Duangjay Samaksamam, Wanita Pemilik Tangan Terbesar di Dunia


Rekor manusia tertinggi atau terendah di dunia sudah biasa. Kini ada rekor baru yang cukup aneh lagi, yaitu manusia pemilik tangan terbesar di dunia. Dia adalah Duangjay Samaksamam.

Duangjay Samaksamam adalah seorang wanita asal Thailand yang mungkin bisa diberi gelar pemilik tangan terbesar di dunia. Kendati demikian, wanita 50 tahun itu setiap hari masih bekerja dengan tangannya yang masing-masing seberat 6 kg.

Duangjay menderita sebuah penyakit langka bernama macrodystrophia lipomastosa yang membuat lemak menumpuk di tangan dan lengannya. Namun karena orangtuanya sudah mulai tua, dia harus menjalankan toko yang selama ini dikelola keluarganya.

“Tanganku sangat berat,” ungkapnya seperti dilansir dari Mirror, Kamis (4/9/2014). “Aku bahkan tak bisa mengangkatnya untuk keramas dan menyisir rambut. Memakai baju juga sangat menyakitkan bagiku.”

Duangjay lahir dengan keadaan seperti itu. Ia tidak pernah pergi ke sekolah dan selalu menutup diri. Hidup di daerah terpencil juga membuat wanita ini tidak mendapat perawatan yang memadai. “Mereka bilang ini bukan jaringan yang jahat meski sangat gemuk,” jelas Duangjay mengenai operasi pertamanya.

Meski pada operasi keduanya 700 lemak dan darah berhasil diambil dari tangan Duangjay, namun itu tidak membantu. Seorang dokter dari Kitasato University di jepang akhirnya menyarankan Duangjay untuk melakukan amputasi. Namun, Duangjay menolak melakukan amputasi tersebut. Ia lebih memilih menahan sakitnya untuk menghidupi diri dan orangtuanya.

Kelainan yang bernama macrodystrophia lipomastosa ini memang bukan hal baru dalam dunia medis. Beberapa orang yang terkena kelainan ini umumnya mengalami pembengkakan di jari tangan atau kaki. Meski demikian, kasus dalam Duangjay ini tergolong langka, karena tidak hanya jari yang membengkak, namun seluruh lengannya juga ikut membengkak. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak