Cara Buka Rekening BCA Online Tanpa NPWP Terbaru 2024

Dunia digitalisasi sekarang semakin berkembang, sehingga dapat memudahkan setiap aktivitas yang dilakukan masyarakat. 

Salah satunya adalah perihal pembuatan rekening yang awalnya harus datang ke bank secara offline, kini sudah bisa dilakukan secara online.

Terdapat beberapa pihak bank yang sudah memberikan penawaran khusus kepada calon nasabahnya untuk membuka rekening secara online tanpa ribet, salah satunya adalah BCA.

Bahkan, Anda juga bisa membuka rekening BCA online tanpa NPWP, loh. Sangat menarik, bukan? Tentu, ini menjadi gebrakan yang luar biasa dari BCA.

Apalagi, BCA menjadi salah satu bank terbesar dan terpercaya di Indonesia. Lantas, bagaimana cara buka rekening BCA online tanpa NPWP?

Tenang, pada artikel ini akan diberikan pembahasan lengkap mengenai syarat dan cara buka rekening BCA online tanpa ke bank.

Yuk, simak pembahasannya berikut ini, ya!

BACA JUGA: Cara Buat Kartu Kredit BCA Lewat M-banking

Jenis Rekening BCA

Sebelum masuk ke pembahasan mengenai syarat dan tata cara buka rekening BCA online, maka sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai beberapa jenis tabungannya.

Sebab, jenis tabungan tersebut berkaitan erat dengan kebutuhan yang Anda dalam menggunakan rekening.

Terlebih lagi, BCA memiliki jenis tabungan sebanyak 11 yang bertujuan supaya para nasabahnya menggunakan sesuai dengan kebutuhan.

Nah, berikut ini jenis-jenis rekening BCA yang perlu Anda ketahui:

1. Tahapan BCA

Pertama, terdapat jenis rekening BCA Tahapan atau singkatan dari Tabungan Hari Depan. Jenis ini mempunyai karakteristik dengan bentuk rekening tabungan dan dalam mata uang rupiah.

Tahapan BCA sudah dilengkapi dengan Kartu Paspor BCA yang mana fungsinya sebagai kartu ATM, debit, dan tunai.

Jika ingin membuka rekening jenis ini, terdapat setoran awal untuk jenis Tahapan BCA sebesar Rp 500.000 dan setoran selanjutnya minimal Rp 50.000.

2. Tahapan Xpresi BCA

Kedua, ada tabungan BCA Tahapan Xpresi yang berarti sebuah tabungan yang ditujukan bagi nasabah muda. Bahkan, tabungan satu ini menjadi salah satu pilihan utama karena desain kartunya mencapai lebih dari 50.

Sama halnya dengan Tahapan BCA, Tahapan Xpresi ini sudah dibekali dengan beberapa fitur, mulai dari internet banking, mobile banking, dan lainnya.

Kemudian, untuk minimal saldo di dalam Tahapan Xpresi adalah Rp 50.000 sudah termasuk biaya kartu.

3. Tahapan Gold BCA

Jenis ketiga adalah Tahapan Gold BCA yang dirancang khusus untuk para pebisnis. Sebab, melalui tabungan ini, dapat membantu mempermudah segala transaksi perusahaan.

Terlebih lagi, tabungan ini bisa digunakan untuk transaksi selama 24 jam serta setoran minimalnya hanya Rp 10.000 saja.

4. Tapres BCA

Selanjutnya, ada jenis rekening BCA berupa Tapres atau singkatan dari Tabungan Prestasi. Tapres adalah produk tabungan yang memberikan suku bunga lebih dan karakteristiknya berbentuk rekening tabungan.

Setoran awal saat buka Tapres BCA adalah Rp 5 juta dengan setoran minimal selanjutnya adalah Rp 50.000.

5. TabunganKu BCA

Kelima, terdapat produk jenis BCA TabunganKu yang mana tidak hanya tersedia di BCA saja, melainkan juga bank lain di Indonesia.

Melalui jenis rekening ini, nasabah akan mendapatkan fasilitas kartu ATM serta buku tabungan saat pendaftaran. Sementara itu, setoran awal dari TabunganKu ini adalah Rp 20.000 saat pembukaan rekening.

6. Simpanan Pelajar BCA

Berikutnya adalah jenis tabungan Simpanan Pelajar BCA yang memang diperuntukkan khusus bagi para pelajar, mulai dari PAUD hingga SMA.

Alasan tabungan ini untuk pelajar adalah karena setoran awalnya sedikit, tidak terdapat administrasi bulanan, serta mendapatkan fasilitas buku tabungan dan kartu ATM.

Kemudian, untuk setoran awal buka rekening Simpanan Pelajar BCA adalah Rp 5.000 dengan setoran minimal selanjutnya yaitu Rp 1.000 saja.

7. Tahapan Berjangka BCA

Jenis rekening BCA selanjutnya adalah Tahapan Berjangka yang cocok bagi nasabah yang ingin mempunyai tabungan sekaligus untuk investasi dan asuransi jiwa.

Terlebih lagi, tabungan ini menawarkan beberapa kelebihan bagi nasabah, di antaranya biaya administrasi bulanan gratis, premi asuransi gratis, dan lainnya.

8. Tahapan Berjangka SiMuda BCA

Selanjutnya, ada jenis rekening BCA berupa Tahapan Berjangka SiMuda. Tabungan ini diperuntukkan bagi perorangan dengan setoran rutin dalam jangka waktu dan jumlah tertentu.

Tahapan Berjangka SiMuda digunakan bagi nasabah yang berusia 18 sampai 30 tahun. Cocok dijadikan pilihan karena menawarkan biaya administrasi bulanan gratis, premi asuransi gratis, dan sebagainya.

9. Tabungan BCA Dollar

Sembilan, terdapat jenis tabungan BCA Dollar yang mana menyediakan fasilitas untuk menyimpan mata uang asing.

Selain menabung, nasabah juga bisa melakukan investasi menggunakan jenis mata uang asing, sehingga akan memberikan keuntungan.

10. Tabungan BCA Laku

Berikutnya, ada jenis tabungan BCA Laku yang mana akan memudahkan para nasabahnya untuk melakukan transaksi apapun tanpa harus datang langsung ke bank.

Terlebih lagi, tabungan BCA Laku tidak lagi terdapat biaya administrasi bulanan. Namun, ada limit transaksi per bulan dalam penarikannya, yakni sebesar Rp 5 juta.

11. Tabungan BCA Deposito Berjangka

Pilihan jenis rekening BCA terakhir adalah Tabungan Deposito Berjangka. Sebab, tabungan ini memiliki beberapa keuntungan, salah satunya yaitu bisa memilih jangka waktu dan mata uang yang akan didepositokan.

Syarat Buka Rekening BCA Online

Bagaimana? Sudah mengetahui mengenai jenis rekening BCA? Jika sudah, tentu Anda akan memilih sesuai dengan kebutuhan, bukan?

Jika Anda ingin membuka rekening BCA, maka terdapat beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi. Persyaratan ini harus dipenuhi ketika membuat rekening secara offline maupun online.

Nah, berikut beberapa syarat buka rekening BCA online:

  • Menyiapkan identitas diri, baik itu KTP, SIM, paspor, atau lainnya
  • Menyiapkan setoran awal sesuai jenis rekening yang dipilih
  • Mengisi formulir permohonan pembukaan rekening
  • Melengkapi dokumen yang diperlukan
  • Mengikuti proses verifikasi sampai selesai.

Namun, perlu Anda pahami, bahwa selain Simpanan Pelajar salah satu syaratnya harus berusia lebih dari 17 tahun.

Cara Buka Rekening BCA Online Tanpa NPWP

Perlu Anda ketahui, jika BCA memberikan penawaran kepada calon nasabahnya untuk membuka rekening tanpa menggunakan NPWP.

Padahal, NPWP bagi beberapa bank lain merupakan salah satu syarat wajib yang perlu dipersiapkan. Namun, BCA memberikan penawaran khusus bagi nasabahnya, sehingga semakin mempermudah proses pembukaan rekening.

Namun, tidak semua jenis tabungan BCA yang bisa membuka rekening tanpa NPWP. Melainkan, hanya beberapa jenis rekening yang tidak mewajibkan menggunakan NPWP, yakni Tahapan Xpresi, Simpanan Pelajar, TabunganKu, Laku, Tahapan Berjangka, dan Tahapan.

Nah, bagi Anda yang ingin membuka rekening BCA tanpa NPWP sudah bisa dilakukan secara online, sehingga tidak perlu lagi datang langsung ke bank.

Berikut ini tata cara buka rekening BCA online tanpa NPWP:

  • Download aplikasi BCA mobile di handphone
  • Pilih opsi “Buka Rekening Baru”
  • Jika sudah, Anda akan masuk ke halaman selanjutnya dan klik tombol “Mulai”
  • Kemudian, terdapat pertanyaan “Apakah Anda sudah memiliki rekening BCA saat ini?” dan pilih jawaban yang sesuai antara “Ya atau Tidak”
  • Pilih jenis tabungan yang sesuai pada opsi yang disediakan
  • Klik opsi “Lanjut”
  • Lakukan verifikasi nomor handphone untuk mendapatkan kode OTP
  • Jika sudah melakukan verifikasi, maka segera lengkapi dokumen yang diperlukan untuk pembuatan rekening (identitas data diri, foto diri, tanda tangan, dan lainnya)
  • Klik tombol “Lanjut”
  • Pilih jenis kartu yang akan digunakan, mulai dari Debit BCA Blue, Gold, atau Platinum
  • Jika sudah, klik “Lanjut”
  • Berikutnya, pilih kantor Cabang BCA terdekat di mana rekening akan didaftarkan serta pilih opsi “Lanjut”
  • Konfirmasi data diri yang sudah diisi dan memberikan persetujuan terkait pernyataan yang diberikan
  • Lakukan kembali verifikasi data melalui Video Call dengan agen Halo BCA
  • Jika sudah, segera aktivasi Mobile Banking untuk melakukan transaksi di BCA Mobile
  • Selanjutnya, rekening Anda sudah aktif dan segera lakukan setoran awal terlebih dahulu sesuai nominal minimal pada pilihan jenis tabungan
  • Terakhir, jika ingin mencetak kartu bisa melalui mesin CS Digital terdekat atau Cabang BCA.

Penutup

Nah, itulah pembahasan secara lengkap mengenai jenis rekening, persyaratan, hingga bagaimana cara membuka rekening BCA online tanpa NPWP.

Pembahasan tersebut, tentu semakin memudahkan Anda untuk membuka rekening BCA online tanpa ke bank.

Terlebih lagi, BCA selalu memberikan penawaran luar biasa kepada nasabahnya, terutama saat proses pembukaan rekeningnya.

Selain itu, pilihan jenis rekening BCA juga sangat banyak dan bervariasi, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

BACA JUGA: Buka Rekening BCA Online Apakah Dapat Kartu ATM?

Atsna Himmatul Aliyah

I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer