5 Masjid Paling Unik di Indonesia


Masjid selain untuk tempat ibadah juga bisa dijadikan tempat untuk wisata religi. Dengan melihat arsitektur dan sejarah masjidnya, kita bisa mendapatkan ilmu tentang agama yang lebih dalam lagi. Dilansir jadiBerita dari Nyunyucom, Senin (13/7/2015), berikut ini adalah 5 masjid paling unik di Indonesia.

1. Masjid Menara Kudus

Masjid Menara Kudus (Nyunyu)
Masjid Menara Kudus (Nyunyu)

Masjid ini terletak di desa Kauman, Kudus, Jawa Tengah, dan dibangun oleh Sunan Kudus. Konon katanya masjid ini pakai batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertamanya. Yang unik dari masjid ini adalah menaranya yang justru mirip candi-candi Hindu. Dulu masyarakat sekitar memang mayoritas beragama Hindu dan Budha. Oleh karena itu Sunan Kudus mencampurkan kebudayaan-kebudayaan itu dalam masjid yang dibangunnya ini.

2. Masjid Tiban

Masjid Tiban (Nyunyu)
Masjid Tiban (Nyunyu)

Masjid ini terletak di Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Disebut masjid â??tibanâ?? karena katanya pembangunannya itu tanpa sepengetahuan warga sekitar. Pembangunan masjid ini dikatakan dibangun oleh jin, namun kenyataannya dilakukan sendiri oleh para santri dan jamaah tanpa adanya arsitek khusus. Masjid yang sebenarnya pesantren ini udah ada sejak tahun 1963 dan mulai dibangun sejak 1978, sedikit demi sedikit lama-lama jadi seperti sekarang. Selain megah, gaya arsitekturnya juga lumayan nyentrik, tapi dengan konsep ramah lingkungan.

3. Masjid An Nurumi

Masjid An Nurumi (Nyunyu)
Masjid An Nurumi (Nyunyu)

Masjid An Nurumi di Sleman, Yogyakarta ini memiliki gaya arsitektur khas Rusia dengan kubahnya yang berwarna-warni. Makanya masjid ini dikenal juga dengan nama â??masjid Kremlinâ??. Selain itu masjid ini disebut juga â??masjid permenâ?? karena kubahnya itu mengingatkan dengan istana permen di dongeng anak-anak.

4. Masjid Bawah Tanah Taman Sari

Masjid Bawah Tanah Tamansari (Nyunyu)
Masjid Bawah Tanah Tamansari (Nyunyu)

Terletak di Taman Sari, Yogyakarta, Masjid Taman Sari dibangun di paruh pertama abad lalu, sekitar tahun 1765. Ternyata Taman Sari yang termasuk bagian dari Kraton Yogyakarta ini memang komplek pemandian, karena memang digunakan raja untuk mandi. Bangunannya yang besar juga berfungsi sebagai benteng perlindungan bawah tanah. Sayangnya masjid ini sudah lama tidak difungsikan sebagai masjid.

5. Masjid Muhammad Cheng Ho

Masjid Muhammad Cheng Ho (Nyunyu)
Masjid Muhammad Cheng Ho (Nyunyu)

Masjid ini ada di Jalan Gading, Surabaya. Karena arsitekturnya yang unik, masjid ini kemudian tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI). Bangunan masjid yang mirip dengan arsitektur khas Tiongkok sekilas bisa jadi justru terlihat seperti kelenteng. Masjid ini gaya arsitekturnya mirip Masjid Nui Jie di Beijing yang usianya sudah lebih dari 100 tahun. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak