Kecanggihan Robot Pemotong Sayur Karya Anak SD Surabaya


Siswa Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya yang tergabung dalam tim ekstrakurikuler robotika berhasil menciptakan robot pemotong sayur. Atas prestasinya, mereka mendapatkan medali Perak dan menyabet juara II lomba Internasional Islamic School Robotik Olympiade, di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pada perlombaan ini terdapat beberapa kategori yang diperlombakan di IISRO 2016 Lombok, yakni di antaranya rescue robot, underwater robot, line tracer, aerial robot, transporter robot, dan lowcost robot.

Para murid SD Muhammadiyah Pucang memamerkan medali (Detikzone)
Para murid SD Muhammadiyah Pucang memamerkan medali (Detikzone)

Raka Dinataharja, salah satu pelajar pembuat robot pengupas sayur SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya, mengatakan selain bersaing dengan peserta dari negara lain, kekhawatiran terjadi kendala teknis seperti tombol on-off tidak nyala menghantui peserta. Dengan bimbingan dan praktek langsung di sekolah kendala teknis dapat diatasi.

“Robotnya dinyalakan on-off, ini bisa mengupas sendiri. Kesulitannya waktu on-off, ini dapat mengupas atau memotong buah yang keras atau sayur yang keras. Dan, pembuatan robot pengupas sayur ini dapat terselesaikan hanya dalam waktu satu hari,” kata Raka seperti dikutip dari Detikzonecom, Kamis (1/9/2016).

Para murid SD Muhammadiyah Pucang memamerkan robot pemotong buatannya (Solopos)
Para murid SD Muhammadiyah Pucang memamerkan robot pemotong buatannya (Solopos)

Sementara itu, Penanggungjawab Ekskul Robotika SD Muhammadiyah Pucang, Hendik Setiawan mengatakan robot pengupas sayur otomatis ini membuat para ibu rumah tangga tidak harus repot-repot. Selain efisien dan ekonomis, pengupas sayur otomatis lebih praktis.

“Robot pemotong sayur otomatis ini termasuk robot chef. Ini robot kreatif. Selain ekonomis, ringan, bisa dimanfaatkan pada ibu-ibu merasa kesusahan saat menjaga anak dan sebagainya,” tutur Hendik Setiawan.

Meski masih sederhana, robot tersebut akan disempurnakan dan didesain lebih praktis lagi. Dengan desain yang lebih sempurna, manfaatnya bisa lebih dirasakan masyarakat, khususnya ibu-ibu rumah tangga yang kesehariannya memasak.

Berikut ini videonya.

https://www.youtube.com/watch?v=RwV7hFadq0g

(tom)


Kalo Suka Share Dong!

Gimana Nih Beritanya?

Love Love
50
Love
OMG OMG
40
OMG
Yaelah Yaelah
70
Yaelah
Keren Nih Keren Nih
60
Keren Nih
Ngakak Ngakak
90
Ngakak