Daftar Tempat Wisata di Lombok yang Lagi Hits Tahun 2024

Pesona wisata di Indonesia memang tidak ada habisnya. Salah satunya tempat wisata di Lombok dengan segala keindahan alamnya yang luar biasa.

Lombok sendiri merupakan pulau yang terletak di sebelah timur Pulau Bali dan Pulau Sumbawa untuk sebelah baratnya.

Pulau Lombok ini termasuk ke dalam provinsi Nusa Tenggara Barat yang menyuguhkan destinasi wisata dengan keindahan alam tropis yang sangat memukau.

Tak heran, jika sekarang ini, Lombok menjadi salah satu primadona wisata di Indonesia. Destinasi pantai dan pegunungan di daerah ini menawarkan pemandangan yang sangat spektakuler.

Lombok terkenal dengan Gunung Rinjani yang menjadi gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia, sehingga banyak pendaki yang mendatanginya.

Namun, sebenarnya tidak hanya Gunung Rinjani saja, melainkan masih banyak tempat wisata Lombok lainnya. Maka dari itu, artikel kali ini akan memberikan rekomendasi tempat wisata di Lombok terbaru untuk Anda.

Simak informasinya di bawah ini, ya!

Rekomendasi Tempat Wisata di Lombok

1. Gili Trawangan

Pertama, tempat wisata di Lombok yang wajib Anda kunjungi adalah Gili Trawangan. Tempat ini cukup populer di kalangan wisatawan karena lokasinya dekat dengan Pulau Bali, sehingga bisa sekalian menuju wisata satu ini.

Gili Trawangan merupakan sebuah pulau yang mempunyai banyak pantai dengan keindahan bawah laut yang menakjubkan. Berbagai jenis karang, kura-kura, ikan hias, pari manta, hingga biota laut lainnya ada di sini.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas di sini, mulai dari diving dan snorkeling. Bahkan, di sini juga sudah tersedia beberapa fasilitas untuk menunjang liburan Anda, seperti berkuda di pinggir pantai.

Kemudian, Anda juga bisa berkeliling pulau menggunakan sepeda atau cimodo (sejenis delman). Untuk menyewa sepeda, Anda perlu membayar Rp 30.000 per jam serta Rp 150.000 untuk cimodo.

2. Gunung Rinjani

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jika Lombok terkenal dengan Gunung Rinjani. Gunung Rinjani termasuk gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.726 mdpl.

Gunung ini juga terkenal dengan keindahan alam yang eksotis bagi para pendakinya. Terlebih lagi, suasana Gunung Rinjani masih sangat asri serta udaranya juga sejuk dan menyegarkan.

Anda bisa melewati jalur pendakian paling populer untuk menuju puncak gunung, yakni jalur Sembalun dan Senaru. Jalur Sembalun untuk perjalanan naik, sedangkan Senaru itu untuk perjalanan turun.

Bahkan, harga tiket Gunung Rinjani sangat terjangkau dan tidak menguras kantong, yakni mulai Rp 5.000 saja per orang. Di sini, Anda dapat menikmati kawah, hutan, sungai, hingga padang savana yang sangat menakjubkan.

Tempat wisata Lombok ini juga mempunyai kegiatan “Tapak Rinjani” yang menjadi salah satu event pendakian paling populer karena melibatkan kerja sama antara pecinta alam dengan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani.

3. Danau Segara Anak

Destinasi wisata Lombok selanjutnya ada Danau Segara Anak yang mana terbentuk dari fenomena vulkanik Gunung Rinjani pada zaman dahulu.

Danau ini mempunyai kedalaman sekitar 230 meter dan berada di bagian barat Gunung Rinjani. Lebih tepatnya di kecamatan Sembalun dengan ketinggian sekitar 2.008 meter di atas permukaan laut.

Segara Anak merupakan danau yang mempunyai warna biru seperti air laut dan airnya sangatlah tenang. Bahkan, Anda juga bisa menikmati keindahan Gunung Barujari yang muncul akibat letusan Gunung Rinjani pada 1994.

Tempat wisata di Lombok selain pantai ini memiliki luas sekitar 11 kilometer persegi. Danau ini juga menjadi salah satu habitat ikan, seperti ikan mas dan mujair.

Dengan begitu, Anda juga bisa memancing ikan sembari menikmati pemandangan alam yang sangat memukau di danau ini.

4. Bukit Merese

Jika Anda bertanya apa wisata murah di Lombok, maka jawabannya adalah Bukit Merese. Sebab, harga tiket masuk Bukit Merese adalah gratis dan buka setiap hari selama 24 jam. Namun, Anda perlu membayar tarif parkir untuk keamanan kendaraan mulai Rp 5.000 saja.

Bukit Merese adalah tempat wisata perbukitan yang menawarkan pemandangan spektakuler bagi wisatawan. Bahkan, menariknya saat musim kemarau dan penghujan pun pemandangan yang diperlihatkan berbeda.

Sebab, saat musim hujan, kawasan bukit ini akan dipenuhi dengan rerumputan hijau. Sedangkan saat musim kemarau tiba, kawasan ini berwarna kecoklatan yang sangat eksotis.

Salah satu daya tarik dari Bukit Merese adalah bentang pasir putih Pantai Aan dengan gradasi warna laut biru kehijauan.

Wisatawan pun bisa melihat keindahan pantai dari atas bukit ini, baik dari sisi barat maupun timur. Sebab, tempat wisata ini dikelilingi oleh beberapa pantai sekaligus, sehingga sangat menakjubkan.

Biasanya, wisatawan akan melakukan camping di kawasan Bukit Merese untuk melihat keindahan sunset dan sunrise.

BACA JUGA: Mengintip Pesona Keindahan Danau Segara Anak di Pulau Lombok

5. Gua Bangkang

Salah satu tempat wisata di Lombok Tengah adalah Gua Bangkang yang menjadi salah satu situs geologi di NTB. Gua Bangkang juga mempunyai julukan “Cahaya Tuhan” karena cahaya matahari yang menembus kegelapan gua.

Gua ini mempunyai ruangan dengan luas mencapai 200 meter persegi dan dikelilingi tembok staklatit dan staklamit yang sangat memukau.

Ketika siang hari tiba, cahaya matahari akan menembus lubang di langit gua dan membentuk garis keindahan yang alami serta menakjubkan. Cahaya inilah yang dijuluki “Cahaya Tuhan” karena terlihat seperti sorot lampu di atas panggung.

Kehadiran cahaya di dasar ruang utama tersebut juga sering dimanfaatkan sebagai lokasi pemotretan bagi wisatawan.

Bahkan, wisatawan juga kerap mengunjungi lorong lainnya hingga ke perut harta geogoli Gua Bengkang. Menariknya, gua ini bisa menembus sampai dua kilometer dengan ujungnya berada di bibir tebing perairan Pantai Kuta Mandalika.

6. Desa Sade

Tempat wisata di Lombok selanjutnya adalah Desa Sade yang menjadi salah satu dusun tradisional dan sangat terkenal di NTB.

Desa Sade adalah salah satu desa adat Suku Sasak yang masih mempertahankan adat istiadat dalam kehidupan sehari-harinya serta memiliki daya tarik luar biasa bagi para wisatawan.

Kemudian, desa ini memiliki luas sekitar 5,5 hektar dan terdapat sekitar 150 rumah. Penduduk di sini masih satu keturunan karena melakukan perkawinan antar saudara dan masih termasuk suku Sasak Lombok.

Jika datang ke tempat ini, para wisatawan akan menyaksikan keunikan rumah tradisional dari suku Sasak yang disebut dengan “Bale”. Bahkan, wisatawan juga bisa menyaksikan tradisi unik penduduk di sini.

Sebab, penduduk Desa Sade mempunyai tradisi unik yaitu membersihkan lantai rumah menggunakan kotoran kerbau. Kotoran ini dipercaya mampu memberikan kehangatan serta mengusir nyamuk.

7. Bukit Pergasingan

Tempat wisata di Lombok selain pantai berikutnya adalah Bukit Pergasingan. Bukit ini mempunyai ketinggian sekitar 1.670 meter dan terletak di Desa Sembalun, Lombok Timur.

Bukit Pergasingan ini dulunya menjadi pusat permainan gasing para penduduk dan memiliki pesona keindahan alam yang sangat memukau. Para wisatawan bisa menikmati sunrise dan sunset dengan melakukan camping di sini.

Perlu Anda ketahui, jika Bukit Pergasingan merupakan tempat wisata di Lombok Timur yang sangat terkenal dan populer di kalangan masyarakat lokal hingga internasional.

Supaya bisa menikmati pemandangan alam di sini, Anda perlu mendaki bukit dengan membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam. Sampai di puncak, dijamin Anda tidak akan kecewa dengan pemandangan yang disuguhkan.

Sebab, hamparan sawah yang terlihat mempunyai gradasi warna hijau, sangatlah menakjubkan jika dilihat dari atas bukit.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk Bukit Pergasingan Rp 15.000 per orang dan bisa menikmati keindahan alamnya.

8. Gili Meno

Rekomendasi destinasi wisata di Lombok selanjutnya adalah Gili Meno. Tempat ini merupakan kawasan wisata bahari seperti Gili Trawangan dan Gili Air.

Anda bisa mengunjungi tempat ini dengan estimasi waktu sekitar 45 menit dari Kota Mataram. Di tempat ini, terdapat taman burung yang mempunyai koleksi burung-burung langka di Indonesia, tentu sangat cantik nan indah.

Sama halnya dengan Gili Trawangan, di sini Anda bisa melakukan aktivitas seperti berjemur, berenang, menyelam dan lain sebagainya. Tentu, ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dengan laut yang sangat jernih.

Selain itu, saat datang ke Gili Meno, Anda juga bisa mengunjungi penangkaran penyu untuk melihat proses induk penyu menetaskan tukik atau anak penyu.

BACA JUGA: Menikmati Sunset Terbaik di Pantai Senggigi Lombok

9. Tanjung Ringgit

Tanjung Ringgit merupakan salah satu tempat wisata di Lombok Timur yang cukup populer. Sebab, Tanjung Ringgit adalah kawasan hutan lindung milik Kementerian Kehutanan yang berada di Desa Pemongkong, Jerowaru.

Tanjung Ringgit mempunyai pantai yang sangat cantik dengan warna pasir putih. Bahkan, tebing yang curam dan angin laut kencang membuat tempat ini semakin eksotis. Apalagi, destinasi wisata ini posisinya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Selain itu, destinasi wisata di Lombok ini juga terdapat gua yang dahulu menjadi pusat aktivitas tentara Jepang saat Perang Dunia kedua. Gua ini berfungsi sebagai tempat pengintaian dan persembunyian saat terjadinya perang.

10. Lombok Wildlife Park

Rekomendasi tempat wisata di Lombok yang terakhir adalah Lombok Wildlife Park. Tempat wisata ini merupakan cagar alam pertama di Lombok yang berlokasi di Sigar Penjalin, Lombok Utara.

Lombok Wildlife Park menjadi salah satu tempat wisata di Lombok Utara yang sangat populer. Bahkan, wisata ini juga dijadikan sebagai tempat edukasi bagi anak-anak.

Sebab, wisatawan bisa langsung berinteraksi dengan berbagai satwa dan memberi makanan. Di tempat ini, kurang lebih terdapat 50 spesies hewan dan jumlah keseluruhannya mencapai 195 hewan.

Hewan tersebut berasal dari berbagai negara, mulai dari Indonesia, Eropa, dan Afrika. Tentu, ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk mengunjunginya bersama buah hati tercinta.

Harga tiket masuk Lombok Wildlife Park adalah Rp 75.000 untuk anak-anak dan Rp 100.000 untuk wisatawan dewasa.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Lombok yang lagi hits dan wajib Anda kunjungi di akhir pekan. Jadikan beberapa rekomendasi di atas menjadi referensi bagi Anda untuk berlibur bersama keluarga maupun pasangan.

Dijamin, jika Anda datang ke Lombok, tidak akan ada habisnya untuk menikmati semua destinasi wisatanya. Sebab, semua tempat wisata yang ada di Lombok sangatlah memukau dan menakjubkan.

Jika Anda membutuhkan informasi dan referensi lain terkait tempat wisata di Indonesia, maka silakan kunjungi laman resmi kami untuk mendapatkan rekomendasi terbaiknya!

Written by Atsna Himmatul Aliyah

I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer

3 Fitur baru Google Maps yang akan membuat perjalanan kamu lebih seru

Samsung akan merombak Bixby agar bisa bersaing dengan Gemini dan ChatGPT