggosoknya berkali-kali.

Jadi jika produk emas yang Anda miliki berubah saat tergores, bisa dipastikan produk tersebut merupakan barang palsu. Untuk mengecek, Anda bisa menggoreskan emas pada keramik atau kertas dan melihat apakah ada perubahan atau kondisi dan warnanya tetap sama. 

3. Uji dengan asam nitrat

Anda bisa melakukan pengujian untuk memastikan apakah emas yang Anda miliki asli atau palsu dengan menggunakan asam nitrat. Teteskan asam nitrat dan lihat apakah berubah warna. Jika warnanya menjadi hijau, barang tersebut bisa dipastikan berasal dari besi yang disepuh atau dilapisi emas, sedangkan jika berubah kuning, logam tersebut adalah kuningan.

4. Gigit

Selanjutnya Anda bisa menguji emas dengan cara menggigitnya. Jika ada bekas gigitan, emas tersebut palsu karena karakter emas tidak meninggalkan bekas. Ini merupakan cara termudah karena Anda dapat melakukan pengujian kapan saja tanpa menggunakan alat khusus. 

5. Dengan suara

Pengujian yang mudah juga bisa dilakukan dengan cara menjatuhkan emas ke keramik. Apabila suaranya keras maka logam tersebut adalah emas. Karakter emas berkaitan dengan suara ini banyak digunakan oleh penjual emas untuk menguji keaslian barang yang akan dibelinya. 

6. Bukti pembelian

Pada saat Anda membeli emas, baik dalam bentuk perhiasan maupun logam mulia, akan mendapat bukti berupa surat. Anda bisa mengecek keaslian berkas tersebut, seperti toko tempat menjual, stempel toko dn tanda pengenal lainnya. 

Anda bisa membeli emas di Blibli yang merupakan marketplace terpercaya dan bisa berbelanja dengan gratis. pembelian emas di Blibli aman karena seller Blibli merupakan Official Store yang hanya menjual produk asli atau original. Setelah mengetahui cara membedakan emas asli dan palsu, segera beli di Blibli! 

- Advertisement -

Latest Article

Review Broker FBS, Cocok untuk Trader Pemula & Profesional

Apakah kamu sedang mencari solusi perdagangan yang terpercaya dan efektif? Jika iya, maka Finance Freedom Success (FBS) adalah solusinya....

More Articles Like This