5 Tanaman Liar Indonesia yang Bisa Jadi Obat


Selama ini, kita telah sering diperdengarkan tentang tanaman obat keluarga (toga) yang sangat mudah tumbuh di sekitar kita. Namun, ada beberapa jenis tanaman yang tumbuh dengan liar di sekitar kita ternyata menyimpan manfaat sebagai obat yang mujarab membasmi berbagai penyakit. Berikut 5 jenis tanaman liar yang ternyata menyimpan khasiat obat yang mujarab menurut buku “Buku Pintar Tanaman Obat, 431 Jenis Tanaman Penggempur Aneka Penyakit”.

1. Alang-alang

Alang-alang (Merdeka)
Alang-alang (Merdeka)

Seringkali tumbuh secara liar di lahan-lahan kosong, alang-alang yang punya nama ilmiah Imperata Cylindrica ini ternyata mampu menjadi obat mujarab. Akar alang-alang mengandung arundonin, fernenol, silindrin, simiarenol, kampesterol, stigmasterol, beta-sitosterol, skopoletin, katerol, asan klorogenat, serta sejumlah besar kalsium. Kandungan bahan kimia alami tersebut memiliki beberapa khasiat seperti diuretik, penurun panas, penenang saraf, dan sebagai penyejuk (astringen). Tak hanya itu, akar alang juga berfungsi sebagai peluruh air seni, mengatasi demam dan juga panas dalam.

2. Bakau

Bakau (Merdeka)
Bakau (Merdeka)

Tumbuh liar dengan akar yang tak beraturan di wilayah hutan mangrove, daerah berlumpur, serta pesisir pantai dan sungai, bakau mengandung zat samak. Kandungan tersebut membuatnya berkhasiat untuk mengobati disentri, melangsingkan badan, menghentikan pendarahan, homeostasis dan antiseptik. Bagian tanaman bakau yang bisa digunakan sebagai obat adalah kulit batang dan daun.

3. Benalu

Benalu (Merdeka)
Benalu (Merdeka)

Benalu yang menempel pada tanaman tertentu seperti teh dapat digunakan sebagai obat antikanker. Sedangkan benalu yang menempel pada pohon jeruk nipis dapat digunakan sebagai ramuan obat untuk membasmi penyakit amandel. Bagian benalu yang digunakan sebagai obat adalah batang.

4. Beluntas

Beluntas (Merdeka)
Beluntas (Merdeka)

Seluruh bagian tanaman beluntas, baik dalam bentuk segar maupun dikeringkan dapat difungsikan sebagai obat. Beluntas mengandung alkaloid dan minyak atsiri, dan ekstrak akarnya mengandung fraksi metanol. Daun beluntas dapat digunakan untuk menurunkan panas, menyembuhkan radang dan antiluka. Selain itu, beluntas juga memiliki khasiat sebagai obat skabies, TBC kelenjar leher, menambah nafsu makan, membantu pencernaan, menghilangkan bau badan, mengatasi sakit pinggang, obat sakit perut, dan sebagai obat batuk. Air rebusan daun dan batangnya dapat meredakan asma dan gangguan paru-paru lainnya. Tak hanya itu, beluntas juga dapat difungsikan sebagai aromaterapi dan stimulan, serta menguatkan saraf jika digunakan sebagai campuran air untuk berendam.

5. Bakung putih

Bakung putih (Merdeka)
Bakung putih (Merdeka)

Bagian tanaman yang digunakan adalah akar, umbi lapis, daun dan biji. Tanaman yang juga memiliki bunga berwarna putih yang indah ini mengandung alkaloid dan licorine (emitikum). Getah umbi lapisnya bersifat peluruh muntah. Akar bakau putih bersifat antiracun, dan daunnya bersifat diuretik. (tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
20
Love
OMG OMG
10
OMG
Yaelah Yaelah
40
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
30
Keren Nih
Ngakak Ngakak
60
Ngakak