Negara Paling Aman Sedunia, Polisinya Sampai Nganggur


Negara yang aman akan membuat traveler yang mengunjunginya merasa nyaman. Suatu organisasi internasional, Institute for Economics and Peace (IEP) baru-baru ini melansir daftar negara paling aman di dunia.

IEP merupakan organisasi non-profit yang berbasis di New York, AS. Punya cabang di Sydney, Australia dan Meksiko. Berdiri tahun 2007, IEP tiap tahunnya mengadakan penilaian terhadap negara-negara di dunia perihal keamanan dan kondisi ekonomi.

Dilansir jadiBerita dari situs IEP, dipaparkanlah Global Peace Index 2015, yang berisikan rangking 162 negara paling aman di dunia. Penilaian yang dilakukan dilihat dari faktor tingkat kriminalitas, kasus teroris, impor senjata, teror politik sampai tingkat hunian penjara. Totalnya, terdapat 23 indikator yang dinilai.

Peringkat pertama negara paling aman di dunia diduduki oleh negara Islandia, yang mendapatkan nilai hampir sempurna, yakni 1.148. Sebagaimana dimuat di Daily Mail, Senin (29/6/2015), beberapa faktor yang menjadi penyebab Islandia masuk negara paling damai di dunia yakni dari level kriminalitas, teror politik, impor dan ekspor senjata, serta populasi di penjara.

Islandia merupakan sebuah negara yang terletak di sebelah barat laut Eropa. Negara ini sering dijuluki Tanah Es lantaran dekat dengan Samudera Atlantik. Dilaporkan polisi di Islandia seringkali bengong dan nganggur karena ‘sepi’-nya kriminalitas, sehingga mereka tak ada tugas sepanjang hari.

Selain itu, semua penduduknya, yang berjumlah sekitar 300 ribu orang, tidak ada yang buta huruf. Artinya semua penduduknya merupakan penduduk yang terdidik. Populasi yang berpendidikan tersebut juga punya toleransi yang baik terhadap kaum minoritas.

Bahkan, karena Islandia merupakan negara yang aman, angka pembunuhannya juga sangat rendah, yaitu 1,8 per 100.000 penduduk. Bandingkan dengan Amerika Serikat, yang mencatat angka 5,8 per 100.000 penduduk setiap tahunnya.

Islandia juga disebut memiliki demokrasi yang stabil dengan politik yang nyaris tanpa kisruh, berbeda dengan negara-negara lainnya.

Sementara itu, Jepang yang jadi negara wakil dari Asia menempati peringkat kedelapan. Sedangkan Selandia Baru dan Australia, masing-masing menempati peringkat empat dan sembilan. Satu-satunya wakil dari benua Amerika, yakni hanya Kanada di peringkat tujuh. Sisanya, didominasi negara-negara dari Eropa.

Untuk Indonesia, ternyata negara kita ini menduduki peringkat 46. Satu strip di bawah Prancis dan empat strip di bawah Korsel. Namun siapa sangka, keamanan Indonesia masih lebih baik dibanding negara Amerika Serikat yang duduk di peringkat 94. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
70
Love
OMG OMG
60
OMG
Yaelah Yaelah
90
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
80
Keren Nih
Ngakak Ngakak
10
Ngakak