Ini 5 Jurusan Kuliah Tersulit di Indonesia


Untuk diperbolehkan kuliah di perguruan tinggi di Indonesia, seseorang membutuhkan waktu sekitar 9 tahun setelah sebelumnya lulus pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Jurusan kuliah memang kebanyakan sulit untuk dijalani, namun ada 5 jurusan yang sudah dipastikan membutuhkan kerja keras, tekad, dan dedikasi untuk melewatinya. Berikut kelima jurusannya seperti dilansir dari Listabuzzcom, Jumat (26/12/2014).

1. Jurusan Kedokteran dan Bedah

Jurusan kedokteran dan bedah
Jurusan kedokteran dan bedah

Mengorbankan kehidupan sosialmu adalah satu hal yang mesti kamu lakukan saat kamu mengambil jurusan ini. Untuk lulus dengan nilai yang baik, kamu mesti memfokuskan perhatianmu sepenuhnya pada kuliahmu. Bayangkan, kuliah selama delapan jam sehari dengan mata kuliah yang membuat kepalamu pusing. Patologi, anatomi, dan mata kuliah-mata kuliah lain yang mesti kamu ambil agar kamu bisa lulus. Selain itu, dibutuhkan 5-6 tahun untuk menyelesaikan kuliah di jurusan ini.

2. Jurusan Matematika dan Statistika

Jurusan matematika dan statistika
Jurusan matematika dan statistika

Sebagaimana namanya, matematika telah melekat dengan kesan sulit. Memahami matematika membutuhkan kerja keras dan dedikasi. Dengan demikian, kamu harus menghabiskan waktu dan usaha untuk memahami bahasa matematika yang dipenuhi rumus, teori, angka. Kalau kamu tidak menyukai matematika, siap-siap saja merasakan frustasi.

3. Jurusan Arsitektur

Jurusan arsitektur
Jurusan arsitektur

Arsitektur tak hanya menuntutmu untuk bisa menggambar dan mendesain namun juga memecahkan masalah struktural. Kamu harus akrab dengan matematika, ilmu pengetahuan alam, dan seni jika ingin mengambil jurusan ini. Selain itu kamu juga harus menyiapkan satu ruangan khusus yang bisa kamu gunakan untuk mengerjakan tugas-tugas kamu.

4. Jurusan Farmasi

Jurusan farmasi
Jurusan farmasi

Jurusan ini adalah salah satu jurusan yang paling banyak diincar oleh banyak orang di Indonesia. Kamu harus mempunyai nilai yang tinggi agar dapat diterima belajar farmasi di universitas manapun di Indonesia. Kamu pun harus mempunyai pengetahuan yang baik di jurusan Biologi dan Kimia. Kamu mesti mengorbankan waktu akhir pekanmu untuk menyelesaikan laporan praktikum yang bertumpuk.

5. Jurusan Ilmu Ekonomi

Jurusan ekonomi
Jurusan ekonomi

Dengan semakin majunya zaman, ekonomi menjadi jurusan yang prestisius dan menjanjikan. Meski terdengar remeh, ekonomi sebenarnya cukup sulit. Apalagi memahami perilaku manusia dalam prinsip ekonomi. Kamu mesti memahami banyak hal untuk lulus di jurusan ini. Kalau kamu benar-benar ingin mengambil jurusan ini, pastikan kamu siap untuk terampil secara verbal, konsisten, dan berkemauan keras. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak