spot_img
spot_img
BerandaMoneyCara Membuat PayPal dan Manfaat Menggunakannya

Cara Membuat PayPal dan Manfaat Menggunakannya

From Author

Atsna Himmatul Aliyah
Atsna Himmatul Aliyah
I have an interest in the SEO, Content Writer, and Copy Writer

Teknologi yang semakin berkembang, membuat berbagai aktivitas masyarakat semakin mudah. Salah satunya adalah perihal proses pembayaran setiap transaksi yang dilakukan.

Sebab, saat ini sudah tersedia banyak sekali layanan pembayaran online yang bisa Anda gunakan dengan mudah, salah satunya adalah PayPal.

PayPal sendiri merupakan metode pembayaran yang bisa Anda gunakan untuk transaksi di seluruh dunia dengan sangat mudah.

Namun, permasalahannya adalah banyak yang belum mengetahui perihal cara membuat PayPal. Kendati demikian, Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami akan memberikan informasi lengkap mengenai apa itu PayPal, cara membuat, hingga manfaatnya.

Apa itu PayPal?

PayPal adalah salah satu layanan keuangan online yang memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi jual beli secara online melalui sebuah akun.

Setiap pengguna, diwajibkan untuk membuat akun terlebih dahulu agar memudahkan dalam proses transaksinya. 

Melalui akun tersebut, Anda bisa menambahkan rekening bank, kartu kredit, maupun kartu debit untuk digunakan proses pembayaran menggunakan PayPal.

Kelebihan menggunakan akun PayPal adalah bisa digunakan untuk melakukan transaksi online di seluruh dunia. Artinya, Anda bisa melakukan pembayaran menggunakan PayPal di beberapa negara dunia.

Meskipun jaringannya lebih luas daripada layanan keuangan lainnya, perihal keamanan masih terbilang cukup baik.

Sebab, melalui akun PayPal, setiap pengguna akan mendapatkan perlindungan pembeli dan penjual, enkripsi data, hingga pencegahan penipuan.

Berdasarkan kelebihan tersebut, PayPal diklaim menjadi salah satu metode pembayaran pilihan utama masyarakat karena penggunaannya yang mudah dan aman.

Bahkan, para pebisnis pun juga lebih memilih menggunakan PayPal karena memudahkan proses pengiriman uang serta keamanan dan kenyamanannya terjaga bagi penjual maupun pembeli di mana saja.

Selain sebagai metode pembayaran, PayPal juga bisa digunakan untuk menerima uang secara online, loh!

Dengan penawaran yang sangat menggiurkan tersebut, membuat PayPal telah digunakan lebih dari 179 juta pengguna aktif dengan jangkauan 200 pasar serta 100+ jenis mata uang di seluruh dunia.

Syarat Membuat PayPal

Jika Anda ingin membuat PayPal untuk kemudahan transaksi online di beberapa negara, maka wajib untuk mengikuti syarat pendaftarannya.

Lantas, apa syarat membuat PayPal? Berikut ini beberapa dokumen yang harus Anda siapkan untuk membuat akun PayPal.

1. Nomor ponsel dan alamat email

Syarat pertama yang wajib Anda siapkan adalah nomor ponsel dan alamat email yang masih aktif untuk mendaftar akun PayPal.

Sebab, nomor dan email tersebut akan digunakan untuk melakukan verifikasi dan komunikasi dengan PayPal ketika ada kendala tertentu.

2. Informasi pribadi

Pastikan sebelum melakukan pendaftaran dan pembuatan akun PayPal, Anda sudah menyiapkan beberapa informasi pribadi yang dibutuhkan, mulai dari nama lengkap, alamat, tanggal lahir, maupun informasi lainnya.

3. Kartu kredit atau debit (opsional)

Perlu Anda ketahui, jika membuat akun PayPal tidak semua pengguna diwajibkan menggunakan kartu debit atau kredit.

Hal ini dikarenakan, kartu kredit atau debit hanya diwajibkan kepada pemilik bisnis saja. Sementara untuk akun pribadi, tidak memerlukan kedua kartu tersebut.

4. Rekening bank (opsional)

Selain kartu kredit dan debit yang opsional, maka pembuatan akun PayPal juga tidak diwajibkan untuk menghubungkan rekening bank atau opsional.

Artinya, Anda bisa menghubungkan rekening bank ke akun PayPal untuk mempermudah transfer dana atau tidak menghubungkannya.

Cara Membuat PayPal

Setelah mengetahui beberapa syarat membuat PayPal, selanjutnya adalah akan diberikan informasi mengenai cara membuat PayPal.

Perlu Anda ketahui, jika ada cara membuat PayPal tanpa kartu kredit, loh! Kok bisa? Bisa, dong!

Seperti yang Anda baca sebelumnya, jika syarat wajib membuat akun PayPal adalah nomor ponsel, alamat email, dan beberapa informasi pribadi.

Artinya, Anda bisa membuat akun PayPal tanpa kartu kredit. Lalu, bagaimana cara membuat PayPal tanpa kartu kredit? Berikut penjelasannya.

1. Kunjungi situs resmi di www.paypal.com menggunakan broswer pada perangkat

2. Pilih opsi menu “Daftar Sekarang

3. Pilih jenis rekening yang akan didaftarkan, yakni rekening bisnis atau pribadi

4. Jika sudah, klik “Berikutnya

5. Masukkan informasi login, seperti nama, alamat email, dan password

6. Namun, untuk membuat rekening bisnis, Anda harus menyiapkan kartu kredit atau debit dan rekening bank

7. Jika semua informasi sudah terisi, klik “Berikutnya

8. Selanjutnya, lengkapi data pribadi pada kolom yang telah disediakan

9. Klik “Setuju dan Buat Akun” jika sudah setuju dengan syarat dan privasi

10. Pihak PayPal akan mengirimkan email verifikasi

11. Verifikasi email dengan cara “Konfirmasi Alamat Email

12. Selesai, akun PayPal siap untuk digunakan.

Manfaat Menggunakan PayPal

Jika Anda sudah mengetahui perihal cara membuat PayPal, maka saatnya untuk masuk ke dalam pembahasan apa saja manfaat menggunakannya?

Anda wajib mengetahui beberapa manfaat PayPal agar menjadi pertimbangan sebelum menggunakannya untuk transaksi yang dilakukan.

Berikut ini beberapa manfaat PayPal yang perlu Anda ketahui:

1. Cepat

Manfaat pertama menggunakan PayPal adalah transaksi yang dilakukan lebih cepat antara penjual dan pembeli.

Hal ini dikarenakan, proses transfer atau pembayaran melalui akun PayPal hanya membutuhkan waktu sekitar 24 jam saja.

2. Harga lebih terjangkau

Setiap layanan keuangan atau pembayaran yang ditawarkan saat ini, tentu saja akan dikenakan biaya administrasi, tak terkecuali PayPal.

Namun, biaya administrasi melalui akun PayPal terbilang masih cukup terjangkau, yakni sekitar 30 sen dolar AS per transaksi dan ditambah 3% dari total jumlah transaksi.

3. Jangkauan pasar luas

Keuntungan yang mungkin tidak akan pernah Anda dapatkan dari layanan pembayaran lainnya adalah mengenai jangkauan pasarnya.

Dalam hal ini, PayPal memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi secara online dengan semua negara yang ada di seluruh dunia.

Sangat menarik, bukan? Tentu, Anda bisa melakukan transaksi antar negara lebih mudah dan tidak khawatir perihal pembayarannya karena bisa menggunakan PayPal.

4. Keamanan data terjamin

Jangkauan pasar PayPal memang lebih luas karena bisa digunakan transaksi antar negara. Namun, tidak menutup kemungkinan pengguna khawatir perihal keamanannya karena sudah melibatkan negara lain.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena keamanan akun PayPal tetap terjamin. Hal ini dikarenakan, PayPal akan tetap menjaga kerahasiaan informasi pribadi semua pengguna agar tidak tersebar.

5. Transaksi aman dan terjamin

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika keamanan akun atau informasi pribadi PayPal terjamin.

Maka dari itu, transaksi yang dilakukan oleh pengguna juga tetap aman dan terjamin karena akan terus dipantau 24/7, sehingga jika ada masalah bisa langsung meminta bantuan oleh customer service perusahaan.

Nah, itulah informasi mengenai cara membuat PayPal hingga manfaatnya untuk Anda. Pada intinya, PayPal adalah salah satu layanan keuangan yang bisa Anda gunakan untuk melakukan pembayaran melalui akun yang telah terdaftar.

Dengan begitu, Anda bisa menggunakan PayPal untuk berbagai transaksi secara online tanpa khawatir perihal keamanannya.

Menariknya lagi, PayPal bisa digunakan untuk transaksi online ke semua negara di seluruh dunia, sehingga memungkinkan Anda untuk melakukan pembelian barang di luar negeri.

Bagaimana? Sangat menarik, bukan? Jika Anda ingin mempunyai akun PayPal, segera daftar dan ikuti petunjuknya di atas.

Untuk mendapatkan informasi terbaru dan terupdate, kunjungi website resmi kami di jadiberita.com

Latest Article

Windows Jadul Penyelamat Southwest Airlines dari Kegagalan Sistem CrowdStrike

Kamu pasti nggak nyangka deh, gara-gara update sistem CrowdStrike, pada hari Jumat, 19 Juli, banyak pesawat dan bandara di...

More Articles Like This