Cara Mengatasi Pop Up di BCA Mobile

Tantri

Sobat JBers yang menggunakan BCA mobile harap berhati-hati dengan maraknya modus penipuan di dunia maya. Pasalnya ramai di medsos tentang modus kejahatan melalui aplikasi. Diduga muncul adanya pop up di BCA Mobile saat pengguna mengakses aplikasi BCA mobile.

Aku sebagai salah satu pengguna BCA Mobile yang sudah lebih dari 5 tahun tentu cukup khawatir dengan adanya isu ini. Aku pun mencoba mencari tahu bagaimana cara mengatasi dan mencegahnya jika sewaktu-waktu pop up tersebut muncul.

Menurut berbagai sumber yang aku cek, berikut adalah cara mengatasi pop up di BCA Mobile jika tiba-tiba muncul saat kamu mengakses aplikasi ini.

1. Tenang dan jangan melakukan klik apapun

Saat pop up yang diduga virus muncul di aplikasi BCA Mobile, tindakan pertama yang kamu lakukan adalah tenang dan jangan melakukan klik apapun. Hal ini diungkapkan oleh EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA Hera F. Haryn yang aku kutip melalui investor.id, Selasa (25/7/2023).

“Kami mengimbau agar nasabah tidak melakukan klik apapun yang muncul di pesan tersebut,” kata Hera dalam keterangannya.

BACA JUGA: Cara Top Up Grab Driver via BCA Terbaru 2023

2. Instal aplikasi BCA Mobile di Google Playstore atau App Store

Bagi kamu pengguna iPhone atau Android, saat ingin melakukan instal aplikasi BCA Mobile pastikan untuk selalu menginstal dari tempat resmi yakni Google Playstore atau App Store. Jangan pernah melakukan instalasi aplikasi diluar kedua layanan resmi tersebut.

“BCA senantiasa mengimbau nasabah setia untuk selalu waspada saat melakukan instal aplikasi di luar PlayStore, AppleStore atau store resmi lainnya, serta melakukan update software perangkat smartphone terbaru,” kata Hera yang aku kutip melalui kontan.co.id.

3. Setting “Install Unknown Apps” dalam keadaan off

Pakar keamanan siber Alfons Tanujaya memberikan tips untuk mengatasi pop up di BCA Mobile yang menurutnya kemungkinan berasal dari aplikasi BCA Mobile yang diinstall diluar Google Playstore.

Untuk cara mengatasinya pastikan setting pada bagian “Install Unknown Apps” dalam keadaan off. Dan jangan lupa untuk mengecek aplikasi-aplikasi apa saja yang mencurigakan sudah terinstall di perangkat lalu uninstall segera.

“Cek setelan (Install Unknown Apps) itu semuanya off, tidak ada yang boleh on. Pastikan hanya aplikasi terpercaya yang boleh baca SMS,” kata Alfons Tanujaya yang aku kutip melalui kontan.co.id.

4. Menghubungi Halo BCA

Jika kamu menemukan pop up di BCA Mobile yang mencurigakan maka segera hubungi Halo BCA yang resmi berikut ini:

  • Halo BCA 1500888 (tanpa 021, +0621, atau tambahan lainnya)
  • WhatsApp Bank BCA 08111500998 (ada centang hijau)
  • Instagram @goodlifebca (sudah centang biru)
  • laman www.bca.co.id

5. Selalu Update Aplikasi

Banyak pengguna smartphone yang belum teredukasi dengan baik tentang pentingnya update aplikasi melalui layanan resmi. Luangkan waktu kamu untuk selalu mengecek aplikasi-aplikasi yang memerlukan update.

Periksa kembali aplikasi-aplikasi yang mencurigakan terinstal di smartphone kamu. Jika tidak dibutuhkan sebaiknya hapus saja.

BACA JUGA: Cara Isi Saldo DANA Melalui BCA Anti Ribet

Bagikan:

Tantri

Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.