spot_img
BerandaWisata8 Rekomendasi Wisata Kuliner di Yogyakarta

8 Rekomendasi Wisata Kuliner di Yogyakarta

Apa yang terlintas di pikiran kalian ketika berbicara mengenai Kota Yogyakarta?

kemungkinan sebagian besar dari kita akan terlintas mengenai wisata sejarahnya seperti candi Borobudur atau Prambanan dan wisata alam lainya yang indah. Namun, ada hal lain yang tidak kalah menarik untuk dibahas yaitu wisata kuliner di Yogyakarta. Ketika berada di Yogyakarta, saya berkesempatan mencoba beberapa hidangan tradisional di kota ini dari mulai gudeg, bakmi, hingga sate kambing yang lezat.

Yogyakarta memiliki banyak sekali pilihan makanan yang akan memanjakan lidah kalian ketika berkunjung ke kota ini. Jadi bagi kalian khususnya seorang food blogger atau hanya ingin mencoba pengalaman kuliner dengan cita rasa khas Yogyakarta, maka saya punya beberapa list destinasi kuliner yang bisa kamu kunjungi saat berada di Yogyakarta.

Berikut 8 destinasi kuliner yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Yogyakarta:

1. Gudeg Mbok Lindu

Gudeg Mbok Lindu
Gudeg Mbok Lindu (Foto: Google, Satu Daun)

Kurang pas rasanya jika berkunjung ke Yogya, namun tidak menyempatkan mampir untuk makan makanan khas yang paling terkenal di Yogyakarta, apalagi kalau bukan “Gudeg”. Kamu bisa menemukan banyak tempat makan gudeg di daerah Yogayakarta, namun kali ini saya akan merekomendasikan salah satu tempat gudeg yang sudah legendaris dan telah berdiri sejak jaman kolonial di daerah Yogyakarta yaitu Gudeg Mbok Lindu.

Gudeg Mbok Lindu ini terletak di jalan Sosrowijayan, tepatnya di depan Hotel Grage Ramayana. Kamu bisa mencicipi Gudeg Mbok Lini ini setiap hari pada pukul 06.00 WIB hingga 11.00 WIB, harga makanan disini berkisar dari Rp. 15.000 – 40.000. Pastikan kamu datang lebih pagi bila kamu ingin mencoba Gudeg Mbok Lindu untuk menghindari antrian panjang.

BACA JUGA: Menelusuri Sejarah di Balik Makanan Gudeg

2. Sate Klathak Pak Bari

Sate Klathak Pak Bari
Sate Klathak Pak Bari (Foto: Google, Taofiq Bima)

Bagi kamu yang pernah menonton Ada Apa Dengan Cinta 2 (AADC2), maka kamu pasti tau dengan sate ini karena Rangga dan Cinta sempat berkunjung dan mencicipi sate di tempat ini. Lokasi Sate Klathak Pak Bari berada di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No. 5. Yogyakarta. Jika kamu penyuka wisata kuliner malam hari, maka tempat ini salah satunya yang wajib kamu kunjungi.

Ciri khas dari Sate Klathak Pak Bari yaitu terletak pada tusuk satenya yang menggunakan jeruji sepeda yang terbuat dari besi. Media yang digunakan ini dipercaya dapat membuat daging kambing matang secara merata.

Selain cita rasa yang khas, sate klathak ini juga memiliki sejarah yang panjang karena sudah berdiri dari sebelum kemerdekaan dan Pak Bari merupakan generasi ketiga yang berjualan di tempat ini. Kamu bisa menikmati sate ini setiap hari mulai pukul 18.30-habis. Sate klathak Pak Bari dijual dengan harga Rp. 20.000/porsi.

BACA JUGA: Mencicipi Sate Pisang Magelang Langganan Bung Karno

3. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto
Mangut Lele Mbah Marto (Foto: https://www.instagram.com/yellilovetoeat/)

Kamu bisa menemukan Mangut Lele Mbah Marto di Jalan Sewon Indah, No. 04, Yogyakarta. Tempatnya memang sedikit susah untuk dicari karena letaknya yang tersebunyi, namun tidak perlu khawatir karena ketika kalian melihat ada keramaian disekitar alamat itu, maka kemungkinan besar disitulah Mangut Lele Mbah Marto berada.

Ciri khas dari Mangut Lele ini yaitu cara memasaknya, dalam hal ini lelenya diasap bukan digoreng yang mana tujuan dari cara tersebut untuk membuat lele lebih tahan lama dan juga dilengkapi dengan bumbu khas racikan sendiri. Bagi kamu yang suka makan ikan khususnya lele, maka tempat ini wajib kamu kunjungi. Lele Mbah Marto buka setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 16.00 WIB. Jika kamu ingin menikmati sajian di Mangut Lele Mbah Marto ini, kamu cukup membayar sekitar Rp 25.000-30.000.

4. Oseng Mercon Bu Narti

Oseng Mercon Bu Narti
Oseng Mercon Bu Narti (Foto: https://www.instagram.com/happyskuliner/)

Ayoo siapa yang suka makanan pedas ? kalau kamu suka pedes, maka tempat ini wajib kamu kunjungi. Terletak di Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 107, Oseng Mercon Bu Narti sudah berdiri sejak tahun 1997 dan buka setiap hari pada pukul 17.00 hingga 23.00 WIB. Warung ini sudah sangat terkenal, jadi buat kamu yang akan berkunjung lebih baik datang sebelum waktu operasional untuk menghindari antrian panjang.

Oseng mercon ini dibuat dari perpaduan antara kikil, kulit, gajih dan tulang daging sapi muda. Selain makan di tempat, Oseng Mercon Bu Narti juga memiliki kemasan kaleng yang bisa kamu beli langsung dan dibawa pulang untuk oleh-oleh keluarga di rumah. Oseng Mercon ini dijual dengan harga Rp. 35.000/porsi.

5. Saoto (Soto) Bathok Mbah Karto

Soto Bathok Mbah Karto
Soto Bathok Mbah Karto (Foto: https://www.instagram.com/sotobathokmbahkarto/)

Saatnya mencicipi makanan berkuah, kamu bisa coba datang langsung ke kedai Soto Bathok Mbah Karto yang letaknya di Sambirasi, Purwomartani, Sleman. Ciri khas dari soto ini yaitu cara penyajiannya yang disajikan di dalam bathok kelapa.

Untuk rasanya sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi, kuahnya sangat segar dengan isian daging sapi, tauge, bawang dan seledri serta topping tambahan lainnya. Harga satu porsi soto bathok ini sekitar Rp. 5000-15.000.

BACA JUGA: 5 Soto Khas Indonesia yang Cocok Dimakan Saat Musim Hujan

6. Bakmi Jawa Mbah Mo

Bakmi Jawa Mbah Mo
Bakmi Jawa Mbah Mo (Foto: https://www.instagram.com/jo.alanjalan/)

Bagi pecinta mie kamu wajib mencoba kuliner yang satu ini. Bakmi Jawa Mbah Mo terletak di Jl. Parangtritis, Bantul, Yogyakarta. Sebenernya tidak ada yang special dari penyajian bakmi ini, tapi kalau soal rasa hmm jangan ditanya, maknyosss !

Bakmi Jawa Mbah Mo ini juga sudah berdiri sejak puluhan tahun yang lalu hingga saat ini masih tetap berjualan menyajikan bakmi khas buatannya. Warung ini buka setiap hari pada pukul 17.00 WIB hingga 23.00 WIB. Harga satu porsi Bakmi Mbah Mo ini di hargai sekitar 25.000-30.000/porsi.

7. Rujak Ice Cream Pak Nardi

155819954 1185184155217924 6895575654296102281 n 1
Rujak Ice Cream Pak Nardi (Foto: https://www.instagram.com/pandasspoon/)

Rujak Ice Cream pak Nardi merupakan salah satu pelopor rujak es krim di daerah Yogyakarta yang telah berdiri sejak tahun 1978. Lokasi Rujak Pak Nardi terletak di Jl. Harjowinatan, Pakualaman, Yogyakarta dekat dengan Puro Pakualaman. Kamu bisa datang ke lokasi mulai pukul 09.00 s/d 16.00.

Rujak Ice Cream ini terdiri dari rujak serut ditambah dengan es puter, saya tidak bisa menjelaskan betapa enak dan segernya makan ice cream ini di siang hari, yang pasti kalian wajib coba rujak ice cream pak Nardi ini saat berkunjung ke Yogyakarta dan rasakan sendiri sensasi kesegaran ice cream rujaknya. Kamu bisa menikmati rujak dan es krim ini hanya dengan Rp. 8000/porsi.

8. Warung Gemah Ripah 78

Warung Gemah Ripah 78
Warung Gemah Ripah 78 (Foto: Google, Warung Gemah Ripah 78)

Jika kamu ingin makan dengan suasana resto rumahan yang cantik dan adem, Warung Gemah Ripah 78 bisa jadi pilihan destinasi kuliner kamu selanjutnya. Warung ini terletak di jalan Anggrek Jati Sambilegi baru, No. 107, buka dari pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB. Banyak menu makanan khas Yogyakarta yang disajikan di warung ini dengan harga yang terjangkau.

Kesimpulan

Melalui tulisan ini, saya harap kamu bisa memiliki bayangan terkait kekayaan kuliner yang ada Yogyakarta dan terinspirasi untuk mencoba makanan-makanan tradisional ketika datang ke kota ini. Rekomendasi destinasi wisata kuliner yang saya berikan ini masih sebagian kecil dari banyaknya tempat kuliner yang ada di Kota ini.

Yogyakarta merupakan surga tidak hanya bagi kamu yang ingin belajar sejarah, tetapi juga surganya bagi para foodie dengan berbagai macam hidangan khas yang dapat memanjakan lidahmu. Jadi, buat kamu jangan ragu lagi untuk memulai petualangan kuliner kamu di Yogyakarta dan temukan rasa autentik khas dari kota ini. Selamat menikmati!

BACA JUGA: 10 Tempat Wisata Seru yang Bisa Kamu Kunjungi di Yogyakarta

spot_img
Trending
close