Don't be Captious

spot_img

5 Tips Hemat Listrik Saat Tidur di Malam Hari

Ardy Messi
Ardy Messihttp://killingcr.co.cc
Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.

Sobat JBers! Bagi yang ingin lebih hemat listrik saat tidur namun bingung caranya, tenang saja karena kita akan membahasnya dalam artikel kali ini.

Menghemat listrik saat tidur bukan hanya tindakan bijaksana untuk kantong kita, tetapi juga untuk bumi tempat kita tinggal. Sebuah studi menarik menunjukkan bahwa perangkat elektronik yang dibiarkan dalam mode stand-by dapat menyedot daya listrik yang signifikan, bahkan ketika kamu tengah tertidur lelap.

Selain itu, cabut charger perangkat saat tidak digunakan dapat mengurangi jejak karbon dan memperpanjang umur baterai. Mari kita membahas beberapa tips hemat listrik lainnya yang dapat kita terapkan di malam hari untuk menghemat listrik.

1. Biasakan Perangkat Elektronik Tidak Dalam Mode Stand-By

Mungkin sebagian dari kamu malas untuk menekan tombol off pada perangkat elektronik di rumah seperti TV, Playstation, dan Radio. Artinya kamu tidak bisa hemat listrik saat tidur karena perangkat yang tidak digunakan akan terus menggunakan daya listrik jika posisinya adalah stand-by.

Setelah selesai menggunakan perangkat elektronikmu, matikan sepenuhnya pada stop kontak daripada hanya membiarkannya ke mode stand-by.

2. Cabut Charger HP Saat Ingin Tidur

Tips hemat listrik saat tidur yang paling sering dilupakan adalah cabut charger HP. Percaya atau tidak, ketika charger HP dibiarkan terhubung semalaman, charger tetap mengonsumsi sedikit energi, meskipun ketika kamu tidak sedang men-charging HP.

Jadi, pertimbangkan untuk mencabut charger perangkat yang tidak digunakan sebelum tidur. Membiasakan HP selalu terhubung ke charger menggunakan energi berlebih dan dalam banyak kasus, dapat mengurangi umur baterai secara keseluruhan, jadi sebaiknya isi daya hanya ketika diperlukan saja.

BACA JUGA: Solusi Hemat Listrik dengan Solar Panel Karya Mahasiswa Unpad

3. Matikan AC

Banyak dari kamu mungkin sulit tidur jika tidak menggunakan AC. Apalagi saat udara lagi panas tentu membuat kamu tidak nyaman. Namun jika kebetulan sedang musim hujan atau udara tidak terlalu panas di kamar kamu, mematikan AC adalah salah satu tips hemat listrik saat tidur.

Untuk membuat tubuh kamu lebih hangat di musim hujan, pilih selimut yang agak tebal, piyama flanel, dan seprai flanel. Pertimbangkan juga untuk set timer AC kamu di jam-jam tertentu agar bisa mati dengan sendirinya. Cara ini bisa kamu gunakan jika musim panas dan kamu terpaksa harus tidur dengan AC yang menyala.

Buka sedikit jendela sebelum tidur jika suhu udara di luar lebih dingin. Pertimbangkan menyalakan kipas langit-langit dengan kecepatan rendah, yang akan mengonsumsi energi jauh lebih sedikit daripada AC saat kamu tidur.

4. Matikan Lampu atau Beralih ke Lampu Solar

Cahaya lampu di luar kamar bisa terlihat indah ketika menyala pada malam hari dan memberikan rasa aman. Namun, jika dibiarkan menyala terus-menerus saat kamu tidur, itu bisa membuat tagihan listrik kamu membengkak.

Ada banyak pilihan lampu yang hemat energi saat ini, termasuk opsi yang ditenagai surya dan LED hemat energi. Saat merencanakan opsi pencahayaan luar kamar, cari opsi hemat energi yang tidak menguras dompet saat kamu tidur. Matikan lampu luar kamar sebagai kebiasaan rutin saat pergi tidur adalah hal yang cukup membantu.

5. Tidur dengan Tirai Tertutup

Tips berikutnya untuk hemat listrik saat tidur adalah membiasakan tidur dengan tirai tertutup. Memang cara ini tidak berhubungan langsung dengan penghematan listrik di rumah kamu. Namun, tirai dapat membantu menjaga ruangan tetap sejuk dan gelap, sehingga kamu dapat tidur lebih nyenyak meskipun tanpa menggunakan AC atau kipas angin.

Selain itu, cahaya dari luar dapat mengganggu tidur kamu jika tirai tidak kamu tutup. Sinar biru dari perangkat elektronik, seperti smartphone dan komputer, dapat menekan produksi melatonin. Tidur dengan tirai tertutup dapat membantu mengurangi cahaya yang masuk ke kamar kamu dan mencegah gangguan tidur.

Penutup

Supaya tidur lenih nyaman, tidak hanya kenyamanan fisik yang perlu diperhatikan, tetapi juga efisiensi penggunaan listrik. Mengintegrasikan kebiasaan hemat listrik saat tidur bukan hanya berkontribusi pada kesejahteraan dompet kita, tetapi juga membantu menjaga keberlanjutan lingkungan tempat tinggal kita.

Dengan langkah-langkah sederhana seperti mematikan perangkat elektronik sepenuhnya, mencabut charger saat tidak digunakan, dan memilih alternatif pencahayaan hemat energi, kita dapat tidur dengan lebih nyaman sambil memberikan kontribusi positif pada planet yang kita huni.

Dengan demikian, tidur yang berkualitas dapat diiringi dengan kesadaran akan dampak kecil yang kita lakukan untuk menghormati bumi dan merawat keseimbangan alam. Mari bersama-sama menjadikan tidur yang nyenyak sebagai langkah kecil menuju perubahan positif bagi lingkungan kita.

BACA JUGA: Cara Cek Tagihan Listrik Lewat HP dari Mana Saja

Latest article