Don't be Captious

spot_img

10 Tempat Wisata Seru yang Bisa Kamu Kunjungi di Yogyakarta

Dimas Drajat
Dimas Drajat
Anak UI yang lagi membangun personal branding

Di antara banyak kota yang sudah saya kunjungi di Indonesia, Yogyakarta menjadi salah satu kota yang menarik untuk diulas. Yogyakarta merupakan Kota yang kaya akan budaya yang terletak di Pulau Jawa.

Yogyakarta memiliki banyak situs bersejarah dan budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Yogyakarta sangat cocok bagi kamu yang mau mencari petualangan sambil belajar sejarah, karena selain banyak situs bersejarah, di Yogyakarta juga terdapat destinasi wisata alam yang menakjubkan, seperti gunung merapi, pantai, dan goa.

Dalam artikel ini saya akan berbagi 10 tempat wisata seru yang bisa kamu kunjungi saat berada di Yogyakarta. Yuk, Mari kita mulai!

1. Candi Borobudur

Candi Borobudur (Foto: https://www.instagram.com/davesgaze/)

Candi Borobudur merupakan salah satu situs Buddha terbesar di dunia yang terletak di Magelang, Jawa Tengah, sekitar 40 km dari pusat kota. Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh dinasti Sailendra dan merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO yang paling terkenal di Indonesia.

Candi Borobudur memiliki 504 arca Buddha dan lebih dari 2.500 panel relief yang menggambarkan ajaran Buddha. Selain bisa menikmati keindahan arsitektur dan sejarah candi, kamu juga bisa menikmati pemandangan pegunungan di atas candi yang pastinya akan menjadi pengalamanan yang tidak terlupakan.

Untuk dapat masuk Candi Borobudur, kamu akan dikenakan biaya sebesar 25.000 (wisatawan lokal usia 3-10 tahun) dan 50.000 (wisatawan lokal dewasa). Tiket masuk bisa di reservasi secara online di ticket.borobudurpark.com.

BACA JUGA: Selain Borobudur-Prambanan, Berikut 5 Candi Historis yang Patut Kamu Kunjungi Seumur Hidup

2. Candi Prambanan

Candi Prambanan (Foto: https://www.instagram.com/adityakurniawanpp/)

Tidak kalah indah dari Candi Borobudur, Yogyakarta juga memiliki Candi Prambanan yang juga harus masuk dalam daftar tempat wisata yang kamu kunjungi. Candi ini merupakan salah satu kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia dan juga merupakan situs warisan dunia UNESCO.

Di Candi Prambanan kamu bisa menikmati keindahan arsitektur candi yang indah, menikmati pertunjukan tari Kecak di malam hari, dan menikmati pemandangan indah dari candi ini. Biaya masuk candi Prambanan sekitar 25.000-85.000 dan bisa dipesan melalui traveloka.

3. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis (Foto: https://www.instagram.com/steffioctaviana/)

Pantai Parangtritis merupakan salah satu pantai terkenal di Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi. Terletak sekitar 27 km dari pusat kota, pantai ini menawarkan keindahan panorama laut, pasir putih, dan ombak yang tinggi. Tapi ingat untuk kalian yang suka berenang, pantai Parangtritis bukan tempat yang tepat. Ombak yang tinggi sangat tidak dianjurkan untuk berenang di pantai ini. Kamu cukup menikmatinya dengan melihat panorama laut dan sunset yang indah di pantai parangtritis ini.

4. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta (Foto: https://www.instagram.com/mca.diary/)

Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi dari Sultan Yogyakarta dan merupakan salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di kota ini. Kamu bisa menikmati keindahan arsitektur Jawa yang klasik dan belajar lebih dalam tentang sejarah dan budaya kota Yogyakarta.

5. Taman Sari

Taman Sari Yogyakarta (Foto: https://www.instagram.com/cansu.c.mika/)

Taman Sari merupakan taman yang dibangun oleh Sultan Yogyakarta pada abad ke-18 dan berada sebuah kompleks keraton yang dulunya digunakan sebagai tempat mandi para istri Sultan. Sekarang, Taman Sari menjadi tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Yogyakarta. Kamu bisa menikmati keindahan arsitektur Eropa dengan perpaduan khas Jawa.

6. Malioboro

Malioboro (Foto: https://www.instagram.com/storyoflense/)

Jalan Malioboro adalah jalan utama di kota Yogyakarta yang terkenal dengan suasana malamnya yang ramai dan beragam toko-toko yang menjual barang-barang khas Yogyakarta.

Kamu bisa menikmati suasana malam yang unik sambil duduk lesehan dipinggir jalan menikmati santapan ankringan sambil ditemani oleh lantunan musik yang dimainkan oleh musisi asli Yogyakarta.

Selain menikmati malam yang ramai, di sekitar jalan Malioboro juga terdapat banyak tempat penginapan dengan harga bervariasi yang bisa kamu tempati selama berada di Yogyakarta.

7. Gunung Merapi

Gunung merapi (Foto: https://www.instagram.com/lavatourmerapiofficial/)

Gunung Merapi merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif dan berbahaya di dunia, yang telah meletus berkali-kali dalam satu abad terakhir.

Nama “Merapi” berarti “Gunung Api” dalam bahasa Jawa, dan terletak sekitar 28 kilometer sebelah utara kota Yogyakarta. Gunung ini merupakan bagian dari cincin api dan terletak di perbatasan antara Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Gunung Merapi juga merupakan tujuan wisata yang populer, menarik para pendaki dan pencari petualangan dari seluruh dunia. Pengunjung dapat menjelajahi daerah sekitarnya dan mengikuti tur berpemandu untuk mempelajari sejarah dan geologi gunung berapi ini.

8. Goa Jomblang

Goa Jomblang (Foto: https://www.instagram.com/ingo.piepers/)

Gua Jomblang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, sekitar 50 km dari Kota Yogyakarta, Goa Jomblang menawarkan petualangan yang seru bagi para pengunjungnya. Goa Jomblang memiliki kedalaman sekitar 60 meter dengan diameter sekitar 50 meter.

Saat masuk ke dalam gua, pengunjung akan menuruni tebing yang curam dengan menggunakan tali yang disediakan oleh pemandu.

Meskipun menuruni tebing bisa menakutkan, pengunjung akan merasa terbayar dengan keindahan gua yang tersembunyi di dalamnya. So, buat kamu yang suka wisata ekstrim, destinasi satu ini patut untuk kamu kunjungi.

BACA JUGA: Menikmati Pancaran Cahaya Surga di Goa Jomblang Yogya

9. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan (Foto: https://www.instagram.com/danigaesae/)

Hutan Pinus Mangunan adalah sebuah hutan pinus yang terletak di Kabupaten bantul, sekitar 25 km dari Kota Yogyakarta. Di dalam hutan pinus ini, terdapat beberapa spot foto yang menarik, seperti Bukit Jurang Tembelan dan Bukit Indriyanti. Selain itu, di hutan pinus ini terdapat tempat berkemah yang sangat seru untuk kamu yang suka dengan kegiatan outdoor.

10. Pasar Bringharjo

Pasar Bringharjo (Foto: https://www.instagram.com/photoexplorerid/)

Pasar Bringharjo adalah salah satu pasar tradisional yang letaknya berada di pusat kota Yogyakarta, tepatnya di jalan Malioboro. So, buat kalian yang mengunjungi Malioboro jangan lupa untuk mampir ke pasar Bringharjo.

Banyak banget barang barang dagangan yang bisa kamu temui di pasar ini seperti kain batik, baju, perhiasan, souvernir, hingga makanan khas Yogyakarta seperti bakpia dan gudeg. Jadi sembari shopping, kamu juga bisa kulineran di pasar bringharjo.

Seperti pasar pada umumnya, kamu bisa menawar harga dengan pedagang disini dan tentunya juga bisa menikmati suasana pasar tradisional yang khas.

Kesimpulan

Saya merasa beruntung telah memiliki kesempatan untuk mengunjungi Yogyakarta dan mengeksplorasi berbagai destinasi wisata yang di sana. Ada begitu banyak hal yang saya pelajari saat kunjungan di yogyakarta, mulai dari sejarah dan budaya yang sangat kaya hingga keindahan alamnya yang menakjubkan.

Setelah berkesempatan berkunjung dan mengeksplorasi destinasi wisata yang ada di Yogyakarta, saya merasa bahwa Yogyakarta adalah salah satu kota yang paling unik dan menarik di Indonesia. Ada begitu banyak hal yang dapat dilihat dan dinikmati di sini, dari wisata sejarah seperti Candi Borobudur, wisata alam seperti Gunung Merapi hingga wisata belanja di pasar Bringharjo. Selain itu, kehangatan dan keramahan orang-orang Yogyakarta membuat saya merasa seperti di rumah sendiri. Saya dapat berinteraksi dengan masyarakat setempat, belajar tentang budaya mereka, dan mencoba kuliner khasnya yang lezat.

Saya pastikan kamu tidak akan menyesal untuk mencoba berlibur sejenak ke Yogyakarta dan mencoba semua destinasi wisata yang sudah saya rekomendasikan. Kamu pasti akan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan dalam petualanganmu di Kota ini. Siap-siap untuk jatuh cinta dengan kota ini. Jangan lupa juga untuk mencicipi kuliner khas Yogyakarta dan membeli oleh-oleh khas Yogyakarta untuk keluarga di rumah. Tunggu apa lagi? Ayo berlibur ke Yogyakarta! 

BACA JUGA: 9 Lokasi Wisata di Jogja Yang Lokasinya Dekat Dengan Pusat Kota

Latest article