5 Helm Terunik di Dunia


Pernah lihat helm yang unik seperti helm berbentuk kepala Iron Man, Kamen Rider, ataupun Predator beberapa waktu lalu? Selain itu, ternyata masih ada lagi helm unik dan bisa dibilang cukup nyeleneh, bahkan menunjukkan inovasi umat manusia yang kadang justru terlalu ekstrem dan di luar nalar. Dilansir dari Enoandersoncom, Senin (26/10/2015), berikut adalah 5 helm terunik di dunia.

1. Helm berwiper

Helm berwiper (Enoanderson)
Helm berwiper (Enoanderson)

Mungkin kamu pernah kesulitan jika mengendarai motor lalu tiba-tiba diterjang hujan. Tentunya pandangan kamu akan jadi terbatas karena kaca helmnya terkena air hujan. Namun, sepertinya hal itu bukan masalah jika kamu menggunakan helm berwiper ini. Helm ini sudah dilengkapi mesin mungil penggerak wiper di bagian atasnya. Fungsinya seperti wiper yang ada di kaca mobil, yaitu untuk membersihkan kaca dari air. Bahkan kabarnya ada juga wiper khusus buatan Tiongkok yang bisa plug & play di merk helm apapun, jadi kamu cukup beli wipernya saja tanpa membeli helmnya.

2. Cover helm

Cover helm tokoh Sesame Street (Enoanderson)
Cover helm tokoh Sesame Street (Enoanderson)

Bosan dengan tampilan helm yang biasa-biasa aja? Ingin gonta-ganti model helm tapi budgetnya terbatas? Maka cover helm cocok untuk kamu. Cover helm ini terdiri dari berbagai model yang tinggal disesuaikan dengan keinginan para pengguna motor. Mulai dari yang berwarna polos, hingga karakter-karakter lucu, layaknya Elmo dan teman-temannya yang ada di acara anak-anak “Sesame Street”, bahkan tokoh-tokoh “Teletubbies”. Meski sempat tren, cover helm ini sudah mulai ditinggalkan.

3. Helm Visor-Vu

Visor-Vu (Enoanderson)
Visor-Vu (Enoanderson)

Helm ini dibekali dengan ‘moncong’ yang panjang bak sebuah helm motorcross. Di bagian moncong tadi terdapat 2 buah kaca mungil, yang bisa digunakan sebagai kaca spion. Helm unik ini pertama kali diperkenalkan oleh Malcolm Smith pada tahun 70-anâ?¦ Idenya terbilang menarik, tapi sayangnya belum mampu menarik hati para pecinta helm konvensional.

4. Mirror Helmet

Helm berkaca spion (Enoanderson)
Helm berkaca spion (Enoanderson)

Bisa dibilang kalau Mirror Helmet ini merupakan pendahulu dari Visor-Vu, karena sudah mulai ditemukan pada tahun 50-an. Ide helm ini sebenarnya cukup sederhana, yakni menambahkan besi pengikat untuk menempatkan kaca spion di Helm. Tentunya bakal sangat membantu di dunia balap, agar penggunanya mampu mengawasi pergerakan lawan di belakang. Hanya saja helm ini tidak sempat diproduksi massal karena dianggap merepotkan.

5. Turbo Visor

Turbo Visor (Enoanderson)
Turbo Visor (Enoanderson)

Pada tahun 60-an, pengguna sepeda motor belum mengenal visor dan masih menggunakan helm catok. Akhirnya terpikirkan ide untuk membuat helm ini untuk membuat pandangan penggunanya tidak terganggu saat hujan. Prinsip kerjanya sederhana, sebuah kincir berbahan plastik tembus pandang diletakkan di depan muka penggunanya. Kincir tersebut mampu berputar saat diterpa angin, persis layaknya kincir angin mainan anak kecil. Kincir yang berputar tersebut nantinya berfungsi sebagai penangkal air hujan agar tidak mengenai muka penggunanya. Meski cukup nyeleneh, helm ini pernah dipakai oleh legenda MotoGP, Jim Redman, mantan penunggang Honda RC149. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
10
Love
OMG OMG
100
OMG
Yaelah Yaelah
30
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
20
Keren Nih
Ngakak Ngakak
50
Ngakak