Update Terbaru Google Play Store, 4 Fitur Baru Jadi Andalan

Google Play Store, toko aplikasi mobile paling populer di dunia karena menjadi bagian dari ekosistem utama Android, baru saja mengumumkan langkah besar berikutnya dalam hal kemudahan penggunaan dan pengalaman pengguna.

Dalam perkembangan terbaru ini, beberapa hal menonjol adalah peningkatan rekomendasi dan kriteria pencarian aplikasi, penambahan konten dari aplikasi itu sendiri ke dalam toko, serta peningkatan sistem rewards yang ada melalui pembayaran dompet digital mereka.

Google Play Store yang Baru

Melalui postingan baru di blog mereka dan sebuah video di YouTube, Google ingin memperlihatkan kemajuan yang telah dibuat di Google Play Store, toko aplikasi resmi Android yang mendukung jutaan aplikasi dan miliaran ponsel di seluruh dunia. Dengan pembaruan ini, Google terus berusaha memperbarui layanannya agar sesuai dengan tren saat ini, di mana penggunaan layar di ponsel semakin meningkat dibandingkan dengan PC, tablet, atau bahkan televisi.

Beberapa peningkatan yang signifikan yang dilakukan Google antara lain:

  • Label Rekomendasi: Saat kamu mencari game baru untuk diunduh di ponsel, Google Play akan memberikan berbagai label yang memungkinkan kamu fokus pencarian game yang relevan. Misalnya, jika kamu memilih label seperti Arcade dan Balapan, salah satu rekomendasi yang akan muncul adalah Asphalt 9, salah satu game paling populer di Android. Dengan cara ini, pengguna dapat lebih mudah menemukan konten yang mereka inginkan.
  • Rewards Google Play: Sejak beberapa waktu lalu, Google meluncurkan program Google Play Rewards yang memungkinkan pengguna mendapatkan poin yang dapat ditukarkan dengan rewards, seperti kupon diskon untuk toko atau toko dalam game tertentu, seperti Pokémon GO. Program ini akan mendapatkan pembaruan dengan lebih banyak variasi rewards dan lebih banyak dukungan dari Google.
  • Konten dari Aplikasi Kamu: Untuk memberikan ekosistem yang lebih terpadu, Google Play akan menawarkan berbagai konten terkait dari aplikasi yang telah kamu unduh. Misalnya, dalam trailer yang bisa kamu lihat, pengguna dapat melihat produk dari toko Adidas langsung dari Google Play Store tanpa perlu membuka aplikasi tersebut.
  • Permainan Simultan di Google Play untuk PC: Fitur baru ini, yang akan hadir dalam beberapa minggu mendatang di Google Play Games untuk PC, memungkinkan pengguna tidak hanya menikmati penyimpanan silang antara ponsel dan PC, tetapi juga bermain lebih dari satu game sekaligus, memanfaatkan sumber daya PC yang lebih unggul dibandingkan ponsel. Jadi, jika kamu ingin bermain dua game sekaligus di PC, sebentar lagi kamu bisa melakukannya.

Menggabungkan Layanan dalam Satu Aplikasi

Dengan pembaruan besar yang diumumkan oleh Google ini, jelas bahwa perusahaan asal California ini ingin pengguna Android menghabiskan lebih banyak waktu menjelajahi toko aplikasinya. Mereka menerapkan berbagai insentif, seperti peningkatan pencarian, rewards yang bisa didapatkan, atau konten aplikasi yang tersedia langsung di Google Play Store. Pembaruan ini diharapkan akan mulai berfungsi secara bertahap dalam beberapa hari mendatang di semua ponsel Android di pasar tertentu, dan kemudian secara global.

Faktanya, ini adalah langkah yang berlawanan dengan yang diambil oleh Telegram, yang baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka juga akan meluncurkan “mini toko” aplikasi mereka sendiri.

Written by Tantri Widya

Suka hal-hal yang berhubungan dengan teknologi dan media sosial. Mahasiswa yang sedang berjuang menggapai cita-cita.