Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Barat Paling Hits Tahun 2024

Foto: Sindonews

Indonesia memang terkenal sebagai salah satu negara yang mempunyai tempat wisata indah dan menakjubkan. Salah satu daerah yang memiliki keindahan wisata, baik alam dan buatan adalah Sumatera Barat.

Terlebih lagi, Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang berada di dataran tinggi. Tentu, ini menjadi alasan jika Sumbar mempunyai keindahan alam yang menakjubkan.

Keindahan alam itu pun dijadikan salah satu tempat wisata di Sumatera Barat. Tak heran, jika banyak para wisatawan yang rela jauh-jauh datang ke provinsi ini untuk liburan.

Maka dari itu, pada artikel ini akan dibahas lebih lengkap mengenai rekomendasi tempat wisata di Sumatera Barat yang wajib Anda kunjungi.

Yuk, simak pembahasannya di bawah ini, ya!

Rekomendasi Tempat Wisata di Sumatera Barat

Tertarik mengunjungi Sumatera Barat di waktu liburan tiba? Jika iya, sebaiknya simak terlebih dahulu rekomendasi objek wisatanya yang bisa Anda jadikan referensi sebelum berlibur.

1. Pantai Carocok Painan

Objek wisata pertama yang wajib Anda kunjungi adalah Pantai Carocok Painan. Pantai ini menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Barat yang terkenal dan populer karena mempunyai keindahan alam sangat menakjubkan.

Daya tarik utama dari pantai ini adalah snorkeling dengan menikmati pesona alam bawah laut yang menawan. Tak heran, ini menjadi pilihan utama bagi para wisatawan.

Terlebih lagi, jarak dari pusat Kota Painan hanya berkisar 10 menit saja, sehingga sangat mudah dikunjungi oleh wisatawan.

2. Danau Maninjau

Pernahkan Anda mendengar tempat wisata Danau Maninjau? Ya, ternyata danau ini berada di Sumatera Barat dan menjadi salah satu destinasi wisata populer di sana.

Sebab, Danau Maninjau adalah danau vulkanik populer yang menawarkan pemandangan indah dan mempesona.

Di sekitar danau, juga terdapat Bukit Maninjau yang sangat mempesona dan berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Tentu, Anda bisa menikmati pemandangan danau dari puncak Bukit Maninjau.

Selain itu, di Danau Maninjau ini Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas, salah satunya adalah menyewa sepeda untuk berkeliling di sekitar danau.

3. Pandai Sikek

Selanjutnya, ada Pandai Sikek yang merupakan sebuah nagari dan terkenal dengan kerajinan tenun songketnya. Di sini, Anda bisa menemukan kain berukir perak atau emas.

Selain itu, berkunjung ke Pandai Sikek juga membuat Anda bisa menemukan songket dengan motif yang bervariasi.

Bahkan, Anda juga bisa melihat proses menenun kain songket yang dilakukan oleh penduduk setempat secara manual dan telah diwariskan turun-temurun sejak zaman dahulu.

Terlebih lagi, tempat wisata di Sumbar ini mempunyai daya tarik yang menakjubkan berupa hamparan alam yang indah serta terletak di antara Gunung Singgalang dan Gunung Marapi.

4. Istano Rajo Basa Pagaruyung

Perlu Anda ketahui, jika Sumatera Barat menjadi salah satu provinsi yang mempunyai tempat wisata sejarah terkenal dan populer di Indonesia.

Salah satunya adalah Istano Rajo Basa Pagaruyung yang dahulu kala menjadi istana kerajaan Pagaruyung. Di mana, kerajaan ini berdiri pada 1347 dan menganut agama Budha. Namun, pada 1409 mengalami peralihan agama menjadi Islam.

Tidak ingin meninggalkan sejarah, masyarakat sekitar menjadikan istana kerajaan Pagaruyung ini menjadi tempat wisata di Sumatera Barat Padang.

Terlebih lagi, bangunan kerajaan ini mempunyai arsitektur khas Rumah Gadang yang sangat menarik. Dengan tiga lantai yang terdiri dari 72 tonggak dan 11 gonjong atau bagian lancip di atap, menjadi daya tarik yang sangat mempesona.

5. Kampung Eropa Harau

Jika Anda mencari tempat wisata di Sumbar yang lagi hits, maka jawabannya adalah Kampung Eropa Harau. Sebab, destinasi wisata ini akan membuat Anda merasa seperti sedang berada di Eropa.

Konsep unik yang diusung langsung menarik perhatian wisatawan dan menjadi tempat wisata populer di Sumbar. Apalagi, tempat ini dikelilingi oleh perbukitan dan tebing-tebing besar, sehingga semakin menakjubkan.

Keunikan tersebut membuat banyak turis pun datang ke Kampung Eropa Harau. Terlebih lagi, terdapat beberapa spot foto yang instagramable dengan miniatur bangunan ikonik dari seluruh dunia.

Mulai dari Menara Eiffel, Kincir Angin, dan lain sebagainya. Tentu, ini sangatlah menarik dan menakjubkan bagi para wisatawan.

6. Air Terjun Lembah Anai

Kembali ke wisata alamnya, yakni ada Air Terjun Lembah Anai yang berada di Kaki Gunung Singgalang. Tempat wisata ini sangat terkenal di Bukittinggi karena berada di sisi Jalan Raya Padang-Bukittinggi.

Siapa saja yang melintas di jalan raya tersebut, bisa melihat keindahan Air Terjun Lembah Anai yang pesona alamnya sangat mempesona.

Air terjun ini berada di ketinggian sekitar 35 meter, sehingga Anda harap berhati-hati ketika bermain air di sini karena aliran airnya juga cukup deras.

Kendati demikian, pemandangan yang menakjubkan dengan suasana yang sejuk, menjadi salah satu alasan banyaknya wisatawan datang ke sini.

7. Bukit Chinangkiek

Rekomendasi tempat wisata di Sumatera Barat selanjutnya adalah Bukit Chinangkiek yang terletak di Kabupaten Solok. Tempat ini berada di kawasan perbukitan Danau Singkarak.

Tidak hanya menawarkan pemandangan perbukitan yang mempesona, tempat wisata ini juga menyediakan berbagai aktivitas lain yang bisa Anda lakukan.

Sebab, tempat wisata ini menyediakan berbagai wahana, seperti jembatan gantung, rumah pohon, hingga flying fox.

Selain itu, jika Anda menyukai adrenalin bisa mencoba wahana paralayang dan menikmati keindahan Danau Singkarak dari ketinggian.

Bahkan, Bukit Chinangkiek juga menawarkan permainan bagi anak-anak, seperti bumper car, bianglala, motor tabang, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Pesona Desa “Sulit Air”, Sumatera Barat

8. Kota Sawahlunto

Indonesia menjadi salah satu negara yang mana banyak budaya maupun wisatanya masuk ke Situs warisan Budaya Dunia UNESCO. Salah satunya adalah Kota Sawahlunto yang juga masuk daftar nominasi Situs Warisan Budaya Dunia UNESCO.

Kota Sawahlunto telah menjadi kota wisata tua yang multi etnik di Sumbar, sehingga menjadi salah satu kota tertua di Indonesia.

Di kota ini, banyak berdiri bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda yang mana sebagian telah ditetapkan sebagai cagar budaya oleh pemerintah setempat.

Jika Anda ingin melihat bagaimana pemandangan kota tua ini, bisa langsung menuju Puncak Cemara City View. Dari sini, Anda akan melihat pemandangan indah nan menakjubkan dari Kota Sawahlunto.

9. Jam Gadang Bukittinggi

Tempat wisata di Sumatera Barat yang terkenal dan populer adalah Jam Gadang Bukittinggi. Bagaimana tidak, tempat ini mempunyai menara jam yang mana ukurannya sangat besar di empat sisinya.

Sekitar menara jam juga dibuatkan taman yang menarik, sehingga para wisatawan akan mengambil gambar dan mengabadikan momen bersama keluarga.

Menariknya, menara jam yang mempunyai diameter 80 cm ini berasal langsung dari Rotterdam, Belanda. Apalagi, jam raksasa ini bergerak dengan dukungan mesin hanya 2 unit di dunia, yakni Jam Gadang Bukittinggi dan Big Ben.

10. Danau Singkarak

Rekomendasi tempat wisata di Sumbar yang terakhir adalah Danau Singkarak. Danau Singkarak merupakan danau terluas di Sumatera Barat dengan luas 107,8 km2

Menjadi danau terluas, tentu banyak wisatawan yang datang, baik dari masyarakat sekitar maupun luar daerah.

Terlebih lagi, tempat wisata ini juga dikelilingi oleh pemandangan alam berupa perbukitan yang menakjubkan, sehingga sangat cocok untuk mengambil gambar di sini.

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai beberapa rekomendasi tempat wisata di Sumatera Barat yang perlu Anda kunjungi.

Jika datang ke Sumbar, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa tempat wisata di atas, Dijamin, Anda bakal ketagihan dan terus ingin kembali. Bahkan, tak cukup sekali dua kali untuk mengabadikan momennya.

BACA JUGA:Danau di Bukittnggi yang Bisa Jadi Padang Rumput

Atsna Himmatul Aliyah

I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer