Don't be Captious

Rekomendasi Tempat Wisata di NTT, Surga Tersembunyinya Indonesia

Atsna Himmatul Aliyah
Atsna Himmatul Aliyah
I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer

Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai beragam tempat wisata yang sangat menakjubkan. Salah satunya adalah tempat wisata di NTT atau Nusa Tenggara Timur.

Sebab, tempat wisata di NTT dikenal dengan surga tersembunyinya Indonesia. Istilah ini tidak lepas dari indahnya destinasi di Nusa Tenggara Timur.

Apalagi, daerah ini menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai 3 pulau utama dengan keindahan alamnya, yakni Flores, Sumba, dan Timor Barat.

Menariknya lagi, provinsi ini juga memiliki kurang lebih 550 pulau lainnya, seperti Sabu, Rote, Solor, Palue, Lembata, dan lainnya.

Semua pulau yang ada di Nusa Tenggara Timur mempunyai banyak sekali tempat wisata yang sangat menakjubkan. Tak heran, daerah ini menjadi salah satu tujuan destinasi wisata masyarakat, baik dari lokal maupun internasional.

Bahkan, NTT juga disebut sebagai wilayah dengan kepulauan yang sangat indah. Hal inilah yang membuat banyak tempat wisata di NTT yang begitu eksotis, unik, dan pesonanya luar biasa.

Penasaran? Berikut ini kami berikan beberapa rekomendasi tempat wisata di NTT paling populer dan wajib dikunjungi!

Rekomendasi Tempat Wisata di NTT

1. Pulau Komodo

https://www.instagram.com/p/Cmv15bwBHKk/?igsh=MmJtbGY0c2NtZjNr

Pertama, tentu tempat wisata ini sudah tidak asing lagi di telinga Anda atau mungkin sudah pernah mengunjunginya. Ya, ini adalah Pulau Komodo yang terletak di bagian paling barat NTT serta berbatasan langsung dengan NTB.

Dinamakan sebagai Pulau Komodo karena tempat ini terdapat hewan prasejarah yang masih hidup hingga saat ini, yakni komodo. 

Tempat wisata di NTT ini sudah terkenal di seluruh dunia sejak tahun 1910-an. Di mana, ketika tentara Belkamu mendapatkan laporan bahwa ada monster besar mirip kadal di pulau ini.

Selain itu, keindahan Pulau Komodo juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sebab, selain hewan komodo, tempat ini juga terdapat keanekaragaman hayati di darat maupun laut.

Bahkan, terdapat lebih dari 1000 jenis ikan, ratusan terumbu karang, 19 jenis ikan paus, lumba-lumba, hingga tumbuhan laut lainnya.

Keindahan dan keunikan tersebutlah yang membuat Taman Nasional Komodo ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia dan UNESCO menjadi tempat konservasi khusus untuk pelestarian komodo.

Harga tiket masuk Taman Nasional Komodo adalah Rp 300.000 untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Rp 600.000 untuk Warga Negara Asing (WNA).

2. Labuan Bajo

https://www.instagram.com/p/BDYDf0XmjLf/?igsh=cHh3Z242bGx3ODU=

Tidak kalah terkenal dan populer dari tempat wisata sebelumnya, Labuan Bajo juga menjadi destinasi pilihan bagi masyarakat karena menyuguhkan keindahan yang luar biasa.

Bahkan, Labuan Bajo menjadi pintu masuk utama ketika Anda ingin berwisata ke Flores maupun Taman Nasional Komodo. Sebab, tempat ini terdapat bandar udara, dermaga, dan pelabuhan untuk menuju tempat wisata lainnya.

Keindahan dan keunikan tempat wisata ini membuat masyarakat tertarik untuk mengunjunginya. Beberapa tempat yang direkomendasikan di Labuan Bajo adalah goa eksotis bernama Batu Cermin, Air Terjun, Bukit Cinta, dan lainnya.

Kemudian, salah satu daya tarik di Labuan Bajo adalah menyelam. Wisatawan bisa melakukan penyelaman melalui Manta Point dan mereka juga bisa menyaksikan ikan pari serta biota laut lainnya.

3. Danau Kelimutu

https://www.instagram.com/p/BrAKvP4FtFW/?igsh=MWM0aHpsNHV3Z3E2Nw==

Selanjutnya, ada Danau Kelimutu yang terletak di dekat Gunung Kelimutu atau Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Tempat wisata di NTT ini terkenal karena air danau terbagi menjadi tiga warna.

Bahkan, tempat wisata ini juga dikenal dengan sebutan nama Danau Tiga Warna Kelimutu. Keindahan alam yang sangat menakjubkan, membuat destinasi ini tidak luput dari wisatawan lokal maupun internasional.

Selain itu, danau tiga warna ini juga sudah terkenal sejak zaman kolonial serta banyak pejabat tinggi Kerajaan Belkamu yang mendatangi tempat ini.

Menariknya, keindahan destinasi yang mempesona ini, membuat Pemerintah Indonesia mengabadikan Danau Kelimutu sebagai hiasan pada uang kertas di Indonesia.

4. Pulau Kanawa

https://www.instagram.com/p/C4xjoxZrUMH/?igsh=cnUzdWwzNzE2YTgy

Tempat wisata di NTT yang juga cukup eksotis dan wajib dikunjungi adalah Pulau Kanawa. Pulau ini berjarak kurang lebih 15 kilometer dari Labuan Bajo dengan luas sekitar 32 hektar.

Daya tarik dari pulau ini adalah lautan dengan pasir putih dan air laut yang sangat jernih. Bahkan, ketika Anda melakukan penyelaman di laut ini, dijamin langsung melihat surga bawah laut yang dipenuhi biota laut sangat cantik.

5. Batu Termanu

https://www.instagram.com/p/CW8TJM9PIjF/?igsh=OWdlOHJ1bmliZXQx

Selanjutnya, ada tempat wisata populer di NTT yang cukup unik, yakni Batu Termanu. Sebab, wisata ini konon katanya bisa berpindah-pindah mengelilingi Pulau Rote.

Ketika Anda mengunjungi tempat ini, akan terdapat 2 pilihan destinasi wisata lainnya, yakni Batu Hun dan Batu Suelay. Tempat ini memungkinkan Anda untuk melakukan aktivitas air seperti menyelam, snorkeling, dan memancing.

Kemudian, terdapat juga berbagai terumbu karang mutiara serta kerapu yang sangat cantik di tempat wisata ini.

Menariknya, Batu Termanu Suelay bisa menurunkan hujan, sehingga dianggap pembawa rejeki oleh masyarakat sekitar.

6. Pulau Padar

https://www.instagram.com/p/BxT0LM9lkcx/?igsh=MW94OWxtaXgzbXZz

Masih seputar pulau di Nusa Tenggara Timur yang menjadi destinasi wisata populer di dunia. Kali ini, ada Pulau Padar yang mempunyai panorama indah dan bisa dinikmati dari ketinggian.

Pulau ini terletak di Taman Nasional Komodo dan juga menjadi bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO. Namun, Pulau Padar tidak ada komodo seperti halnya di Pulau Komodo dan Rinca.

Menyuguhkan keindahan alam yang menakjubkan, Anda harus melakukan trekking sekitar 45 menit untuk bisa sampai ke puncak bukit.

Ketika Anda sudah sampai bukit, di atas akan tampak gugusan perairan Taman Nasional yang sangat indah. Bentuk Pulau Pada yang bersatu dengan lautan membuat tampilan alam semakin mempesona.

7. Wae Rebo Village

https://www.instagram.com/p/Cydj0daP2Lb/?igsh=MWRvZ3RvNHFwZ2w5OA==

Selanjutnya, NTT juga memiliki tempat wisata dengan nuansa pedesaan yang unik nan ciamik, loh! Namanya adalah Desa Adat Wae Rebo yang menjadi salah satu tempat wisata di NTT yang masih kental dengan kearifan lokal.

Daya tarik dan keunikan dari desa adat ini sudah mendunia, sehingga sangat populer bagi kalangan wisatawan.

Menariknya, terdapat tujuh rumah adat berbentuk kerucut yang atapnya dari daun lontar. Keunikan rumah adat ini juga menjadi daya tarik sendiri. Terlebih lagi, dipadukan dengan pemandangan terbuka yang sangat indah dan sejuk.

8. Pantai Nihi Watu

https://www.instagram.com/p/Cg9ViSFLoyS/?igsh=eHN4cWN2ZXc5ZG1s

Nusa Tenggara Timur juga mempunyai tempat wisata kelas dunia yang sangat populer dan wajib Anda kunjungi. Ya, ini adalah Pantai Nihi Watu yang termasuk ke dalam 100 pantai terbaik di seluruh dunia.

Sangat luar biasa, bukan? Sudah terbayang, bagaimana keindahan alam yang menakjubkan dari pantai ini. Tentu, kemewahannya pun sangat luar biasa.

Anda juga bisa melakukan banyak kegiatan di tempat ini, mulai dari berselancar, bersepeda, mendaki gunung, memancing, diving, dan lain sebagainya.

9. Taman Laut Selat Pantar

https://www.instagram.com/p/BscZboZAp_F/?igsh=MXVya292eHNpYWxreQ==

Apakah Anda menyukai dan tertarik untuk melakukan snorkeling? Jika iya, maka Taman Laut Selat Pantar bisa menjadi solusinya. Sebab, pantai ini mempunyai keindahan bawah laut yang sangat mempesona.

Bahkan, keanekaragaman terumbu karang dan satwa yang ada di pantai juga sangat cantik. Ada juga beberapa fauna langka yang berada di bawah laut, tentu ini sungguh menakjubkan.

Taman Laut Selat Pantar juga sering disandingkan dengan keindahan Taman Laut Komodo dan Raja Ampat di Papua. Sungguh, sangat luar biasa, bukan?

10. Pantai Pink

https://www.instagram.com/p/B3MGUUhAsXL/?igsh=OHM2azNuaDl6MjJx

Rekomendasi tempat wisata di NTT yang terakhir adalah Pantai Pink. Pernah berpikir bagaimana potret keindahan pantai berwarna pink? Ya, sangat indah dan menakjubkan.

Sebab, pantai ini mempunyai pasir yang berwarna merah muda atau pink dan terbentuk melalui proses alami. Lokasinya terletak di sekitar Taman Nasional Komodo, sehingga keindahannya tidak perlu diragukan lagi.

Nah, itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di NTT yang perlu Anda kunjungi bersama keluarga maupun pasangan. Nusa Tenggara Timur tidak pernah luput dari keindahan alamnya, sehingga berbagai tempat wisatanya juga sangat menakjubkan.

Dijamin, jika Anda mengunjungi beberapa tempat wisata di atas, akan sangat takjub dan terpesona dengan pemandangannya.

Segera agendakan liburan bersama orang tercinta untuk mengunjungi tempat wisata di Nusa Tenggara Timur sebagai surga tersembunyinya Indonesia!

Kunjungi website kami dan dapatkan berbagai informasi maupun referensi wisata lain yang menakjubkan!

Latest article