Kini Wasit Sepak Bola Punya Kartu Ketiga Selain Kartu Kuning dan Merah


Jika kamu merupakan penggemar sepak bola, tentu tahu kalau wasit sepak bola memiliki dua kartu jika ada pemain yang melakukan pelanggaran, yaitu kartu kuning sebagai peringatan, dan kartu merah untuk langsung mengeluarkan pemain dari lapangan. Namun kini, ada kebijakan baru yang diterapkan di Liga Italia yaitu Seri B. Kebijakan ini ialah penambahan sebuah kartu yang dipegang oleh wasit pertandingan sepak bola selain kartu merah dan kartu kuning, yaitu kartu hijau.

Kartu hijau (Kaskus)
Kartu hijau (Kaskus)

Dilansir dari Metro, Senin (7/9/2015), berbeda dengan kartu kuning atau merah yang digunakan sebagai hukuman, kartu hijau ini justru digunakan sebagai tanda penghargaan. Kartu hijau ini diberikan untuk pemain yang berlaku sportif selama pertandingan sepak bola berlangsung. Tindakan sportif itu terjadi ketika seorang pemain bersedia menghentikan laga ketika ada lawan yang cedera atau dia bersedia yang menghormati segala keputusan wasit.

Sejauh ini belum ada apresiasi khusus bagi para pemain yang paling banyak dihadiahi kartu hijau tersebut. Namun, nama pemain yang paling sportif di lapangan bakal diumumkan pada akhir musim.

Kartu hijau (Kaskus)
Kartu hijau (Kaskus)

Kartu hijau ini bakal mulai di gunakan untuk Serie B pada bulan depan. Sebelumnya, ketika melakukan uji coba di liga pemain muda, peraturan kartu hijau ini sudah berjalan dengan sukses dan banyak pihak yang menyambut positif. Kartu hijau ini terbukti mampu mencegah para pemain untuk melakukan tindakan kurang sportif.

Kartu hijau (Kaskus)
Kartu hijau (Kaskus)

Selain itu, konsep kartu hijau ini juga bakal cepat ditiru oleh negara lain. Tak terkecuali, untuk salah satu liga paling tersohor di dunia, Liga Primer Inggris.

Ide kartu-kartu yang berbeda warna selain warna merah dan kuning dalam sepak bola bukanlah sesuatu yang baru. Presiden UEFA Michel Platini, salah satu kandidat presiden FIFA, sebelumnya pernah mengusulkan penggunaan kartu putih. Hal itu akan membuat para wasit dapat membatasi penggunaan kartu kuning dengan mengeluarkan para pemain secara temporer. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
118
Love
OMG OMG
115
OMG
Yaelah Yaelah
35
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
21
Keren Nih
Ngakak Ngakak
51
Ngakak