Diciptakan Robot Ular yang Bisa Menyelam dalam Air

Sebuah robot dengan konsep unik diciptakan sekelompok ilmuwan perusahaan teknologi asal Norwegia, Kongsberg Maritime and Statoil. Robot tersebut tidak memiliki desain seperti robot lain (merujuk ke humanoid) pada umumnya. Robot ini justru memiliki bentuk lonjong seperti ular dan terlihat seperti sungguhan. Menariknya, ia dirancang untuk berenang dan bahkan menyelam ke dasar laut.

Dilansir dari Tech Radar, Senin (25/4/2016), robot yang juga merupakan hasil kolaborasi bersama Norwegian University of Science and Technology ini mengadaptasi bentuk belut dan membuatnya sebagai ‘alat’ untuk mengerjakan tugas yang tidak bisa dilakukan manusia (atau bahkan robot lain) di dasar laut. Karena itulah, robot ini dinamakan Eelume, yang berasal dari kata ‘eel’ yang berarti belut.

Eelume (YouTube)
Eelume (YouTube)

 

Diungkap, proses pembuatan robot tersebut memakan waktu lebih dari 10 tahun. Kendati begitu, salah seorang ilmuwan dari Kongsberg menyebutkan proses pengembangan robot ini tidak memakan banyak biaya serta membutuhkan komponen yang rumit.

“Nantinya, robot belut ini akan bekerja untuk inspeksi visual, mengawasi bagian mesin pabrik yang tertanam di laut, serta mampu membersihkan sampah yang tertimbun di dalam laut,” kata juru bicara ilmuwan Kongsberg.

Eelume (Ensonhaber)
Eelume (Ensonhaber)

Sayangnya, mereka tidak mengungkap bagaimana cara robot belut membersihkan sampah yang tertumpuk di bawah laut. Mereka hanya memamerkan betapa gemulainya robot tersebut menyelami dasar laut dalam sebuah video demonstrasi.

Diharapkan bahwa robot Eelume ini dapat melakukan banyak pekerjaan di bawah laut, mengurangi kebutuhan akan peralatan-peralatan mahal untuk melakukan tugas yang sama.

Robot Eelume (Kongsberg)
Robot Eelume (Kongsberg)

Pihak pengembang robot Eelume mengatakan bahwa ular mekanik ini dapat diinstall secara permanen pada mesin bawah air yang ada dan akan bertindak sebagai ‘petugas kebersihan bawah laut’.

Kamu bisa lihat video demonstrasinya berikut ini.

(tom)

Written by Hutomo Dwi

Cowok penyuka Jepang, dari bahasa, musik, sampai film dan animenya.

Keren! Seniman ini Buat Lukisan dari Telapak Tangan

Sejarah dan Perkembangan Microsoft Windows dari Masa ke Masa