Bank Pertama di Dunia, Sudah Ada Sejak Zaman Sebelum Masehi

Bank pada zaman sekarang ini bukan hanya sebagai tempat untuk menyimpan uang namun telah memainkan berbagai macam peran sentral bagi pembangunan ekonomi suatu negara. Seiring perkembangan zaman, layanan bank jadi semakin canggih dengan tersedianya layanan secara online untuk memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi. Lalu, bagaimana awal bank ini bisa didirikan?

Ide awal pendirian bank ternyata telah terjadi sejak era Kerajaan Assyria pada tahun 2000 SM atau lebih kurang 5 ribu tahun yang lalu. Konsep bank sebagai pusat simpan pinjam pada masa Kerajaan Assyria berperan sebagai sarana simpan pinjam bagi para petani dan para peniaga. Konsep kuno perbankan ala Assyria ini juga terdapat pada Kerajaan Babylonia, Yunani Kuno, Romawi, China Kuno dan India Kuno.

Ilustrasi Kerajaan Assyria (Christopherdickey)

Peradaban besar masa lalu yang telah mencapai puncaknya masing-masing ternyata telah memikirkan cara untuk menyeimbangkan ekonomi mereka dengan adanya bank. Dengan demikian kita mendapat suatu pemahaman baru bahwa, manusia masa lampau telah memberikan kita pondasi “menabung” untuk masa depan yang lebih baik. Pada masa lalu tempat untuk simpan pinjam uang biasanya pada tempat ibadah, ini jelas berbeda dengan bank yang berdiri dikemudian hari yang telah menggunakan bangunan khusus tersendiri untuk bertransaksi.

Pada era yang lebih maju yaitu pada abad 15, tepatnya pada tahun 1401, disebut sebagai pendirian bank pertama kali di dunia. Bank ini bernama La Taula de Canvi di Barcelona, Spanyol. Pada saat itu bank telah berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan aset harta karun pemerintah Catalunia. Sejak didirikannya Bank di Spanyol itu, hampir dengan konsep yang sama, didirikan juga berbagai macam bank lainnya di belahan dunia Eropa seperti di Siena, Italia pada tahun 1472.

Taula de Canvi (Vibrant)

Bank era baru dengan fungsi yang lebih kompleks baru berdiri pada tahun 1587 di Venesia, Italia. Bank itu dikenal dengan nama Banco della Piazza di Rialto.

Banco Giro della Piazza di Rialto (Wikiwand)

Bank terbaru ala Venesia ini telah mengenal sistem penggunaan “cek” serta telah menerima sistem penyimpanan harta kekayaan berupa perak dan emas. Bank tersebut sekaligus menjadi bank pertama di dunia yang memperkenalkan sistem cek dan dianggap sebagai pondasi bank modern seperti sekarang ini. (tom)

loading...

Jadi Berita Lain Dari Penulis

Comments

Loading...