Studi: Gaya Berjalan Mencirikan Suasana Hati Seseorang

Jika ingin mencari tahu suasana hati seseorang sedang gembira, sedih, marah, atau bingung bisa lho dilihat dari cara berjalannya. Misalnya saja jika ada seseorang yang cara berjalannya perlahan dan sedang lunglai, kemungkinan orang tersebut sedang sedih atau merasa kesulitan.

Penelitian terhadap cara berjalan seseorang ini telah dilakukan oleh Queenâ??s University, Kanada. Penelitian yang juga dipublikasikan dalam Journal of Behavior Therapy and Eexperimental Psychiatry menunjukkan bahwa cara berjalan yang berubah merupakan indikator dari gambaran suasana hati seseorang. Bisa juga mengubah suasana hati yang tidak baik menjadi lebih baik.

Dalam penelitian tersebut melibatkan sebanyak 39 mahasiswa untuk meniru gaya berjalan orang bahagia dan orang yang sedang depresi.

Responden diminta berjalan di atas treadmil, sambil berjalan para peserta diperlihatkan kata-kata negatif dan positif. Para peneliti pun mengukur postur dan kecepatan berjalan. Namun, tanpa sepengetahun peserta dengan memberikan tekanan lewat permintaan untuk berpindah-pindah lintas jalan di treadmil, peserta juga diminta untuk mengingat daftar tulisan sebanyak-banyaknya dari daftar kalimat positif. Pada akhirnya peserta menjadi stres dan lebih banyak mengingat kalimat negatif.

Seseorang bisa diketahui sedang tertekan jika gaya berjalannya dengan lengan dan bahu yang condong ke depan. Hal itu menunjukkan orang tersebut sedang sedih atau tidak gembira. Sedangkan orang yang bahagia adalah orang-orang yang sedang berjalan dengan bahu sejajar dan tegak.

 

Written by Ardy Messi

Work in PR agency, Strategic Planner wannabe, a bikers, a cyclist, music and movie freak, Barca fans.