3 Alasan untuk tidak tidur dekat ponsel di malam hari

Ada banyak alasan untuk tidak tidur di dekat ponsel yang sedang diisi daya. Tidur dekat ponsel bisa mengganggu tidur, merangsang pikiran, dan menghambat istirahat yang cukup. Banyak orang terbiasa menaruh ponsel di samping tempat tidur saat tidur.

Kebiasaan mengecek ponsel di tempat tidur, seperti membaca berita sebelum tidur atau menelusuri media sosial, bisa mempengaruhi tidur kita. Tidur yang berkualitas penting untuk kesehatan fisik dan mental, di mana ponsel bisa mengganggu.

Meski tergoda meninggalkan ponsel dekat pada malam hari untuk akses mudah, lebih baik hindari hal itu. Berikut adalah risiko utama tidur dengan ponsel, dan apa yang dapat kita lakukan untuk mengubah kebiasaan sehari-hari.

Apakah aman membiarkan ponsel diisi daya semalaman?

Menggunakan ponsel di tempat tidur dapat mengganggu tidur. Studi menunjukkan penggunaan perangkat, terutama malam hari, dapat mengurangi kualitas tidur.

Meskipun ponsel aman, penggunaannya bisa menimbulkan risiko tambahan. Ada beberapa alasan baik untuk tidur tidak dekat dengan perangkat kita.

1. Risiko kebakaran atau luka bakar

Meskipun kasusnya jarang, risiko baterai ponsel terbakar tetap ada. Ledakan, sengatan listrik, atau kebakaran di tempat tidur bisa berbahaya.

Perusahaan besar ponsel mengingatkan tentang bahayanya menyimpan ponsel di samping tempat tidur. Kebanyakan kecelakaan disebabkan oleh penggunaan pengisi daya tidak asli, kabel rusak, dan posisi perangkat dekat bahan mudah terbakar.

Beberapa perangkat bahkan ditarik karena kesalahan desain yang menyebabkan ledakan baterai.

2. Layar ponsel mengganggu siklus tidur alami kita

Penggunaan ponsel dapat mengganggu ritme tidur alami kita dengan cahaya biru yang menghambat produksi melatonin, hormon tidur.

Cahaya biru mengganggu tidur yang penting untuk memori dan perkembangan emosional. Menggunakan ponsel sebelum tidur telah terbukti memiliki dampak negatif pada tidur, terutama pada anak-anak.

3. Ponsel merangsang aktivitas otak

Interaksi dengan perangkat seperti telepon dapat memicu kegelisahan dan sulit tidur. Aktivitas interaktif lebih berdampak negatif pada tidur dibandingkan aktivitas pasif.

Untuk menjaga kualitas tidur, penting untuk mengurangi interaksi dengan ponsel sebelum tidur. Orang tua perlu memberikan aturan yang jelas terkait penggunaan perangkat kepada remaja dan anak-anak.

BACA JUGA: 5 Tips Hemat Listrik Saat Tidur di Malam Hari

5 tips untuk tidur nyenyak

Untuk mengatasi dampak ponsel pada tidur kita, pertimbangkan langkah-langkah seperti:

  1. Batasi waktu interaksi secara keseluruhan: Segera hentikan penggunaan perangkat dan tentukan waktu pemakaian yang sehat.
  2. Tetapkan zona bebas ponsel di tempat tidur: Gunakan tempat tidur hanya untuk bersantai atau tidur, hindari penggunaan ponsel di sana.
  3. Aktifkan mode malam: Matikan notifikasi malam hari untuk menghindari gangguan tidur.
  4. Ciptakan ritual santai sebelum tidur: Mandi, membaca, mendengarkan musik santai, atau bermeditasi untuk menenangkan pikiran.
  5. Redupkan pencahayaan: Kecilkan cahaya di kamar tidur untuk membantu produksi melatonin.

Penerapan kebiasaan sehat sebelum tidur dan lingkungan kamar tidur yang mendukung dapat meningkatkan kualitas tidur kita, penting untuk kesehatan fisik dan mental kita.

Written by Puspa Aulia

6 Ekstensi Video Downloader untuk Google Chrome dan Microsoft Edge

Apa itu eSIM dan Manfaatnya untuk Kita?