Cara Menjadi CapCut Creator Terbaru Tahun 2024

Perkembangan dunia digitalisasi semakin pesat yang memudahkan segala aktivitas masyarakat. Bahkan, saat ini menjadi seorang Content Creator merupakan salah satu peluang karir yang cukup bagus dan menjanjikan. Hanya bermodalkan smartphone saja, kamu bisa mendapatkan penghasilan puluhan juta setiap bulannya, salah satunya menjadi CapCut Creator.

Aplikasi CapCut sudah tidak asing lagi di telinga kita karena memang menjadi salah satu aplikasi edit video sangat populer saat ini. Pasalnya, aplikasi ini mampu memberikan kesempatan emas bagi tiap individu untuk mengekspresikan kreativitas mereka.

Tidak hanya sebatas untuk menyalurkan hobi mengedit video saja, melainkan juga menjadi sumber pendapatan bagi pengguna. Hal inilah yang membuat aplikasi CapCut menjadi sangat populer dan didownload miliaran pengguna di Play Store. Namun, ternyata belum banyak yang tahu bagaimana cara menjadi CapCut Creator untuk tahun 2024 ini.

Maka dari itu, artikel kali ini akan memberikan kesempatan untuk kamu yang ingin menjadi CapCut Creator melalui panduan di bawah. Yuk, Simak pembahasannya sampai selesai, ya!

Apa Itu CapCut?

Singkatnya, CapCut adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengedit video. Aplikasi ini diciptakan oleh Bytedance Pte. Ltd dan bisa digunakan oleh semua orang karena gratis diunduh di Google Play Store dan Apple App Store.

Menjadi aplikasi edit video, pihak produsen telah menyediakan berbagai fitur di dalamnya untuk mendukung editing pengguna. Mulai dari filter, perpustakaan musik, template, pemotong video, dan lain sebagainya. Beberapa fitur yang tersedia gratis digunakan oleh pengguna. Namun, terdapat pula fitur premium yang mengharuskan pengguna untuk membayar biaya langganan atau upgrade aplikasi.

Hal yang menarik dari aplikasi CapCut adalah template yang disediakan. Di mana, aplikasi ini menawarkan berbagai template yang mudah digunakan oleh pengguna, terutama mereka yang tidak begitu mahir dalam mengedit video.

Melalui template yang tersedia, pengguna hanya perlu memasukkan foto atau video. Dengan begitu, secara otomatis hasil akhirnya akan menyesuaikan template yang sudah dipilih, sehingga mereka tidak perlu lagi untuk mengedit video secara manual. Hasilnya pun terlihat seperti profesional, sehingga banyak yang menyukai ketika di upload di media sosial.

BACA JUGA: 6 Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Snack Video

Cara Menjadi CapCut Creator Melalui Agency

Cara menjadi CapCut Creator yang pertama adalah melalui agensi. Hal ini dilakukan apabila kamu ingin menjadi creator resmi di CapCut, sehingga harus melakukan pendaftaran melalui agensi. Biasanya, di dalam menu template nantinya akan ditemukan iklan resmi dari CapCut yang menawarkan untuk menjadi bintang agensi.

Jika kamu sudah menemukannya, silakan untuk klik iklan tersebut. Kemudian, aplikasi akan membawa pengguna untuk masuk ke laman khusus agensi dari CapCut. Di dalam laman khusus tersebut, kamu akan menemukan banyak agensi yang menawarkan pekerjaan menjadi CapCut Creator. Kamu bisa memilih salah satu agensi untuk masuk ke grup Telegramnya.

Berikut cara menjadi CapCut Creator melalui agensi:

  • Buka aplikasi CapCut
  • Pilih opsi “template” pada aplikasi
  • Klik iklan “Menjadi bintang agency” 
  • Lihat dan periksa beberapa agensi
  • Pilih salah satu agensi > dilanjutkan untuk masuk grup telegram
  • Klik “Join Group” 
  • Silakan untuk membuka pesan yang disematkan di dalam grup agensi
  • Cari dan klik “link pendaftaran Creator CapCut”
  • Isi dengan benar seluruh informasi dalam formulir pendaftaran
  • Jika sudah selesai, klik kirim.

Tahap selanjutnya, kamu akan dihubungi oleh pihak agensi CapCut jika mereka tertarik denganmu. Di tahap ini, pihak agensi akan memberikan informasi perihal proses pendaftaran lebih lanjut. Maka dari itu, silakan untuk mengikuti proses pendaftaran hingga selesai menjadi CapCut Creator.

Cara Menjadi CapCut Creator Tanpa Agency

Apakah kita bisa menjadi CapCut Creator tanpa melalui agensi? Jawabannya adalah bisa, tetapi diperlukan beberapa langkah yang harus diikuti dengan teliti. Akan tetapi, untuk menjadi creator resmi dan diakui oleh pihak aplikasi harus mendaftar agensi CapCut.

Berikut cara menjadi CapCut Creator tanpa agensi:

  • Buka aplikasi CapCut
  • Pilih menu “Pengaturan”
  • Klik opsi “Mendaftar sebagai creator mandiri” atau sejenisnya
  • Isi formulir pendaftaran dengan lengkap
  • Lampirkan portofolio editing video terbaik kamu
  • Jika sudah mengisi semua informasi, kirim formulir pendaftaran
  • Tunggu konfirmasi lebih lanjut dari pihak aplikasi. Apabila diterima, kamu akan menjadi Creator Capcut independen.

Jika dilihat dari formulir yang harus diisi, kamu harus menyertakan portofolio editing video. Hal ini dilakukan supaya pihak aplikasi bisa melihat kemampuan kamu dalam melakukan editing video. Maka dari itu, salah satu caranya adalah menjadi seorang pekerja lepas atau freelance. Artinya, kamu akan membuat konten-konten yang menarik melalui aplikasi CapCut yang disesuaikan dengan pesanan dan brief klien.

Melalui konten video yang kamu hasilkan menggunakan aplikasi CapCut, bisa dijadikan sebagai portofolio untuk mendaftar Creator CapCut tanpa agensi. Apalagi, jika hasil karya kamu bagus, maka sangat mendukung dan mempermudah kamu diterima menjadi CapCut Creator independen.

Nah, itulah beberapa cara menjadi CapCut Creator yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa bergabung dengan bermodalkan smartphone saja dan mendapatkan penghasilan tambahan. Pasalnya, menjadi creator resmi di CapCut akan memberikan pendapatan cukup besar hingga $2.000 per minggu. Bagaimana, sangat menarik, bukan? Sudah saatnya, kamu bergabung menjadi CapCut Creator sekarang!

BACA JUGA: 10 Aplikasi Edit Video di PC 2023

Written by Atsna Himmatul Aliyah

I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer