5 Kota Indonesia yang Usianya Ribuan Tahun

Walaupun memiliki sejarah yang panjang dan banyak kerajaan yang pernah berdiri, tidak banyak kota di Indonesia yang memiliki usia di atas seribu tahun. Tidak adanya bukti tertulis juga menyebabkan sulitnya mencari bukti adanya kota dengan akar peradaban yang sangat tua. Namun di antara sulitnya mencari bukti serta berbagai peninggalan yang telah hilang, terdapat lima kota di Indonesia yang memiliki usia di atas seribu tahun dan masih bertahan hingga kini. Berikut 5 kotanya, seperti dilansir dari Merdekacom, Kamis (24/3/2016).

1. Palembang

Jembatan Ampera Palembang (Merdeka)
Jembatan Ampera Palembang (Merdeka)

Kota Palembang merupakan ibukota dari provinsi Sumatera Selatan dan memiliki usia yang sangat tua yaitu 1327 tahun. Kota ini merupakan pusat dari salah satu kerajaan terbesar di Nusantara yaitu Sriwijaya yang terkenal dengan kekuatan armada angkatan lautnya.

2. Malang

Tugu Malang (Merdeka)
Tugu Malang (Merdeka)

Malang memiliki usia yang sangat tua yaitu 1255 tahun. Usia tua tersebut didapatkan melalui catatan yang terdapat pada prasasti Dinoyo. pada prasasti tersebut diketahui bahwa terdapat peresmian sebuah tempat suci di sekitar Malang pada tanggal 1 Margasira 682 Saka atau sama dengan 28 November 760.

3. Kediri

Monumen Simpang Lima Gumul (Merdeka)
Monumen Simpang Lima Gumul (Merdeka)

Wilayah ini memiliki usia 1212 tahun dan lahir pada 25 Maret 804. Usia tersebut diketahui berdasar prasasti Harinjing yang menceritakan tentang sekelompok pendeta yang memperoleh hak sima atau tanah perdikan atas daerah mereka karena berjasa membuat sebuah saluran sungai bernama Harinjing. Wilayah tersebut lah yang kelak berkembang dan dikenal sebagai Kediri.

4. Magelang

Candi Borobudur Magelang (Merdeka)
Candi Borobudur Magelang (Merdeka)

Magelang berdiri pada tanggal 11 April 907 dan pada saat ini telah memiliki usia 1109 tahun. Usia tersebut didapat berdasar tiga prasasti yaitu Poh, Gilikan, dan Mantyasih. Pada awalnya Magelang merupakan sebuah desa perdikan bernama Mantyasih serta sebuah desa bernama Glangglang yang sekarang berkembang menjadi sebuah kota yang cukup besar.

5. Purworejo

Purworejo (Merdeka)
Purworejo (Merdeka)

Purworejo memiliki usia yang sangat tua yaitu 1115 tahun. Purworejo disebut mulai berdiri pada tanggal 5 Oktober 901 melalui sebuah peristiwa pematokan tanah perdikan dan dicatat pada prasasti Boro Tengah atau prasasti Kayu Ara Hiwang. Peristiwa itu menandai mulai berdirinya sebuah wilayah yang kelak akan berkembang menjadi Pagalihan yang berubah menjadi Pagelen, Bagelen dan saat ini dikenal sebagai Purworejo. (tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Penulis Indonesia Raih World Readers Awards

5 Adegan Lamaran Paling Romantis dalam Film