spot_img
BerandaKeuanganCara Melunasi Tunggakan Pinjaman Online

Cara Melunasi Tunggakan Pinjaman Online

Kamu memiliki tunggakan pinjaman online? Tidak perlu stress. Kamu perlu mengikuti cara melunasi tunggakan pinjaman online secara efektif yang akan kami jelaskan. Simak sampai habis dan semoga berhasil.

Sebelum lanjut, kamu pasti memilih berhutang karena kebutuhanmu. Meskipun sudah berpenghasilan, tetapi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhanmu. Alhasil, pinjaman online menjadi pelarianmu.

Ketika sudah meminjam, kamu akan diminta untuk melunasinya. Kamu pun bisa melunasinya dengan cara mencicil. Supaya lunas, ikutilah cara-cara di bawah ini.

1. Kelola Keuangan dengan Baik

Terkadang, godaan untuk membeli suatu barang tak bisa ditahan. Oleh sebab itu, kamu boleh membeli barang yang diinginkan, tetapi uangnya harus diatur supaya masih ada sisa untuk membayar tunggakan.

Supaya mudah dalam mengaturnya, buatlah catatan keuangan pribadi. Aturlah berapa uang yang disisihkan untuk membayar tunggakan, dan berapa uang yang disisihkan untuk hal-hal lainnya.

2. Bayar dalam Jumlah yang Melebihi Angsuran Minimum

Apabila platform tempatmu meminjam menetapkan biaya angsuran minimum, cobalah membayar dalam jumlah yang melebihi angsuran minimum. Sebagai contoh, apabila angsuran minimumnya Rp 200.000, cobalah untuk membayar dengan jumlah Rp 300.000.

Ketika sering membayar dalam jumlah yang lebih dari angsuran minimum, bukan tidak mungkin hutangmu bisa lunas lebih cepat.

3. Buat Skala Prioritas

Apabila mempunyai tunggakan di lebih dari satu platform, kamu harus mengatur prioritasmu. Sebagai saran, dahulukan untuk melunasi tunggakan yang memiliki jangka waktu terpendek dengan bunga terbesar.

Apabila kamu juga memiliki cicilan lain yang jangka waktunya juga pendek, silakan atur sedemikian rupa. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui berapa jumlah uang yang bisa kamu upayakan.

4. Jual Barang Tak Terpakai

Cara melunasi tunggakan pinjaman online bisa kamu terapkan apabila memiliki barang bekas, tetapi masih bernilai. Usahakan pula harga barang yang akan dijual dapat membantu pelunasan hutang.

Sebagai contoh, jika kamu memiliki motor bekas, kamu bisa menjualnya di platform online seperti OLX. Perlu diketahui, motor bekas di sana bisa dijual dengan harga menembus jutaan rupiah.

Akan lebih baik jika kamu memiliki mobil bekas. Pasalnya, kamu bisa menjualnya hingga puluhan juta rupiah. Dengan harga tersebut, mungkin bukan hanya hutang yang lunas, tetapi sisanya juga bisa menjadi tabungan untuk masa depan.

5. Gunakan Tabungan Pribadi

Beruntunglah bagi kamu yang memiliki tabungan pribadi. Pasalnya, uang tersebut bisa kamu gunakan jika mengalami situasi mendesak, seperti membayar hutang. Jadi, apabila uang tabunganmu mencukupi, silakan ambil sebagian dan bayar tunggakanmu.

Meskipun demikian, kamu harus bertekad untuk menggantikan uang tabungan yang terpakai. Hal itu dilakukan supaya tujuan menabungmu bisa tercapai, terutama apabila tujuannya mulia seperti membiayai pendidikan anak di masa depan.

BACA JUGA: 8 Pinjol Paling Murah di Tahun 2023

6. Tambah Sumber Pemasukan

Sebagai bentuk antisipasi, kamu juga bisa menambah sumber pemasukan. Saran kami, pilihlah sumber pemasukan yang tidak menyita waktu pekerjaan utamamu. Contoh yang bisa kamu pilih seperti menulis untuk suatu portal berita, berjualan dengan sistem dropship, menjadi pengemudi ojek online, membuka jasa konsultasi, dan lain-lain.

Supaya lebih enak, pilihlah sumber yang hasilnya bisa dirasakan dengan cepat. Hal itu dilakukan supaya bisa membayar tunggakan yang tanggal bayarnya jatuh sebelum tanggal terima gaji dari pekerjaan utamamu.

Sebagai saran, jangan sampai seluruh hasil dari pekerjaan sampingan digunakan untuk membayar hutang. Apabila kamu memiliki kebutuhan lain yang harus dipenuhi, sisihkan uangmu untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

7. Jual Aset

Cara ini bisa diterapkan jika kamu memiliki aset pribadi saat ingin melunasi tunggakan pinjaman online. Apabila kamu memiliki aset, kamu bisa menjualnya. Harganya tentu harus sesuai dengan harga pasaran. Supaya cepat laku, jual asetmu dengan cara aktif beriklan.

Terkait aset, pastikan kamu menjual aset yang sudah dianggap tidak penting. Jangan sampai kamu menjual aset seperti rumah. Apabila rumah yang kamu tempati menjadi aset satu-satunya yang kamu punya, lebih baik cobalah cara lain untuk melunasi hutang.

8. Jangan Meminjam di Platform Lain

Untuk pelunasan hutang, sebaiknya jangan meminjam di platform lain. Memang, tunggakanmu di platform sebelumnya bisa lunas, tetapi kamu mesti kembali menunggak di platform lainnya. Hal itu membuat beban hidupmu tak kunjung selesai.

Sebagai saran, cobalah berkonsultasi dengan ahlinya. Untuk pelunasan hutang, kamu bisa berkonsutasi dengan ahli dari Dolpheen. Penyedia jasa konsultasi tersebut menyediakan berbagai layanan yang bisa bantu menyelesaikan hutangmu.

Penutup

Itulah kumpulan cara untuk melunasi tunggakan pinjaman online. Semoga masalahmu cepat terselesaikan sehingga kamu bisa hidup lebih bahagia.

BACA JUGA: 5 Cara Mencari Donatur untuk Membayar Hutang

Alfat Eprizal
Alfat Eprizal
Mencoba tetap produktif di kala akhir semester.
spot_img
Trending
close