5 Hal Tentang Indonesia yang Mungkin Belum Kamu Tahu


Kita sebagai orang Indonesia tentunya tahu seluk-beluk negeri ini, dari kebudayaan, masakan, alam dan sebagainya. Meski demikian, justru ada beberapa hal yang lebih mendasar tentang Indonesia yang jarang kita ketahui. Mungkin karena dianggap tidak begitu penting, sehingga hanya mennjadi angin lalu saja. Berikut adalah 5 hal tentang Indonesia yang mungkin belum kamu tahu, seperti dihimpun JadiBerita dari berbagai sumber.

1. Arti nama Indonesia

Aku cinta Indonesia (Kaskus)
Aku cinta Indonesia (Kaskus)

Kata Indonesia berasal dari bahasa Yunani kuno yang terdiri dari dua kata yaitu Indos yang berarti Hindia dan Nesos yang berarti pulau. Jadi arti dari Indonesia adalah kepulauan Hindia. Hindia sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk merujuk ke wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara. Namun sayangnya banyak yang salah kaprah. Hindia merupakan sinonim dari kata India. Sehingga kata Indonesia seringkali diartikan sebagai kepulauan India.

2. Asal Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia (Kaskus)
Bahasa Indonesia (Kaskus)

Mungkin kamu sudah tahu kalau bahasa Indonesia berasal dari bahasa Melayu. Namun tahukah kamu bahasa Melayu dialek apa yang diangkat sebagai bahasa Indonesia dan siapa pencetusnya? Bahasa Bahasa melayu yang kita jadikan bahasa Indonesia adalah bahasa melayu dialek Riau Kepulauan. Bahasa Melayu dialek ini digunakan hampir diseluruh provinsi Kepulauan Riau dan wilayah pesisir provinsi Riau. Orang yang berjasa menyusun dasar-dasar tata bahasa Melayu dialek Riau Kepulauan adalah Raja Ali Haji yang berasal dari kesultanan Riau-Lingga. Karena sudah memiliki standar yang jelas, akhirnya bahasa Melayu dialek Riau Kepulauan tersebut diangkat sebagai bahasa Indonesia pada Kongres Pemuda Indonesia pada tanggal 28 Oktober 1928.

3. Asal istilah Bhinneka Tunggal Ika

Bhinneka Tunggal Ika (Kaskus)
Bhinneka Tunggal Ika (Kaskus)

Istilah Bhineka Tunggal Ika berasal dari bahasa Jawa Kuna. Bila diterjemahkan per patah kata, kata bhinneka berarti “beraneka ragam” atau berbeda-beda. Kata neka dalam bahasa Sanskerta berarti “macam” dan menjadi pembentuk kata “aneka” dalam Bahasa Indonesia. Kata tunggal berarti “satu”. Kata ika berarti “itu”. Secara harfiah Bhinneka Tunggal Ika diterjemahkan “Beraneka Satu Itu”, yang bermakna meskipun berbeda-beda tetapi pada hakikatnya bangsa Indonesia tetap adalah satu kesatuan.

4. Ragam ras di Indonesia

Berbagai macam ras (Kaskus)
Berbagai macam ras (Kaskus)

Banyak yang menyamakan antara ras dengan suku bangsa. Padahal ras punya cakupan yang lebih luas dibandingkan suku bangsa. Contohnya suku Jawa, Batak, Bugis, Melayu, Minang, Sunda dan Bali berasal dari kelompok ras yang sama. Kesemua suku diatas berasal dari ras Mongoloid, lebih tepatnya Malayan Mongoloid, yaitu sebutan khusus untuk ras Mongoloid di Asia Tenggara. Ras Mongoloid sendiri merupakan ras terbesar di Indonesia. Selain ras Mongoloid, di Indonesia juga terdapat ras Negroid yang sebagian besar terdapat di Papua dan ras Weddoid yang sebagian besar terdapat di kepulauan Maluku dan NTT.

5. Asal bendera Indonesia

Bendera merah putih (Kaskus)
Bendera merah putih (Kaskus)

Asal muasal warna merah putih sebagai warna bendera Indonesia diduga kuat terinspirasi dari perang Diponegoro. Saat di pertempuran melawan kolonial Belanda, Pangeran Diponegoro acap juga mengibarkan panji-panji warna merah putih. Hal inilah yang kemungkinan menginspirasi bangsa Indonesia untuk menggunakan lambang merah putih sebagai bentuk perlawanan terhadap kolonial Belanda. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
11
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak