Don't be Captious

Cara Mendaftar Kartu Prakerja Plus Tips Tambahan

Cara mendaftar kartu prakerja plus tips tambahan bisa kamu dapatkan informasi lengkapnya dari artikel ini. Simak sampai habis supaya terbantu.

Kartu Prakerja merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Menurut situs Kartu Prakerja, program ini ditujukan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) yang sedang mencari kerja, mengalami PHK, serta membutuhkan peningkatan kompetensi.

Syarat mendaftar Kartu Prakerja

  1. WNI di atas 18 tahun.
  2. Tidak sedang sekolah atau kuliah.
  3. Sedang mencari pekerjaan, pekerja/buruh yang mengalami PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja.
  4. Bukan pekerja yang bergerak di bidang pemerintahan dan militer.
  5. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi.
  6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang mendaftar Kartu Prakerja.

Kartu Prakerja sudah memasuki pendaftaran gelombang 45. Sayangnya, gelombang 45 sudah ditutup. Pendaftaran akan kembali dibuka apabila gelombang 46 sudah dimulai.

Meski gelombang 46 belum dimulai sampai saat ini, kamu perlu mengetahui hal-hal teknis terkait Kartu Prakerja, termasuk tata cara pendaftarannya. Berikut cara mendaftar Kartu Prakerja beserta tips tambahannya.

BACA JUGA: 6 Bansos dari Pemerintah yang akan cair tahun 2022

Cara Mendaftar Kartu Prakerja

Cara Mendaftar Kartu Prakerja Plus Tips Tambahan
Illustrasi form pendaftaran prakerja
  1. Daftar akun Kartu Prakerja terlebih dahulu. Silakan daftar di situs Kartu Prakerja, lalu isi data yang diminta.
  2. Selanjutnya, link verifikasi akan dikirim ke email yang terdaftar. Pastikan emailmu mudah dibuka dan bisa menerima pesan baru.
  3. Setelah terverifikasi, silakan login dan masuk laman verifikasi KTP & KK. Isilah data yang diminta dengan benar.
  4. Sebagai pengingat, pastikan alamat yang kamu isi sesuai dengan KTP.
  5. Setelah semua data terisi, verifikasi foto KTP menggunakan ponsel. Ikuti semua prosedurnya supaya verifikasi berhasil.
  6. Selanjutnya, foto wajahmu sambil mengedipkan satu mata guna verifikasi wajah. Selain harus berkedip, ikuti pula arahan lainnya.
  7. Berikutnya, masukan nomor ponselmu untuk diverifikasi menggunakan kode OTP yang diterima melalui SMS.
  8. Setelah itu, isi pernyataan terkait kondisimu saat ini.
  9. Setelah selesai, ikuti tes motivasi dan keterampilan dasar. Bacalah prosedurnya terlebih dahulu.
  10. Terakhir, ikuti seleksi gelombang yang sedang dibuka lalu ikuti prosedurnya. Setelah mendaftar gelombang, kamu tinggal menunggu hasilnya yang akan diumumkan melalui SMS dan email setelah penutupan gelombang. Apabila gagal lolos, kamu bisa mengikuti gelombang berikutnya.

Saat mendaftar, terkadang terjadi kendala teknis yang tak diinginkan, salah satunya kode OTP yang belum diterima melalui SMS. Oleh karena itu, kami akan memberikan tips tambahan seperti berikut.

Tips Tambahan untuk Mengatasi Kode OTP yang Belum Diterima Melalui SMS

  1. Pastikan nomor ponselmu sudah benar. Meski terlihat sepele, bisa saja nomormu kurang atau lebih satu digit sehingga kode OTP belum diterima.
  2. Apabila nomor sudah benar, pastikan angka digit “0” di depan tidak diketik. Contoh : “0888-1888-2777” diketik menjadi “888-1888-2777”. Angka “0” di depan sudah digantikan oleh kode negara “+62”.
  3. Pastikan pula sinyal operatormu dalam keadaan baik. Kode OTP belum dapat diterima apabila sinyal buruk.
  4. Pastikan pula tanggal dan waktu di ponsel sudah benar. Apabila salah, kode OTP belum dapat diterima.
  5. Minta kembali kode OTP dengan mengisi formulir pendaftaran dari awal.
  6. Apabila semua cara di atas belum berhasil, cobalah cabut kartu SIM lalu matikan ponsel selama beberapa menit. Selanjutnya, hidupkan kembali. Setelah hidup, isi kembali formulir pendaftaran.

Semua cara di atas bisa kamu terapkan saat gelombang berikutnya sudah dibuka. Jadi, harap menunggu sembari mengikuti kabar terbaru melalui akun Instagram Kartu Prakerja. Umumnya, pembukaan gelombang baru akan diumumkan di sana. Sembari menunggu, lebih baik kamu mengasah keterampilan dengan fasilitas yang tersedia. Contoh seperti mempromosikan produk kamu di akun media sosial guna melatih keterampilanmu dalam bidang digital marketing.

Demikian informasi mengenai cara mendaftar kartu prakerja besertra tips tambahannya. Semoga informasi di atas bisa kamu pahami dan terapkan. Tetap semangat dan semoga sukses.

BACA JUGA: Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 24 Dapatkan Insentif Hingga Rp2,4Jt

Latest article