Mengintip Pesona Keindahan Danau Segara Anak di Pulau Lombok

Danau Segara Anak 1

Danau Segara Anak di Gunung Rinjani merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi ketika kamu memutuskan akan berlibur ke Pulau Lombok. Danau ini terletak di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nama Danau Segara Anak ini diambil dari kata ‘Segara’ dan ‘Anak’ yang artinya anak laut, karena warna biru air danau ini akan mengingatkan kita pada birunya air laut.

Akses Menuju Lokasi Danau Segara Anak

Danau Segara Anak
Pemandangan di Danau Segara Anak (Foto: Instagram samaralomboklife)

Untuk bisa menikmati pemandangan Danau Segara Anak Lombok ini, kamu harus mendaki Gunung Rinjani. Ada dua rute pendakian resmi Gunung Rinjani yang bisa kamu tempuh untuk bisa sampai kesana, yaitu jalur Senaru dan Sembalun. Jalur Sembalun banyak didominasi padang sabana, sedangkan jalur Senaru melewati hutan belantara dan rute yang berbatu. Meskipun jalur Senaru lebih curam dibandingkan jalur Sembalun, namun Senaru termasuk jalur yang paling banyak dipilih oleh pendaki.

Untuk bisa menjangkau Danau Segara Anak ini, tidak ada transportasi yang bisa digunakan melewati rute. Berjalan kaki adalah satu-satunya cara yang paling bisa mengantarkan kamu menuju Danau Segara Anak. Setelah berjalan selama sekitar 7 – 8 jam, kamu akan sampai ke Danau Segara Anak. Dijamin, kamu tidak akan kecewa ketika sudah sampai disana. Pemandangan yang akan kamu dapatkan sangat indah dan tidak akan kamu lupakan.

Sebagai pelipur penat kamu setelah mendaki, Danau Segara Anak akan menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona kepada kamu. Pasalnya, selain dikelilingi oleh pemandangan indah yang diciptakan dari dinding kaldera dari Gunung Rinjani yang elegan, ditengah-tengah danau ini dihiasi oleh pemandangan eksotis dari gunung api kecil yang dinamakan Gunung Barujani. Sehingga, tidak heran jika Danau Segara Anak ini menjadi salah satu spot favorit untuk camping.

BACA JUGA: Tips Aman Mendaki Gunung Rinjani di Lombok Bagi Pemula

Aktivitas Menyenangkan di Danau Segara Anak

1. Memancing

Jangan terlalu berlama-lama terpana oleh indahnya pemandangan danau Segara Anak ini karena kamu bisa melakukan banyak hal menarik. Di Danau Segara Anak ini, kamu juga bisa memancing ikan dengan bebas karena terdapat berbagai jenis ikan ditemukan disana. Mulai dari ikan nila, ikan mas, dan ikan mujair. Ikan-ikan tersebut memang sengaja dikembangbiakkan oleh pemerintah dan masyarakat setempat agar menambah daya tarik dari danau Segara Anak.

2. Berenang

Karena airnya yang jernih dan segar, kamu pun bisa berenang dan berendam di dalamnya. Tak hanya itu, kamu pun bisa menjumpai beberapa sumber air panas di danau ini dengan tingkat suhu yang berbeda-beda di tiap sumber. Sehingga, kamu bisa merasakan sensasi berendam di air hangat dengan dikelilingi keindahan alam Danau Segara Anak.

Mitos Pohon Tua yang Berkembang di Masyarakat tentang Danau

Ilustrasi Pohon Keramat di Danau Segara Anak
Ilustrasi Pohon Keramat di Danau Segara Anak

Yang perlu kamu ketahui, di spot perkemahan dekat danau Segara Anak ini, ada sebuah pohon yang berumur ratusan tahun dan dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Orang-orang percaya bahwa pohon tersebut mampu menjadi perantara dari doa yang kita panjatnya sehingga apa yang kita inginkan bisa terkabul.

Menurut keyakinan masyarakat, jika kamu ingin agar harapan kamu terkabul dengan perantara pohon tersebut, maka kamu harus menggantungkan sebuah batu pada salah satu cabang pohon tersebut lalu ucapkan keinginan kamu. Jika keinginan kamu tadi sudah tercapai, batu yang sebelumnya kamu gantungkan di pohon itu harus segera dilepas. Ketika kamu tidak mengembalikan batu tersebut maka keinginan kamu yang sudah terkabul akan kembali seperti semula. Penasaran kan?

Apabila kamu sedang penat dengan targetan kerja atau tengah berlibur tapi bingung memilih tempat wisata yang tepat, Danau Segara Anak Lombok ini bisa menjadi salah satu alternatif destinasi wisata bagi kamu. Persiapkan segala peralatan yang kamu butuhkan untuk mendaki dengan matang. Bila kamu senang memancing, jangan lupa untuk membawa alat pancing kamu. Selamat bersenang-senang.

BACA JUGA: Berkunjung ke Wisata Alam Taman Narmada Lombok yang Menyimpan Sejuta Keajaiban