Rekomendasi 10 Bank Digital Terbaik 2024 di Indonesia

Perkembangan dunia digitalisasi sekarang ini menawarkan banyak kemudahan bagi masyarakat, termasuk dalam bidang perbankan. Pasalnya, kini sudah tersedia bank digital terbaik yang bisa digunakan dengan mudah melalui smartphone saja. Proses transaksinya pun semakin efektif dan efisien dalam berbagai aktivitas.

Sebelumnya, jika kita ingin mendapatkan layanan perbankan, maka harus mendatangi bank terdekat dan membuat akun untuk proses transaksi. Namun, teknologi yang semakin berkembang menghadirkan platform yang mudah digunakan dan tidak perlu ribet datang ke bank secara langsung. Bank digital menjadi opsi dan alternatif yang mampu menjawab kebutuhan masyarakat, terutama generasi milenial untuk menggunakan layanan perbankan yang canggih.

Lantas, apa itu bank digital sebenarnya? Kenapa bisa sampai populer beberapa tahun belakangan ini? Berikut jawaban lengkapnya untuk Anda!

Apa Itu Bank Digital?

Bank digital adalah lembaga keuangan yang menyediakan layanan perbankan secara eksklusif melalui platform digital atau elektronik, tanpa adanya cabang fisik. Berbeda dengan bank tradisional yang memiliki kantor cabang dan ATM fisik, bank digital sepenuhnya beroperasi secara online, memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk menyediakan berbagai layanan perbankan.

Terdapat beberapa fitur canggih dan sangat lengkap di dalam platform bank digital. Mulai dari kartu virtual, pengiriman kredit, investasi, beberapa jenis layanan pembayaran, dan lain sebagainya. Apalagi, hanya perlu mengunduh aplikasi saja, pengguna bisa mendapatkan dan menggunakan fitur tersebut.

Itulah kenapa bank digital sangat populer dan menjadi pilihan bagi generasi milenial. Kemudahan dan fleksibilitas ketika melakukan transaksi menjadi salah satu alasan banyaknya masyarakat menggunakan bank digital. Apalagi, layanan di dalam aplikasi bisa diakses kapan dan di mana saja melalui perangkat elektronik, seperti smartphone dan komputer.

Kehadiran bank digital juga menawarkan keuntungan lain bagi pengguna, di antaranya adalah biaya administrasi yang rendah, suku bunga kompetitif, mudah untuk mengakses informasi keuangan secara real time, dan masih banyak lagi. Terlebih lagi, bank digital juga menghadirkan produk dan layanan baru yang lebih inovatif demi memberikan kemudahan serta kepuasan bagi nasabah.

Rekomendasi Bank Digital Terbaik 2024

Sekarang ini, sudah hadir puluhan bank digital yang ada di Indonesia. Namun, terdapat beberapa bank digital terbaik yang mampu menawarkan kemudahan dan keamanan bagi pengguna dengan berbagai fitur yang ada. Berikut rekomendasi 10 bank digital terbaik tahun 2024 yang bisa dicoba:

1. Bank Jago

Pertama, ada Bank Jago yang menjadi salah satu pilihan bank digital yang terbaik di tahun 2024. Pasalnya, bank ini menawarkan fitur manajemen dan keuangan yang super lengkap. Bahkan, platform ini juga bisa digunakan untuk menabung dan berinvestasi tanpa ribet. Hal ini dikarenakan pengelolaan kantong dana dilakukan secara terpisah, sehingga jauh lebih mudah untuk mengelola keuangannya.

Selain itu, Bank Jago juga bisa dihubungkan dengan beberapa aplikasi, seperti Gojek dan Bibit. Penawaran ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan kemudahan yang luar biasa ketika menggunakannya. Apalagi, Anda akan diberikan fasilitas untuk membuka hingga 40 rekening sekaligus serta tersedia fitur jadwal transfer otomatis.

Kondisi tersebut membuat pengguna lebih mudah dalam mengatur tabungannya. Kemudian, pencairan dana bisa dilakukan dan diatur minimal empat belas hari lamanya. Bank digital ini telah tersedia untuk aplikasi mobile dan situs website.

Menariknya, Bank Jago menjadi bank digital pertama yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan sudah mendapatkan izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  Bahkan, bank digital satu ini juga menawarkan layanan perbankan syariah bagi semua nasabahnya, seperti tabungan dan pembiayaan syariah.

2. Blu by BCA Digital

Tidak ingin ketinggalan, BCA juga mengeluarkan bank digital yang mampu menembus Global Top 100 Digital Bank Ranking 2022 dengan menempati posisi ke-65. Hal inilah yang membuat Blu, besutan BCA Digital menjadi salah satu bank digital terbaik di Indonesia saat ini.

Melalui platform tersebut, pengguna bisa melakukan aktivitas perbankan dengan lebih praktis. Mulai dari pembukaan rekening, menabung, hingga melakukan transaksi sekaligus. Blu by BCA Digital menawarkan layanan seamless yang terkoneksi langsung dengan sistem BCA dan customer care haloblu yang selalu ada untuk semua nasabahnya. Hal ini membuat pengguna nyaman dan mudah dalam menggunakannya.

Selain itu, Blu juga menawarkan untuk membuat 20 tabungan dalam 1 rekening saja. Bahkan, layanan lain seperti membuka deposito tanpa adanya penalti, membayar pakai QRIS, patungan online hingga 25 orang, bluVirtual Card, dan lain sebagainya. Kemudian, ada pula fitur deposito yang bisa dimulai dari Rp 1 juta saja.

Di samping itu, bank digital karya BCA Digital ini juga memberikan beberapa keuntungan bagi penggunanya. Mulai dari bebas biaya admin bulanan, bonus menarik dari bluRewards, tarik tunai ATM BCA, dan masih banyak lagi.

3. Jenius Bank BTPN

Selain Blu by BCA Digital, Jenius Bank BTPN juga menjadi salah satu bank digital Indonesia yang masuk ke dalam daftar Global Top 100 Digital Bank Ranking 202 dengan menempati posisi ke-75. BTPN sendiri menjadi salah satu bank swasta terbesar di Indonesia dan turut menghadirkan bank digital di era digitalisasi saat ini.

Hadir sejak 2016 lalu, Jenius memudahkan nasabah untuk melakukan transaksi tanpa harus mengantri di bank. Hal ini membuat nasabah lebih mudah untuk menabung, transfer, jual beli, dan lain sebagainya. Bank digital satu ini juga menawarkan bebas biaya admin hingga harga khusus untuk pembelian tiket bioskop.

Menariknya, kartu debit Jenius bisa digunakan dengan mudah di luar negeri karena mempunyai kemampuan yang sama seperti logo Visa Contactless. Hal inilah salah satu alasan kenapa bank digital besutan BTPN bisa sangat populer dan terkenal di kalangan masyarakat Indonesia.

4. SeaBank

Siapa yang tidak kenal dan tau SeaBank? Salah satu bank digital terbaik yang sangat populer di kalangan kaum muda Indonesia. Menawarkan campaign berupa kemudahan dalam membuka rekening di SeaBank hanya 3 menit saja, membuat bank digital ini langsung diserbu masyarakat Indonesia.

SeaBank menawarkan kemudahan dalam melakukan pembayaran melalui QRIS dengan scan kode QR saja. Apalagi, pengguna diberikan kebebasan untuk biaya administrasi dan transfer ke semua Bank. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat, terutama generasi milenial.

Menariknya lagi, SeaBank telah terhubung dengan aplikasi Shopee, sehingga bisa digunakan untuk membayar belanja secara online dengan mudah tanpa biaya admin. Terlebih lagi, Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan aplikasinya karena sudah terdaftar resmi dan mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta menjadi anggota Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

5. NeoBank

Selanjutnya, ada NeoBank yang menjadi salah satu aplikasi perbankan digital dari Bank Neo Commerce dan memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengelola keuangan. Didesain dengan tampilan yang user friendly, membuat aplikasi NeoBank menjadi pilihan utama bagi generasi milenial. Apalagi, fitur yang disediakan pun sangat menarik dan memudahkan untuk melakukan transaksi perbankan dengan cepat, aman, efektif, dan efisien.

Aplikasi ini juga memberikan penawaran cukup menarik bagi pengguna, yakni hanya membutuhkan waktu 5 menit saja untuk membuka rekening secara online. Anda juga bisa melakukan transfer gratis ke virtual account maupun bank lain dengan batas transfer sekitar IDR 300 juta per hari.

Selain itu, NeoBank juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran dan pembelian produk digital. Bahkan, terdapat pula Neo Journal sebagai catatan transaksi.

BACA JUGA: Cara Buat Kartu Kredit BCA Lewat M-banking

6. TMRW by UOB ID

TMRW, anak usaha dari UOB Indonesia juga menjadi salah satu bank digital terbaik saat ini karena menargetkan konsumen untuk generasi milenial dan Z serta sempat booming beberapa waktu lalu. Didirikan tahun 2020, bank digital satu ini menawarkan berbagai fitur yang praktis dan mudah untuk digunakan.

Mempunyai keunggulan perihal konektivitas dengan beberapa platform e-commerce, TMRW menjadi salah satu pilihan untuk memudahkan proses belanja nasabahnya. Menariknya lagi, bank besutan UOB Indonesia ini menawarkan pengalaman untuk menabung yang sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, konsep yang diusung sangat unik karena menerapkan konsep kota virtual bernama “City of TMRW”.

Konsep tersebut memungkinkan pengguna untuk menambahkan saldo tabungan dan bisa menngembangkan kota virtual tersebut. Dalam hal ini, Anda akan semakin rajin untuk menabung dengan permainan yang diterapkan. Bahkan, TMRW menyediakan fitur pengingat tagihan yang bisa membantu untuk mengelola keuangan Anda secara lebih efektif dan efisien.

7. Digibank

DBS pun turut mengeluarkan bank digital yang diberi nama dengan Digibank. Di mana, bank digital ini menargetkan nasabah yang spesifik, yakni seorang pekerja yang profesional, seperti pengusaha, pegawai negeri, maupun pegawai swasta.

Kehadiran Digibank tentu memberikan keuntungan bagi nasabah. Pasalnya, sebelum adanya bank digital, booth DBS atau agen bank hanya terdapat di kota-kota besar, sehingga mempersulit calon nasabah yang ingin membuka rekening. Namun, hadirnya bank digital tentu memudahkan mereka untuk membuka rekening hanya melalui aplikasi di smartphone saja. Terlebih lagi, tampilan UI yang rapi dan user friendly, membuat pengguna mudah ketika menggunakannya. 

Menariknya, Digibank menghadirkan fitur investasi yang super lengkap, berbeda dengan bank digital lainnya. Melalui satu aplikasi, pengguna bisa melakukan investasi di obligasi, reksadana, dan deposito. Bahkan, Anda juga bisa menabung 10 mata uang berbeda dengan menggunakan satu rekening valas saja.

8. Allo Bank

Rekomendasi berikutnya, ada Allo Bank yang tidak hanya menjadi bank digital saja, tetapi juga dompet digital dengan penawaran fitur pay later serta instant cash. Hanya membutuhkan waktu 5 menit saja, Anda sudah bisa melakukan registrasi dan menggunakan bank digital. 

Dapatkan keuntungan biaya gratis admin bulanan, saldo minimum, setoran awal minimum, hingga gratis transfer ke bank lain melalui fitur BI-FAST. Semua bisa Anda dapatkan hanya di Allo Bank. Bahkan, aplikasi ini juga menawarkan beberapa produk tabungan atau deposito digital yang bisa dipilih.

Terlebih lagi, pengguna bisa dengan mudah tarik tunai tanpa menggunakan kartu ATM Bank Mega. Melalui aplikasi, Anda bisa melakukannya dengan mudah, terutama perihal transaksi secara online.

9. PermataMe

Permata Bank juga turut menghadirkan bank digital yang bertujuan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh keluarga di Indonesia, terutama kepada generasi milenial dan Z. Bank digital ini bernama PermataMe yang pada dasarnya disebut sebagai tabungan digital, sehingga mempunyai sifat yang transaksional serta kemudahan dalam membuka rekening maupun proses transaksi.

Hal yang menarik dari bank digital satu ini adalah menawarkan kartu digital, sehingga bisa diakses secara otomatis lewat aplikasi PermataMobile. Kartu digital ini akan memberikan kemudahan bagi setiap nasabah untuk melakukan transaksi secara online.

BACA JUGA: 3 Bank Digital Terbaik di Indonesia Tahun 2023

10. Livin by Mandiri

Salah satu bank terbesar di Indonesia, yakni Bank Mandiri juga membuat bank digital. Tujuannya adalah untuk mempermudah nasabah dalam melakukan transaksi serta menabung uang atau deposito hanya melalui satu aplikasi saja.

Aplikasi tersebut juga menyediakan fitur berupa riwayat transaksi dan rekap keuangan, sehingga membantu pengguna untuk memantau transaksi yang sudah dilakukan. Bank digital ini juga memungkinkan nasabah untuk mengakses semua layanan perbankan dari Bank Mandiri melalui smartphone saja.

Nah, itulah beberapa rekomendasi bank digital terbaik di Indonesia tahun 2023 yang bisa Anda pilih dan gunakan. Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan keuangan. Perlu diketahui, setiap bank digital pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memilah dan memastikan sesuai dengan kebutuhan keuangan saat ini.