spot_img
- Advertisment -spot_img
BerandaTechnologyCara Memperbarui Data Diri Kartu Prakerja

Cara Memperbarui Data Diri Kartu Prakerja

From Author

Cara memperbarui data diri Kartu Prakerja plus tips tambahannya bisa kamu dapatkan informasi lengkapnya di artikel ini. Simak sampai habis supaya kamu terbantu.

Kartu Prakerja dibuat untuk membantu dalam upaya peningkatan kompetensi kerja. Supaya bisa merasakan manfaat dari program pemerintah ini, tentunya mesti mendaftar dan mengikuti gelombang seleksi yang tersedia. Apabila belum lolos, masih bisa mengikuti gelombang berikutnya yang mungkin perlu memperbarui data diri. Bagi kamu ingin yang memperbarui data diri, ikuti cara berikut ini.

Cara Memperbarui Data Diri Kartu Prakerja

  1. Masuk ke akunmu terlebih dahulu melalui halaman dashboard Kartu Prakerja. Pastikan kamu ingat email dan password-mu.
  2. Setelah masuk, kamu akan melihat halaman untuk memperbarui data diri.
  3. Sebagai langkah awal, kamu akan diminta untuk mengunggah foto e-KTP. Silakan unggah dengan mengikuti ketentuan yang berlaku.
  4. Setelah itu, foto e-KTP akan diverifikasi. Apabila ingin lanjut ke tahap berikutnya, klik “refresh”.
  5. Berikutnya, kamu akan diminta untuk mengunggah foto dirimu dengan teknik selfie.
  6. Sama seperti foto e-KTP, foto dirimu akan diverifikasi oleh sistem Kartu Prakerja. Apabila ingin ke tahap selanjutnya, klik “refresh”.
  7. Silakan isi data diri pada kolom yang tersedia. Adapun data diri yang perlu diisi seperti nama lengkap, nama ibu kandung, jenis kelamin, status perkawinan, status pekerjaan, pendidikan terakhir, topik pelatihan yang diminati, jumlah tanggungan, serta alamat lengkap sesuai KTP.
  8. Selanjutnya, klik sebuah pernyataan yang bertuliskan “Dengan melanjutkan, saya menjamin telah mengisi semua data dengan jujur dan benar.”, lalu klik “lanjut”.
  9. Data dirimu berhasil diubah dengan ditandai oleh terbukanya halaman berisi gelombang seleksi yang tersedia. Apabila gelombang seleksi masih dibuka, silakan kamu ikuti.

Pada saat memperbarui data diri, kamu diminta untuk mengunggah foto KTP-mu. Tentu saja, foto yang akan kamu unggah tidak boleh asal-asalan supaya tidak gagal diverifikasi. Oleh karena itu, kamu perlu mengikuti cara berikut saat hendak mengunggah foto KTP.

BACA JUGA: Cara Mendaftar Kartu Prakerja Plus Tips Tambahan

Selain ulasan tentang Cara memperbarui data diri Kartu Prakerja, hal-hal yang perlu kamu perhatikan pula terkait Kartu Prakerja adalah sebagai berikut.

Cara Memperbarui Data Diri Kartu Prakerja
Illustrasi Kartu Prakerja (Foto: arkademi.com)

Cara Mengunggah Foto KTP dengan Benar

  1. Pastikan KTP yang hendak difoto merupakan jenis e-KTP. Apabila belum berjenis e-KTP, segera urus di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) di daerahmu.
  2. Pastikan KTP yang hendak difoto bersifat asli (bukan fotokopi) dan atas namamu sendiri.
  3. Periksalah kondisi fisik KTP-mu, sebab verifikasi akan gagal apabila terdapat kerusakan fisik di KTP.
  4. Upayakan teknik yang terbaik supaya hasil fotonya tidak blur, tidak terpotong, serta jelas dengan pencahayaan cukup.
  5. Mohon matikan flash supaya pencahayaan tidak berlebihan sehingga merusak hasil foto.
  6. Usahakan menggunakan latar belakang yang netral saat pengambilan foto.
  7. Khusus untuk mengunggah foto, terdapat bingkai khusus dari Kartu Prakerja. Oleh karena itu, usahakan hasil fotomu sesuai dengan bingkai tersebut.
  8. Apabila foto diunggah melalui file ponsel, upayakan agar ukuran file-nya tidak lebih dari 2 MB dengan format PNG atau JPEG.

Selain foto e-KTP, foto diri yang diunggah juga mesti benar. Oleh karena itu, kami berikan caranya seperti berikut.

Cara Mengunggah Foto Diri dengan Benar

  1. Upayakan agar wajah terlihat jelas di kamera. Pastikan pencahayaan cukup serta tempat foto yang minim gangguan.
  2. Upayakan pula agar wajah melingkupi 80 persen foto dengan teknik close up.
  3. Lepaskan kacamata, masker, topi, dan aksesori lainnya agar wajah terlihat jelas saat difoto. Setelah selesai foto, boleh pakai kembali.
  4. Pastikan foto yang diambil tidak disertai e-KTP.
  5. Usahakan untuk tersenyum saat pengambilan foto.

Sebagai tambahan, terkadang pihak Kartu Prakerja meminta untuk mengkonfirmasi NIK di halaman awal perbaruan data diri. Hal itu terjadi karena NIK yang sama di Kartu Prakerja terdaftar pula di lembaga lain seperti Kementerian Sosial. Apabila kamu mengalami hal tersebut, ikuti cara berikut.

BACA JUGA: 6 Bansos dari Pemerintah yang akan cair tahun 2022

Cara Mengecek NIK dengan Benar

  1. Bacalah dengan cermat NIK yang ditampilkan sistem Kartu Prakerja.
  2. Pastikan kamu ingat dengan NIK kamu. Apabila lupa, silakan cek di KTP lalu cocokkan dengan digit angka yang ditampilkan.
  3. Apabila benar, silakan klik “ya, benar”.
  4. Apabila salah, klik “ganti” lalu ketik NIK yang sesuai KTP. Pastikan kamu tetap berhati-hati ketika mengetiknya.
  5. Selesai diketik dan semua digitnya sudah benar, silakan lanjut ke tahap berikutnya.

Selain NIK, perlu pula memperhatikan alamat yang kamu isi. Pasalnya, sebagian peserta gagal memperbarui data diri karena tidak tercatatnya alamat di Dukcapil. Agar kamu tidak mengalami hal serupa, kami berikan cara mengantisipasinya sebagai berikut.

Cara Mengantisipasi Alamat Tidak Tercatat di Dukcapil

  1. Tulis alamat yang tercantum di KTP secara tepat.
  2. Periksa kembali semua penulisan alamat. Pastikan penulisan singkatan, tanda hubung, serta spasi sesuai dengan yang tercatat di KTP.
  3. Tidak perlu menuliskan alamat tambahan seperti RT, RW, kelurahan, kecamatan, dan sebagainya. Biasanya, alamat tambahan tersebut sudah ada kolom tersendiri.

Selain alamat, pastikan pula data diri lainnya sudah tepat, seperti nama lengkap, nama ibu kandung, dan lain-lain. Jangan sampai kamu gagal memperbarui data diri hanya karena kesalahan penulisan huruf atau kata.

Demikian informasi mengenai cara memperbarui data diri Kartu Prakerja plus tips tambahannya. Semoga informasi di atas bisa dipahami dan diterapkan. Semoga sukses. (jow)

BACA JUGA: Cara Masuk Akun Kartu Prakerja yang Lupa Password

- Advertisement -

Latest Article

10 Rekomendasi Aplikasi Trading Forex Terbaik Dunia

Sekarang ini, minat terhadap dunia investasi semakin meningkat, baik di dunia maupun Indonesia sendiri. Hal ini dikarenakan banyaknya keuntungan...

More Articles Like This