3 Bank Digital Terbaik di Indonesia Tahun 2023

Bank Digital Terbaik di Indonesia

Penggunaan bank online di Indonesia mendapat minat tinggi akhir-akhir ini. Banyak nasabah atau pengguna kalangan anak muda milenial beralih dari bank konvensional ke bank digital. Ini didukung dengan adanya fitur terbaik dan menarik dengan kebijakan biaya kecil menjadi salah satu daya tarik. Menurut Moneynesia, berikut 3 bank digital terbaik, terbesar, dan terpopuler di Indonesia 2023.

1. Jenius by BTPN

Dalam beberapa tahun terakhir, Jenius disebut-sebut sebagai bank digital terbaik di Indonesia termasuk pada tahun 2023. Jenius juga menjadi salah satu bank digital terbesar di Indonesia dalam jumlah pengguna yang lebih 4 juta nasabah pada tahun 2022.

Jenius adalah pionir digital banking di Indonesia yang beroperasi sejak tahun 2016 lalu. Jenius adalah aplikasi bank digital terbaik dan terpopuler saat ini. Meskipun masih relatif baru, anak perusahaan BTPN ini mampu menggaet jutaan nasabah hanya dalam waktu singkat. Ini didorong oleh banyak keunggulan yang ditawarkan Jenius, seperti dari aspek fitur aplikasi dan biaya-biaya yang kompetitif.

Apakah Jenius mengenakan biaya admin? Mulai Januari 2021, Jenius sudah memberlakukan biaya admin kepada nasabah sebesar Rp 10 ribu per bulan atau dikenal sebagai “feasible”. Selain itu, pengguna aplikasi bank digital Jenius dapat dengan leluasa melakukan berbagai aktivitas finansial. Ini termasuk menabung, bertransaksi, dan investasi di instrumen deposito.

Sebagai salah satu bank digital terbaik di Indonesia, semua layanan yang ditawarkan oleh Jenius full dilakukan secara online, termasuk proses pendaftaran. Nasabah tidak perlu lagi datang ke kantor cabang BTPN.

Cara mendaftar di Jenius hanya dengan men-download aplikasi Jenius. Kemudian, isi dan lengkapi data identitas (KTP dan NPWP). Setelah itu, lakukan sesi video call dengan customer service untuk verifikasi dan aktivasi akun. Setelah akun Jenius aktif, nasabah dapat segera langsung mengisi saldo.

Jenius dapat berfungsi sebagai dompet digital, termasuk untuk top up saldo Gopay, OVO, DANA dan LinkAja. Kelebihan Jenius daripada Bank Jago adalah Jenius jauh lebih canggih dari aspek teknologi seperti dengan menyediakan layanan Scan Jenius QRIS. Selain itu, aplikas Jenius jauh lebih user friendly dengan UI/UX yang sangat bagus serta navigasi yang mudah dipahami pengguna baru.

BACA JUGA: Bank Pertama di Dunia, Sudah Ada Sejak Zaman Sebelum Masehi

2. Bank Jago

Bank Jago adalah sebuah brand baru yang sebelumnya bernama Bank Artos. Setelah saham perusahaan diakuisisi Jerry Ng dan Gojek, aplikasi keuangan perbankan ini melakukan branding menjadi Bank Jago. Konsep Bank Jago berorientasi pada aktivitas masyarakat sehari-hari yang menawarkan fitur-fitur pengaturan finansial yang mudah digunakan. Bank Jago adalah bank digital terbaik di Indonesia saat ini, dengan kelebihan berupa aplikasi yang cepat, fitur lengkap, dan bunga tabungan tinggi.

Selain itu, nasabah sama sekali tidak dikenakan biaya admin serta tidak ada batasan saldo minimum. Namun, kekurangan Bank Jago adalah belum mendukung QRIS dan belum terintegrasi dengan berbagai marketplace terpopuler di Indonesia seperti Tokopedia dan Bukalapak.

Cara buka akun di Bank Jago dapat melalui video call. Nasabah harus memenuhi beberapa syarat, yaitu menyediakan e-KTP, NPWP, alamat email aktif, dan smartphone berbasis Android versi 5.0 ke atas serta iOS versi 10.0 ke atas. Cara aktivasi akun di Bank Jago sangat mudah dan cepat melalui pengoperasian aplikasi yang sudah dilengkapi dengan panduan untuk akses pertama kali.

Berapa lama buat rekening di Bank Jago? Dari hasil tes yang kami lakukan, nasabah hanya membutuhkan waktu maksimal 5 menit untuk buat akun di Bank Jago. Ini mulai proses download aplikasi hingga aktivasi rekening. Bahkan, customer service Bank Jago masih melayani nasabah untuk verifikasi identitas pada malam hari.

3. Blu by BCA Digital

BCA Digital adalah bank digital terbaik di Indonesia berikutnya setelah Bank Jago dan Jenius. Bahkan, popularitas BCA Digital tahun 2023 semakin mentereng terlebih didukung oleh induk perusahaannya, Bank Central Asia (BCA).

Blu by BCA Digital adalah produk perbankan digital yang dihadirkan oleh BCA Digital yang menjadi bagian integrasi dari BCA Group. Bank digital terpopuler di Indonesia ini mengedepankan konsep aplikasi perbankan branchless atau tanpa kantor cabang dan bersifat kekinian. Konsep ini diusung untuk mampu bersaing bank-bank digital terbesar dan terpopuler lainnya seperti Bank Jago dan Jenius.

Cara mendaftar di bank digital Blu dapat melalui video call. Setelah itu, transaksi berikutnya dapat dilakukan melalui aplikasi. Keunggulan Blu by BCA Digital yaitu tampilan UI yang user friendly dan sangat kekinian sehingga menarik perhatian anak muda milenial jaman now.

Dengan mengimplementasikan konsep branchless, nasabah Blu by BCA Digital lebih mudah melakukan berbagai aktivitas transaksi keuangan tanpa harus repot-repot mengantri di kantor cabang BCA. Selain itu, layanan customer support BCA Digital sangat responsif dengan dilengkapi fasilitas layanan kontak, video call, live chat, dan lainnya.

Demikianlah ulasan tentang bank digital terbaik di Indonesia tahun 2023, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk bagikan informasi bermanfaat ini ke media sosial kamu agar kami semakin semangat memberikan konten-konten bermanfaat lainnya. (jow)

BACA JUGA: Kartu ATM BCA Hilang? Tenang Ini Cara Ganti dengan Aman dan Mudah