Don't be Captious

Mengapa kita wajib mencuci alpukat sebelum dikonsumsi?

Sobat JBers, selama bertahun-tahun, alpukat telah menjadi makanan pokok sarapan di pagi hari anak-anak generasi masa kini. Aplukat sangat diminati karena teksturnya yang lembut juga kaya akan nutrisi. 

Tapi, tahukah kamu informasi yang sangat penting mengenai buah ini? Menurut content creator Bobby Parrish, kita harus mencuci alpukat secara menyeluruh sebelum memotong atau mengupasnya. Dalam postingan Instagramnya, ia menjelaskan bahwa kulit alpukat mengandung bakteri berbahaya seperti salmonella dan listeria yang dapat berpindah dari kulitnya ke pisau dan ke buahnya, jika tidak dicuci dengan benar.

https://www.instagram.com/reel/C5EFf9dLymW/?utm_source=ig_web_copy_link

Ipsita Chakraborty, ahli gizi senior di Hungry Koala, Bengaluru sependapat dengan Parrish. “Melewatkan pencucian alpukat dapat membuat kita terkena bakteri yang tidak diinginkan seperti salmonella dan listeria.” 

Ia melanjutkan, “Hal ini dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan dengan gejala seperti mual, muntah, diare, dan demam. Meskipun orang dewasa yang sehat dapat melawan penyakit ini, wanita hamil, anak kecil, dan orang dengan sistem kekebalan yang lemah berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi parah.”

Beberapa perkebunan alpukat menggunakan pestisida, ungkapnya, seraya menambahkan bahwa meskipun peraturan bertujuan untuk meminimalkan residu, pencucian secara bersih dapat membantu menghilangkan sisa-sisa pestisida yang tertinggal, sehingga meningkatkan keamanan sebelum dikonsumsi.

BACA JUGA: 5 Buah Ajaib Berkhasiat yang Cuma Ada di Papua

Cara aman konsumsi alpukat

Mengikuti panduan di bawah ini akan membantu kita mendapatkan hasil maksimal dari makan alpukat:

  • Cuci sebelum dipotong: Selalu cuci alpukat sebelum dipotong, terlepas dari apakah kita berencana memakan kulitnya. Hal ini mencegah bakteri berpindah dari kulit ke daging selama proses pemotongan
  • Hindari sabun: Gunakan air dingin yang mengalir. Hindari penggunaan sabun atau deterjen keras karena dapat merusak alpukat dan meninggalkan rasa sabun.
  • Keringkan secara menyeluruh: Setelah dicuci, tepuk-tepuk alpukat hingga kering dengan handuk kertas bersih . Hal ini membantu mencegah penyebaran bakteri yang mungkin tertinggal di permukaan lembab.

Latest article