Berkunjung ke Wisata Alam Taman Narmada Lombok yang Menyimpan Sejuta Keajaiban

Taman Narmada merupakan salah satu objek wisata menarik yang ada di Lombok. Taman ini ini dikenal memiliki keasrian serta keindahan alam serta kolam yang ada di tengah taman. Di Taman Narmada Lombok ini, kamu dapat menikmati suasana yang sejuk serta dapat merasakan ketenangan saat liburan. Pastinya sangat pas dan recomended sekali di untuk jadikan sebagai tempat liburan keluarga yang mengasikkan.

Nama Narmada diabadikan dalam sebuah kecamatan yang ada di Desa Lembuak, Kabupaten Lombok Tengah. Jika dilihat dari tampilannya, taman ini mirip dengan taman wisata yang ada di daerah Karangasem, Bali.

BACA JUGA: Air Terjun Benang Kelambu Lombok, Udaranya Segar dan Bikin Kamu Serasa di Dunia Dongeng

Nilai Sejarah Di Balik Keindahan Taman Narmada 

Taman Narmada memiliki luas sekitar 2 hektar yang dibangun oleh Raja Mataram Lombok pada tahun 1727. Taman ini digunakan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja dan sebagai tempat penyelenggaraan upacara pekalem. Upacara Pakelem dilakukan setiap lima tahun bulan Caka (periode Oktober sampai November).  Ritual pekalem sampai saat ini masih dilakukan sebagai penghormatan kepada dewa – dewa penjaga Gunung Rinjani yang ada di Bali. Nama Narmada diambil dari nama anak sungai gangga di India yang airnya dipercaya mengandung unsur suci yang dapat memberikan kehidupan bagi semua makhluk hidup.

Air Ajaib Di Taman Narmada 

Pemandangan di Taman Narmada Lombok (Foto: Instagram @lingkar_lombok / @lombokfriendly)

Kolam yang ada di Taman Narmada Lombok menjadi pusat perhatian bagi para wisatawan yang berkunjung ke taman ini. Kolam tersebut digunakan sebagai tempat – tempat pemandian bagi para Raja Kerajaan Mataram. Selain itu, Air kolam yang berasal dari Gunung Rinjani yang terletak di Pulau Dewata Bali ini dipercaya dapat membuat orang awet muda. Kamu dapat mencobanya dengan membasuh wajah atau dengan meminum air kolam.

Nuansa Eksotis Taman Narmada 

Arsitektur Taman Narmada Lombok sangat Eksotis. Taman ini tertata rapih sehingga menyerupai sebuah gunung. Di Bagian bawah taman terdapat tiga kolam dengan sumber mata air langsung dari gunung rinjani. Kejernihan air Gunung Rinjani itu membuat kolam taman narmada tampak seperti danau. Ketenangan dan kesejukan sangat terasa ketika kamu berlibur ke taman ini

Makna di Setiap Susunan Taman Narmada 

Taman Narmada dianggap sebagai salah satu tempat suci bagi kalangan masyarakat Hindu. Karena dalam taman ini terdapat beberapa pura yang sering digunakan sebagai tempat upacara. Di sebelah tenggara taman, kamu akan menemukan Balai Terang di halaman pasarean. Balai Terang merupakan sebuah bangunan yang digunakan oleh para Raja Mataram terdahulu yang terbuat dari kayu dan berbentuk seperti panggung. Pintu dan Jendela Bangunan ini bermotif tumbuh – tumbuhan serta bulan tunggal. Di sebelah timur Taman Narmada, kamu juga bisa menikmati keindahan Pura Kelasa atau Pura Narmada. Pura ini memiliki arsitektur punden berundak yang dianggap sebagai Pura paling suci di sana. Pura Narmada terletak di atas tebing berundak – undak dengan bagian bawah yang dihiasi dengan lembah tebing yang terdapat telaga segara anak dan kolam duyung.

Akses Menuju Taman Narmada 

Cukup mudah untuk sampai ke Taman Narmada Lombok. Akses transportasi umum serta lokasi yang strategis menjadi faktor banyaknya wisatwan yang berkunjung ke taman ini. Dari bandara internasional Lombok, kamu dapat menggunakan fasilitas bus Damri untuk sampai ke lokasi. Harga tiketnya pun murah, hanya 25.000 rupiah dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan. (jow)

BACA JUGA: 5 Penginapan di Lombok dengan Arsitekturnya yang Instagramable