Manfaat tak terduga dari mengunyah permen karet bebas gula

Banyak orang mungkin mengonsumsi permen karet tanpa gula, yang mengembalikan keseimbangan asam basa di mulut dan melindungi dari karies. Kesehatan mulut sangat penting bagi seluruh tubuh, tetapi para ilmuwan Amerika merekomendasikan menambahkan permen karet bebas gula ke keranjang belanjaan kita karena alasan yang sangat berbeda.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengunyah permen karet berdampak positif pada kesehatan dan membantu dari berbagai penyakit. Menurut peneliti, mengunyah permen karet akan membantu membuat bentuk tubuh kita lebih langsing dan juga membantu mencegah masalah kesehatan tertentu.

BACA JUGA: Diciptakan Permen Penghilang Bau Badan

Apa manfaat mengunyah permen karet bebas gula?

Permen karet adalah penemuan manusia yang sangat kuno. Sampel tertua berumur sekitar 10 ribu tahun. Pada saat yang sama, para ilmuwan telah lama tertarik pada bagaimana permen karet mempengaruhi kesehatan , apa bahaya dan manfaatnya. Aspek positif telah berulang kali dicatat oleh para peneliti.

Kali ini, pegawai Tufts University memutuskan untuk memperhatikan manfaat mengunyah permen karet bebas gula. Mereka melakukan penelitian menggunakan data dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional AS (NHANES). Hasilnya, mereka mampu mengidentifikasi tiga aspek positif yang penting.

Ternyata mengunyah permen karet meningkatkan pola makan yang lebih sehat. Pola makan peserta survei yang mengunyah permen karet setidaknya sekali dalam 24 jam paling sesuai dengan rekomendasi pola makan. Orang yang tidak mengunyah permen karet mempunyai asupan makanan yang kurang sehat.

Mengunyah permen karet membantu kita berhenti mengonsumsi makanan manis yang tidak sehat

Pertama-tama, permen karet dikaitkan dengan penurunan asupan gula. Selain itu, pecinta permen karet mengonsumsi lebih sedikit atau tidak sama sekali camilan antara makan siang, sarapan, dan makan malam. Ini mengurangi nafsu makan, dan terutama mengurangi keinginan untuk makan sesuatu yang manis di antara waktu makan. Para penulis karya tersebut melaporkan hal ini dalam Journal of American Nutrition Association.

Selain itu, efek penting lainnya ditemukan – mengunyah permen karet mengurangi jumlah kalori yang dikonsumsi orang saat makan. Tentunya hal ini juga dikaitkan dengan penurunan nafsu makan. Oleh karena itu, mengunyah permen karet dapat direkomendasikan bagi orang yang ingin menurunkan berat badan berlebih dan membatasi diri dalam makan, namun merasa kesulitan untuk melakukannya.

Selain itu, karena mengunyah permen karet membantu mengurangi konsumsi makanan manis, permen karet juga direkomendasikan bagi orang yang ingin menjalani gaya hidup sehat dan mengembangkan kebiasaan makan yang sehat. Sebenarnya, rekomendasi ini berlaku untuk semua orang.

BACA JUGA: Ini Penyebab Gigi Berlubang Selain Permen

Mengunyah permen karet bebas gula baik untuk gigi

Banyak penelitian lain sebelumnya menunjukkan bahwa mengunyah permen karet bebas gula memiliki efek positif pada enamel gigi dan secara signifikan mengurangi risiko kerusakan gigi. Hal ini penting tidak hanya untuk kesehatan gigi. Telah lama diketahui bahwa penyakit mulut berhubungan dengan penyakit kronis yang serius seperti diabetes, obesitas, dan bahkan penyakit kardiovaskular. Selain itu, penyakit mulut juga kerap menimbulkan masalah kesehatan mental, seperti depresi dan kecemasan.

Sayangnya, sebagian besar penelitian, termasuk yang dijelaskan di atas, didasarkan pada data statistik. Oleh karena itu, mereka tidak menjawab pertanyaan mengapa permen karet bebas gula memiliki efek seperti itu. Namun, bagaimanapun juga, hasil yang diperoleh harus diperhitungkan dan diterapkan dalam praktik pribadi.

Namun para peneliti sendiri menunjukkan bahwa mengunyah permen karet bukanlah obat ajaib. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kesehatan, tidak hanya perlu mengunyahnya, tetapi juga menjalani pola hidup sehat. Mengunyah permen karet hanya membantu mengatasi hal ini, karena mengurangi nafsu makan dan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis yang tidak sehat.

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Bukan Jantung, Inilah Penyakit Mematikan Nomor 1 di Dunia

Adobe & Microsoft bekerja sama kembangkan AI untuk para Marketer