Gunung Telomoyo, Sensasi di Atas Awan Naik Motor

Foto: IG @sulistiyoraden14 IF: @iinlinna_melmel_

Magelang menjadi salah satu daerah yang menyimpan keindahan alam sangat memukau. Tak heran, banyak wisata alam di Magelang yang menjadi pilihan utama untuk liburan akhir pekan, salah satunya Gunung Telomoyo.

Gunung Telomoyo terletak di perbatasan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Tempat ini merupakan salah satu wisata yang menawarkan pemandangan dan pesona alam luar biasa. 

Dibandingkan dengan pegunungan lainnya, puncak Gunung Telomoyo lebih mudah diakses. Sebab, pengunjung akan merasakan sensasi di atas awan dengan naik motor maupun jeep.

Itulah alasannya kenapa Gunung Telomoyo sempat viral dan populer di kalangan masyarakat. Tak heran, banyak para pecinta alam yang ingin datang ke sini menikmati keindahannya.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengunjunginya, maka silakan untuk menyimak berbagai informasi di bawah ini!

Sekilas Informasi Wisata Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo merupakan salah satu gunung berapi yang ada di perbatasan Kabupaten Magelang dan Semarang. Meskipun termasuk gunung berapi, Gunung Telomoyo belum pernah mengalami erupsi atau meletus.

Ketinggian Gunung Telomoyo mencapai 1894 mdpl, sehingga bisa terlihat dari sejumlah kota di sekitarnya, seperti Salatiga dan Magelang.

Puncak Gunung Telomoyo juga menghadirkan pemandangan yang sangat indah karena diapit oleh beberapa gunung sekaligus. 

Sebab, kamu bisa melihat dengan jelas pemandangan Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Ungaran, dan Gunung Andong dari puncak Gunung Telomoyo.

Menariknya lagi, untuk menuju puncak gunung, kamu tidak perlu bersusah payah berjalan kaki layaknya mendaki pada umumnya.

Alasannya, sudah tersedia jalanan aspal yang bisa dilalui oleh pengunjung menggunakan motor atau jeep. Sangat menarik dan unik, bukan?

Hadirnya jalan aspal tersebut bertujuan untuk memudahkan akses menuju tower komunikasi dan spot landasan paralayang yang ada di puncak.

Tidak hanya menikmati di atas kendaraan saja, kamu bisa camping di gunung untuk mendapatkan momen terbaik, seperti sunrise maupun sunset.

Lokasi Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo terletak di Desa Pandean, Kec. Ngablak, Kab. Magelang, Jawa Tengah. Apabila ditempuh dari pusat kota Magelang, kamu membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam karena jaraknya sekitar 33 km.

Kemudian, untuk jam buka Gunung Telomoyo adalah pukul 06.00 – 17.00 WIB bagi pengunjung yang tidak berkemah. Sementara itu, pengunjung yang berkemah bisa 24 jam berada di gunung untuk menikmati pesona alam yang indah.

Supaya bisa sampai ke lokasi wisata, terdapat tiga rute yang bisa kamu lalui. Di mana, rute ini di antaranya via Dalangan, Pagergedog, dan Arsal.

Jika kamu menggunakan motor atau mobil Jeep untuk sampai ke puncak, disarankan menggunakan rute via Dalangan dan Pagergedog.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Wisata Alam di Magelang

Harga Tiket Masuk Gunung Telomoyo

Jika kamu ingin menikmati indahnya pemandangan pegunungan ini, harus mengeluarkan biaya yang tentunya tidak menguras kantong.

Berikut ini harga tiket masuk Gunung Telomoyo Magelang:

  • Tiket masuk : Rp 10.000
  • Ojek : Rp 40.000
  • Sewa motor : Rp 60.000
  • Sewa mobil jeep : Rp 300.000
  • Parkir motor : Rp 5.000
  • Parkir mobil : Rp 10.000

Daya Tarik Gunung Telomoyo

Sama halnya dengan destinasi lainnya, wisata Gunung Telomoyo juga mempunyai berbagai daya tarik yang akan membuat kamu tertarik untuk mengunjunginya.

Sebab, memang wisata pegunungan satu ini cukup populer karena keindahan alamnya. Berikut ini beberapa daya tarik Gunung Telomoyo:

1. Melakukan pendakian menggunakan motor dan mobil

Daya tarik utama dari Gunung Telomoyo yang membedakan dengan tempat wisata pegunungan lainnya adalah bisa melakukan pendakian menggunakan motor dan mobil.

Sebab, jalan menuju puncak sudah menjadi aspal yang sangat memudahkan para pengunjung untuk menuju puncak.

Tentu, ini bisa membuat kamu menikmati sensasi di atas awan menggunakan motor kesayangan. Bagaimana? Sangat menarik, bukan?

Apalagi, kamu bisa sambil menikmati pemandangan perbukitan yang sangat cantik selama perjalanan.

2. Sunrise dan sunset

Sama halnya dengan daya tarik pegunungan lainnya, Gunung Telomoyo Magelang juga menyuguhkan pemandangan sangat cantik dan menawan saat matahari terbit maupun tenggelam.

Sebab, langit sore dengan warna jingga di atas pemandangan hijau pegunungan menjadi pemandangan sangat menakjubkan.

Ditambah lagi, lampu-lampu kota yang menyala saat malam hari, membuat panorama pegunungan semakin terlihat menawan.

Tentu, kamu harus mengabadikan momen-momen berharga ini dengan mengambil gambar atau video.

3. Camping

Selanjutnya, kamu bisa juga berkemah di lokasi bersama teman. Sebab, di sini ada camping ground yang bisa kamu gunakan untuk berkemah dan melihat pemandangan yang menakjubkan.

Camping ground ini terletak di bagian puncak dan bisa menampung 7 sampai 10 tenda dengan kapasitas 4 orang.

4. Trekking

Mungkin, banyak yang bertanya, apakah di Gunung Telomoyo bisa mendaki seperti di gunung lainnya? Tentu, kamu bisa melakukannya di sini.

Sebab, tersedia jalur pendakian di kawasan Gunung Telomoyo dan sudah lengkap dengan jasa tour-nya, sehingga cocok bagi pengunjung yang ingin mendaki.

5. Awang-awang sky view

Selain beberapa daya tarik di atas, di sekitar kawasan gunung juga terdapat beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi, salah satunya adalah Awang-awang Sky View.

Di mana, tempat ini merupakan gardu pandang yang memungkinkan pengunjung untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam yang sangat cantik.

Lokasinya berada di kilometer 4 dan pada ketinggian 1561 mdpl dengan pemandangan yang sangat menawan.

Misteri Gunung Telomoyo

Selain menawarkan keindahan alam yang luar biasa, gunung ini juga menyimpan berbagai misteri atau kisah mistisnya.

Hal ini sama seperti dengan pegunungan lainnya yang juga terkenal dengan kisah mistis. Bahkan, misteri Gunung Telomoyo sudah menyebar dan dipercaya oleh sebagian besar orang.

1. Kisah makam misterius di lembah kemutih

Terdapat makam misterius yang terletak di antara 2 puncak Gunung Telomoyo. Makam ini menjadi semacam punggungan penghubung antara dua puncak gunung dengan rimbunan hutan belantara yang jarang dijamah oleh masyarakat. Punggungan ini disebut dengan Lembah Kamutih.

2. Misteri macan kumbang

Ketika kamu mendaki gunung ini melalui rute pendakian Dalangan, maka sekitar 200 meter di bawah puncak akan menemukan lintasan mendatar dengan semak belukar lebat di atas jalanan yang hampir mirip dengan terowongan.

Di tempat inilah, konon katanya ada seekor macan kumbang dengan mata menyorot seperti laksana bola api.

BACA JUGA: 8 Rekomendasi Wisata Kuliner di Yogyakarta

3. Hantu pencekik di air terjun Pos Dalangan

Layaknya kisah mistis pegunungan lainnya, Gunung Telomoyo juga mempunyai misteri berupa hantu pencekik di sekitar air terjun di sekitar Pos I pendakian via Dalangan.

Hantu di sini bukanlah seperti makhluk gaib pada umumnya. Namun, konon katanya ada seorang pendaki yang merasa seolah tercekik oleh udara hutan di pegunungan.

Nah, itulah pembahasan mengenai Gunung Telomoyo yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk mengunjunginya di akhir pekan bersama keluarga.

Tentu, wisata Gunung Telomoyo menawarkan keindahan alam yang tidak akan pernah kamu lupakan. Bagaimana? Semakin tertarik untuk mengunjunginya, bukan?

Written by Atsna Himmatul Aliyah

I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer

Pesona Destinasi Telaga Sarangan, Sejuk dan Menenangkan

Apakah kita bisa menggunakan 10% potensi otak kita?