Ternyata Ada yang Lebih Miring dari Menara Pisa


Mungkin kamu pernah melihat Menara Pisa di Italia yang terkenal dengan kemiringannya. Bagi kamu yang beranggapan kalau menara tersebut adalah menara paling miring, maka kamu salah, karena kenyataannya ada menara yang lebih miring dari Menara Pisa. Menara apakah itu?

Awal pekan lalu, perancah didirikan di sekitar Menara Huzhu di Distrik Songjiang, Shanghai, Tiongkok. Menara ini dilaporkan lebih miring daripada Menara Pisa di Italia. Menara Huzhu dilaporkan miring hingga 7,1 derajat. Ia jauh lebih miring daripada Menara Pisa Italia dan Menara Suurhusen di Jerman yang memiliki kemiringan 5,2 derajat.

Menara Huzhu merupakan pagoda Budha tujuh lantai yang letaknya dekat dengan Sheshan Hill dan Chenshan Botanical Garden. Dilansir dari Shanghai Daily, Kamis (29/1/2015), Shanghai bisa menjadi tempat yang memiliki menara miring terbanyak di dunia, tapi hanya sedikit orang yang sudah mendengar itu.

Menara ini tidak dimaksudkan untuk miring. Menurut teks kuno, seorang perwira tentara bernama Zhou Wenda membangun menara Huzhu pada tahun 1157 pada masa kekuasaan Dinasti Song Selatan (1127-1279), dan mulai miring selama bertahun-tahun karena fondasi yang dibangun di atas lumpur.

Masalah fondasi itu semakin parah ketika menara rusak parah karena api yang disebabkan oleh kembang api pada tahun 1788. Penduduk setempat mengklaim menara itu dibombardir oleh tentara Jepang selama Perang Dunia II. Pemerintah Shanghai membuat rencana untuk menstabilkan struktur dan menambahkannya sebagai bangunan peninggalan kota yang dilindungi pada tahun 1980-an.

Sejak saat itu, Menara Huzhu jadi miring 0,58 derajat lebih. Sekarang, Menara Huzhu sedang dipantau oleh Shanghai Jianwei Architecture Preservation Engineering Technology Co bersama-sama dengan Biro Peninggalan Budaya Shanghai. Kelompok ini akan membuat rencana pelestarian jangka panjang untuk struktur bangunan miring ini. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak