5 Kota Indonesia dengan Biaya Hidup Termurah

Kota Jakarta sudah termasuk ke dalam salah satu kota dengan biaya hidup termahal atau tertinggi. Biaya hidup yang tinggi tentunya membuat orang harus bekerja lebih keras untuk bisa membiayai kehidupannya. Bila kamu termasuk ke dalam orang yang sulit membiayai hidup di Jakarta, ada lima kota di Indonesia dengan biaya hidup termurah, seperti dilansir dari Kaskus, Minggu (5/4/2015), yang bisa kamu pilih sebagai alternatif, berikut ini.

1. Kota Sibolga

Kota Sibolga
Kota Sibolga (Kaskus)

Kota yang terletak di Sumatera Utara ini merupakan kota termurah. Hal ini dikarenakan rata-rata pengeluaran sehari-hari penduduknya hanyalah berkisar Rp. 1 juta sampai Rp 1,5 juta saja. Kota yang terletak di pesisir barat Sumatera ini selain murah juga memiliki keindahan alam yang sangat menawan. Kontur pantai, lereng, dan langsung ke pegunungan membuat tempat ini menjadi salah satu tempat hangout untuk berwisata yang tak bikin kantong bolong dan sayang kalau dilewatkan.

2. Kota Purwokerto

Kota Purwokerto (Kaskus)
Kota Purwokerto (Kaskus)

Daerah yang amat kental dengan aksen ngapaknya ini masih tergolong murah biaya hidupnya. Dengan menyiapkan budget bulanan tak sampai Rp 1 juta, kamu sudah bisa survive di kota Purwokerto. Selain itu, bila kamu ingin sekali-kali mengunjungi kota ngapak ini tapi terkendala uang saku minim, jangan khawatir, karena kamu tetap bisa mengunjungi beberapa destinasi wisata andalan Purwokerto seperti Baturaden, Pancuran Pitu, Pancuran Telu, Gua SaraBadak, Curug Gede, Masjid Saka Tunggal, dan lainnya dengan tiket masuk yang sangat terjangkau kantong.

3. Kota Yogyakarta

Kota Yogyakarta (Kaskus)
Kota Yogyakarta (Kaskus)

Kota ini juga tergolong kota dengan biaya hidup termurah. Tak heran bila banyak calon mahasiswa yang memutuskan untuk menuntut ilmu disini. Di Yogyakarta, kamu bisa menjumpai banyak sekali warung burjo yang menjual makanan berkisar antar Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu. Selain itu, banyak juga tempat wisata yang dapat dicoba bila berkunjung ke Yogyakarta, seperti Borobudur dan Prambanan.

4. Kota Cirebon

Kota Cirebon (Kaskus)
Kota Cirebon (Kaskus)

Kota yang identik dengan udang rebonnya ini menempati posisi ke-2 sebagai kota termurah di Indonesia karena memiliki pengeluaran rata-rata antara Rp 600 ribu sampai Rp 700 ribu per bulannya. Di Cirebon kita juga bisa menemui warung angkringan yang masih menjual nasi kucing seharga Rp 1.500. Tapi sayangnya, mungkin karena minim perguruan tinggi maka kota ini tidak terlalu diminati para calon mahasiswa baru. Padahal, dengan biaya hidup seperti itu, pasti akan sangat menarik minat para anak rantau untuk datang untuk menuntut ilmu.

5. Kota Solo

Kota Solo (Kaskus)
Kota Solo (Kaskus)

Kota yang terkenal dengan jargon The Spirit of Java ini berada di posisi pertama dengan rata-rata pengeluaran per bulan berkisar tidak sampai Rp 500 ribu. Sebagai contoh, kamu masih bisa menemukan nasi bungkus seharga Rp 5 ribu saja. Di Solo, bila kamu ingin menghabiskan waktu liburan, kamu bisa mengunjungi Keraton Surakarta Hardiningrat atau bila ingin main air kamu bisa berkunjung ke Pandawa Water Park. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Dua Siswi Indonesia Bikin Kulkas Unik yang Memukau AS

Fast & Furious 7 Hancurkan Mobil Termahal di Dunia