Seluk Beluk Petak Umpet


Mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan sebuah permainan yang bernama petak umpet. Kemungkinan besar kamu pernah bermain petak umpet bersama dengan teman-teman kamu saat kamu masih kecil. Berikut ini adalah beberapa seluk beluk serta beberapa keseruan dari petak umpet, sebagaimana dilansir dari Kaskus, Senin (23/2/2015).

1. Dalam petak umpet, kamu harus bisa ‘menyatu’ dengan alam

Layaknya seorang tentara yang menggunakan kamuflase agar tak terlihat oleh lawan, dalam bermain petak umpet kamu juga harus bisa berbaur dengan lingkungan sekitar kamu. Tujuannya jelas, agar kamu tidak mudah ditemukan oleh yang jaga petak umpet.

2. Siap-siap menjadi pelari cepat saat petak umpet

Ketika bermain petak umpet, atau tepatnya ketika kamu ketahuan oleh teman kamu yang jaga, maka kamu harus menjadi pelari cepat alias sprinter, jadi kamu bisa langsung melesat ke benteng lebih cepat dari yang jaga dan posisi kamu aman.

3. Anak bawang tidak bakal jadi giliran jaga

Anak bawang alias anak kecil yang belum mengerti tapi ingin ikutan main, dipastikan tidak bakal jaga sampai kapan pun, terlepas dari seberapa cepat kamu berlari. Tetap aja anak bawang selalu menang, dan bisa jadi kalau kamu ngotot dengan anak bawang malah kamu yang didiskualifikasi.

4. Nyerah, siap-siap jaga lagi

Jika kamu kebetulan dapat giliran jaga, dan kamu tidak berhasil menemukan teman-teman kamu alias nyerah, maka kamu harus jaga lagi. Kebalikannya, teman-teman kamu yang sudah ketemu bisa ikut sembunyi lagi.

5. Petak umpet ternyata ada penaltinya

Layaknya sepakbola, permainan petak umpet juga ada penaltinya. Biasanya penalti ini dilakukan agar tidak ada yang berbuat curang dan menghindari debat panjang mengenai siapa yang jaga dan siapa yang sembunyi. Caranya yaitu dengan pemain berbaris di belakang penjaganya, dan jika penjaga menyebut angka 4, maka pemain di urutan 4 lah yang harus jaga. Pemain tersebut tidak boleh menolaknya.

6. Petak umpet adalah permainan gratis

Berbeda dengan permainan lainnya, seperti misalnya bermain layangan, petak umpet ini termasuk ke dalam permainan yang tidak membutuhkan uang alias gratis. Cocok bagi kamu yang sedang tidak punya uang namun ingin bermain.

7. Tentang istilah Kebakaran

Dalam petak umpet dikenal istilah ‘Kebakaran’, yaitu ketika orang lain di luar permainan memberi tahu posisi orang yang sembunyi pada penjaga. Dari mana istilah Kebakaran itu berasal, hingga kini masih menjadi misteri.

8. Hal menyebalkan saat bermain petak umpet

Terkadang, saat bermain petak umpet ada teman kamu yang menyebalkan, yaitu dia pulang saat kamu mendapat giliran jaga. Sebelumnya dia tidak bilang mau pulang dan tetap bersembunyi. Bedanya, dia bersembunyi di dalam rumahnya sendiri.

9. Penjaga kadang berlaku curang

Inilah hal yang paling umum dalam petak umpet. Sata menghitung, penjaga kadang berlaku curang dengan melompati hitungan, seperti misalnya 1, 2, 3 langsung 8, 9, 10. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
100
Love
OMG OMG
90
OMG
Yaelah Yaelah
20
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
10
Keren Nih
Ngakak Ngakak
40
Ngakak