5 Robot Bikinan Anak SMA Indonesia


Diam-diam, kita sudah punya calon Tony Stark dari Indonesia. Semua itu dimulai dari langkah kecil, seperti mengikuti ekskul robotik di sekolah. Hanya saja, sama seperti aktivitas si kreator manusia robot, kegiatan ekskul ini masih ‘tersembunyi’.

Di ruang praktek sekolah yang serba seadanya, mereka berjam-jam mendekam selesai jam pulang sekolah. Kreasi ekskul robotik sekolah memang belum bisa dibilang super canggih, tapi mereka tak bisa disebut amatiran juga. Pasalnya, robot-robotnya tetap bikin melotot kagum. Berikut adalah robot-robot bikinan anak SMA Indonesia, seperti dikutip dari Hai-Onlinecom, Rabu (9/12/2015).

1. Line Follower (Micro Controller)

Line Follower (Micro Controller)  (Hai-Online)
Line Follower (Micro Controller) (Hai-Online)

Robot Line Follower ini dibuat oleh anak-anak SMKN 3 Yogyakarta. Sekolah satu ini disebut-sebut sebagai jagonya bikin robot Line Follower. Robot andalannya adalah Panzer 012, yang dibuat dengan modal Rp 800 ribu. Seperti namanya, robot ini bergerak mengikuti garis gelap-terang yang terbaca oleh sensor. Ada juga tipe yang bisa bergerak secara otomatis.

2. Robot pemindah barang

Robot pemindah barang (Hai-Online)
Robot pemindah barang (Hai-Online)

Robot ini merupakan buatan anak sekolah SMKN 5 Surabaya. Robot tanpa nama ini menggunakan sensor untuk mengenali benda yang ada di depannya. Modal untuk merakitnya tak lebih dari Rp 500 ribu. Bahannya, didapat dari komponen recycle. Robot ini digerakkan dengan remote control. Setelah mendekati objek, sensor akan memerintahkan pencapit untuk membuka. Kemudian robot akan memasukkan objek ke dalam wadah di bagian belakang body. Robot ini juga bisa mengambil objek di wadah lalu meletakkannya lagi di lantai, bahkan objek juga bisa disusun oleh robot.

3. Forebot, Robot Penyelam

Robot penyelam (Hai Online)
Robot penyelam (Hai Online)

Kali ini karya robotnya datang dari anak sekolah SMAN 28 Jakarta. Sekolah yang bermarkas di Pasar Minggu ini punya robot prestisius yang bisa dibilang paling keren di kalangan ekskul robot anak-anak SMA. Robot ini dinamakan Forebot. Robot ini adalah robot penyelam pertama di Indonesia yang dibuat di tingkat SMA. Ketua ekskul Robotic28, Rama Rahardi, mengatakan bahwa robot satu ini dibuat kakak kelasnya waktu itu untuk sebuah kompetisi robot tingkat nasional. Untuk menggerakkan robot ini, cukup pakai smartphone saja. Alternatifnya kamu bisa pakai stik Playstation wireless. Fungsi dari robot ini adalah adalah untuk menyelam di tengah banjir dan mencari puing-puing atau melihat keadaan dan kondisi di daerah banjir.

4. Quadcopter

Quadcopter (Hai-Online)
Quadcopter (Hai-Online)

Saat drone belum seterkenal sekarang, teman-teman dari ekskul robotik SMAN 8 Jakarta justru sudah menguliknya. Bahkan, tak cuma dimainkan, drone milik mereka itu bahkan mereka rakit sendiri. Quadcopter ini dibangun dari controller, motor driver, empat baling-baling, GPS dan remote control. Saat pertama kali rampung, quadcopter ini diterbangkan di lapangan sekolah, dan disaksikan seluruh warga sekolah. Pujian pun menyambutnya.

5. Robot pemadam kebakaran

Robot pemadam kebakaran (Hai-Online)
Robot pemadam kebakaran (Hai-Online)

Robot ini merupakan karya teman-teman dari SMKN 2 Cimahi. Robot ini bernama Panseeur. Nama robot ini diambil dari bahasa Sunda, pan seeur gunana (kan banyak gunanya dalam bahasa Sunda). Robot ini punya dua bagian. Bagian pertama ukurannya besar. Di sini ada kamera, penyemprot air, dan kipas angin. Bagian kedua itu bisa dibilang anaknya. Ukurannya lebih kecil dan gunanya untuk mengangkat barang yang ceritanya orang untuk diselamatkan. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak