5 Rahasia Sukses Orang Jepang yang Patut Ditiru


Jepang. Negara Matahari Terbit itu sangat terkenal akan kemajuan teknologinya dan orang-orangnya yang cerdas serta disiplin. Masyarakat Jepang memang dikenal sebagai masyarakat yang  luar biasa dengan keuletan dan kerja kerasnya. Apa yang membuat Jepang bisa maju seperti itu? Dilansir dari Kabarmakkahcom, Jumat (5/2/2016), ini 5 rahasianya yang patut kita tiru.

1. Malu

Malu (bloomberg)
Malu (bloomberg)

Kita tahu bahwa para pemimpin Jepang yang terlibat kasus korupsi, kebanyakan dari mereka malu dan mengundurkan diri bahkan ada yang melakukan tindakan bunuh diri karena begitu malunya. Ya, budaya malu merupakan budaya leluhur turun temurun di Jepang. Seandainya budaya ini juga menjamur di Indonesia, tentu Indonesia akan lebih maju.

2. Mandiri

Mandiri (sapidudunk)
Mandiri (sapidudunk)

Di Jepang, sejak usia dini anak-anak sudah dilatih untuk mandiri. Seorang anak TK sudah dibawakan 3 tas besar oleh orang tuanya yang di dalamya berisi pakaian ganti, sepatu ganti, bungkusan makanan, buku, handuk dan botol minuman di lehernya. Dan ketika mereka lulus SMA, anak-anak Jepang sudah tidak meminta uang atau biaya kepada orang tuanya.

3. Pantang menyerah

Bos Honda (dfn7)
Bos Honda (dfn7)

Orang Jepang dikenal pantang menyerah. Salah satu buktinya adalah kisah Honda. Kamu tentu tak asing dengan merek otomotif keluaran Jepang ini. Sosok Soichiro Honda adalah orang yang selalu kerja keras dan usaha yang pantang menyerah. Meskipun beliau berasal dari keluarga miskin dan gagal menjadi Insinyur, namun bisnis Honda lahir berkat usahanya yang pantang menyerah.

4. Loyalitas

Loyal (inspiringcreativity313)
Loyal (inspiringcreativity313)

Di Jepang, masyarakatnya jarang berpindah-pindah pekerjaan. Mereka memiliki loyalitas yang tinggi terhadap pekerjaannya di perusahaan. Hal ini membuat sistem karir di sebuah perusahaan berjalan dan tertata dengan rapi.

5. Budaya baca

Baca buku di kereta (Baltyra)
Baca buku di kereta (Baltyra)

Ketika kamu datang ke Jepang, kamu akan menemui â??pemandanganâ? yang luar biasa. Saat kamu berpergian dan masuk ke kereta listrik (densha), sebagian besar penumpangnya sedang membaca buku atau koran. Kegemaran akan membaca ini merupakan salah satu budaya yang dilakukan masyarakat Jepang. Tidak heran, jika mereka memiliki pengetahuan yang luas dan cerdas. (tom)

 

 


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
40
Love
OMG OMG
30
OMG
Yaelah Yaelah
60
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
50
Keren Nih
Ngakak Ngakak
80
Ngakak